Selasa, Juni 18, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Penampakan Tiang Listrik Yang Disulap PLN Jadi SPKLU Kapasitas 7 dan 22 KW, Ini Lokasinya!

by Tigor Sihombing
PLN Bangun 2.000 SPKLU Tiang Listrik

Peningkatan jumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) membawa sejumlah manfaat positif, mendukung perkembangan kendaraan listrik, dan mendorong mobilitas berkelanjutan.

Karena saat ini, salah satu fokus utama dalam membentuk ekosistem mobil listrik (EV) di Indonesia adalah peningkatan lokasi SPKLU untuk mendukung pertumbuhan kendaraan listrik di kota-kota besar, terkhusus Jakarta.

Dengan terus bertambahnya jumlah SPKLU, tentu akan memberikan kepercayaan diri dan kenyamanan kepada pemilik kendaraan listrik.

Semakin banyak SPKLU yang tersedia, semakin mudah bagi pemilik kendaraan listrik untuk mengisi daya dan menggunakan kendaraan listrik sebagai pilihan transportasi yang berkelanjutan.

Dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik ini, PT PLN (Persero) mengambil langkah inovatif dengan mengubah tiga tiang listrik menjadi SPKLU.

Penyulapan ini dilakukan di beberapa lokasi di Jakarta, di mana tiang listrik SPKLU tersebut terintegrasi dengan infrastruktur PLN yang sudah ada.

Langkah ini diambil sebagai bentuk keseriusan PLN dalam menunjang infrastruktur ekosistem kendaraan listrik.

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN, menekankan bahwa inovasi ini merupakan upaya serius untuk mendukung penggunaan kendaraan listrik. “Keuntungan kendaraan listrik dalam hal biaya perawatan, pengisian daya, dan pengurangan emisi karbon menjadi faktor utama yang mendorong PLN untuk mempercepat perkembangan ekosistem kendaraan listrik,” katanya dalam keterangan resmi PLN dikutip 14 Januari 2023.

Baca juga  Cara Merawat Mobil Listrik, Jangan Asal!

Lokasi SPKLU PLN EYE

SPKLU

PLN merancang dua kapasitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN EYE, yakni 7 kilo Watt (kW) dan 22 kW. Lokasi SPKLU tepat di depan laman parkir sekolah Yasporbi.

Dalam implementasinya, SPKLU PLN EYE (Electric Vehicle Charging) yang dihasilkan dari transformasi tiang listrik tersebar di beberapa lokasi strategis.

Hadir dengan dua kapasitas SPKLU PLN EYE, yaitu 7 kilo Watt (kW) dan 22 kW, yang dirancang untuk mengisi daya mobil listrik. Lokasinya mencakup dua di Kantor PLN KS Tubun Jakarta Barat dan satu di Sekolah Dasar Yasporbi Bidakara, Jakarta Selatan.

PLN EYE merupakan pole mounted charger, yang dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi PLN Mobile. Transformasi digital mempermudah pengguna kendaraan listrik untuk menemukan SPKLU terdekat melalui SuperApp PLN Mobile.

Dengan membuka aplikasi dan menu electric vehicle, pengguna dapat dengan cepat menemukan dan mengakses SPKLU PLN terdekat.

Inggris Sudah Lebih Dulu Sulap Tiang Listrik Menjadi SPKLU

SPKLU

Inggris sulap diang listrik lawas jadi SPKLU.

Sebelum SPKLU tiang listrik di Jakarta diresmikan, dalam laman sosial media Instagram mantan Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, pernah mengatakan jika di Eropa, termasuk Inggirs mendirikan SPKLU tidak lah serumit yang dibayangkan.

Baca juga  GMC Hummer Listrik First Edition, Laku Rp 36 Miliar

“Mereka (Inggris) hanya memodifikasi tiang listrik dari jaman pra perang dunia kedua untui dijadikan SPKLU,” katanya.

Dengan begitu penyebaran SPKLU bisa lebih cepat, murah dan sederhana.

Demikian ulasan terkait lokasi SPKLU terbaru PLN. Simak terus Moladin.com umtuk update berita terbaru seputar otomotif.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika