Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Peluncuran Toyota Hilux Rangga Masih Pertimbangkan Berbagai Aspek

by Tigor Sihombing
Toyota rangga

Toyota Hilux Rangga diproyeksi akan menjadi pilihan baru di segmen kendaraan komersial PT Toyota Astra Motor dan bakal hadir sebagai versi pikap terjangkau dari saudaranya Hilux.

Menurut Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy, Toyota Rangga masih dalam tahap persiapan karena dianggap sebagai produk istimewa yang membutuhkan waktu pengembangan dan riset lebih lanjut.

Toyota Rangga perlu persiapan lebih matang dengan mendengarkan saran dan input konsumen. Kami serius mempersiapkannya karena segmennya berbeda dari Hilux,” kata Anton di Jakarta (2/2).

Proses persiapan melibatkan berbagai aspek, termasuk strategi pemasaran, dukungan pembiayaan, dan kerja sama dengan karoseri.

harga dan spesifikasi toyota hilux rangga

Harga dan spesifikasi Toyota Rangga

Toyota Hilux Rangga diharapkan tidak hanya berfungsi sebagai pikap bak terbuka, melainkan juga dapat digunakan dalam berbagai kebutuhan di segmen komersial. 

Anton menekankan pentingnya keberlanjutan ekosistem untuk mendukung segmen pikap, termasuk ketersediaan suku cadang yang kompetitif dan fasilitas pembiayaan.

“Tahun lalu kami sudah bertemu banyak konsumen, tapi kami ingin meningkatkan lagi masukan karena ekosistem segmen pikap berbeda, butuh spare part yang kompetitif, ketersediaan suku cadang yang banyak, dan fasilitas pembiayaan yang kami persiapkan. Strateginya berbeda dari Hilux Champ di Thailand,” tambah Anton.

Baca juga  Toyota Great Corolla Vs Honda Civic Ferio, Beli yang Mana?

Meskipun Anton tidak memberikan detail lebih lanjut tentang tanggal peluncuran atau status produksi, Ia menegaskan jika semua informasi akan diungkapkan saat Toyota Hilux Rangga mengasapal secara resmi.

Spesifikasi Toyota Hilux Rangga

Toyota Rangga

Toyota Hilux Rangga mejeng di website resmi Toyota Indonesia

November 2023 lalu Toyota Motor Thailand (TMT) telah meluncurkan delapan varian Toyota Rangga dengan nama Toyota Hilux Champ. Model ini menggunakan platform IMV yang sama dengan Hilux, Innova, dan Fortuner.

Hilux Champ di Thailand hadir dengan dimensi panjang 5.300 mm, lebar 1.785 mm, dan tinggi 1.735 mm.

Wheelbase untuk tipe pendek adalah 2.750 mm, sementara untuk tipe panjang mencapai 3.085 mm. Varian ini juga menawarkan dua pilihan ground clearance, yaitu 164 mm dan 180 mm.

Pabrikan menyajikan tiga opsi mesin untuk Hilux Champ, termasuk bensin 2.000 cc dan 2.700 cc, serta diesel 2.400 cc. Semua varian menggunakan penggerak roda belakang (RWD), tanpa opsi All-Wheel Drive (AWD), dan tidak tersedia dalam versi kabin ganda.

Baca juga  Toyota Kijang Innova Hybrid Meluncur Tahun Depan

Mesin bensin 2.000 cc (1TR-FE) memiliki tenaga 139 hp dan torsi 183 Nm, dilengkapi dengan transmisi manual 5 percepatan. Sementara mesin bensin 2.700 cc (2TR-FE) menawarkan tenaga 166 hp dan torsi 245 Nm dengan transmisi otomatis 6 percepatan.

Varian diesel, menggunakan mesin 2.400 cc (2GD-FTV), hadir dalam pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 6 percepatan. Mesin diesel ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 150 hp dan torsi 343 Nm.

Semua varian Hilux Champ dilengkapi dengan pelek berukuran 14 inci yang dipadukan dengan ban lebar 195 mm. Sistem pengereman menggunakan rem cakram di bagian depan dan rem teromol di bagian belakang.

Prediksi Harga Toyota Hilux Rangga

Prediksi Harga Toyota Hilux Rangga

Bagian depan varian ini dilengkapi suspensi double wishbone dan stabilizer, sementara roda belakang terkait dengan per daun.

Saat diluncurkan, Hilux Champ menyajikan empat pilihan warna. Mulai dari putih, putih pucat, abu-abu metalik, dan perak metalik dan hanya akan tersedia dalam bodi kabin tunggal dengan dua kursi.

Varian standar dilengkapi dengan lampu depan halogen, pengatur jendela manual, jok vinil, dan tanpa head unit. Panel instrumen menampilkan spidometer dan berbagai informasi berkendara.

Baca juga  4 Kekurangan Toyota Agya 2023, Layak Dibeli?

Sementara varian tertinggi dilengkapi dengan fitur seperti jendela dan kaca spion elektrik, penutup tempat konsol tengah, trim oranye untuk dasbor dan pintu, slide and recline untuk kursi penumpang, serta lampu depan LED.

Fitur keselamatan standar meliputi airbag pengemudi dan penumpang, Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), pretensioner seat belt, dan side intrusion beams.

Harga untuk konsumen di Thailand bervariasi mulai dari 459.000 hingga 577.000 baht, setara dengan Rp202 juta hingga Rp250 jutaan. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika