Penjualan Avanza Masih Laku Keras, Ditunjang Fleet!

by Firdaus Ali
Toyota masih pimpin penjualan mobil bulan Juni

Penjualan Avanza masih laku keras sampai dengan semester awal tahun 2023. Jadi ubahan dari penggerak roda belakang (RWD) ke roda depan (FWD), ternyata tidak terlalu berpengaruh terhadap larisnya mobil ini.

Menurut Toyota, total penjualan mobil sejuta umat ini mengalami kenaikan 13,7% dibanding tahun lalu. Total penjualan dari Januari hingga Juli 2023 totalnya menapai 32.409 unit. Sementara tahun 2022 cuma 28 ribuan unit.

“Achievement Avanza di semester awal tahun ini hingga Juli cukup positif ya. Mencatatkan penjualan Retail 32.787 unit, naik 13,7% dari tahun lalu di angka 28 ribuan. Dari pencapaian ini, kurang lebih sekitar 30% memang disumbang oleh fleet,” jelas Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmy melalui pesan singkat ke Moladin pada Senin (28/8/2023).

Buat yang belum tahu, konsumen fleet merupakan pembeli dalam jumlah banyak. Umumnya berasal dari perusahaan untuk kebutuhan operasional, hingga taksi. 

Soal kelebihan dari Avanza, antara lain punya durability mesin yang baik, hingga efisiensi bahan bakar. Tak hanya itu, kapasitas penumpang yang mencapai 7 orang juga menjadi daya tarik tersendiri. Sebab mayoritas penduduk Indonesia menyukai mobil dengan ruang kabin yang luas.

Baca juga  Kia Carnival Terbaru Rilis, Ini Daftar Ubahannya

Avanza Banyak Dibeli Perusahaan Rental Mobil dan Taksi

avanza laku keras

Ilustrasi Avanza terbaru jadi taksi Bluebird. Foto: MDAcustomagination

Larisnya Avanza di segmen fleet dikuatkan pula oleh pernyataan salah satu perusahaan rental mobil di kawasan Jakarta Selatan yang memiliki banyak unit kembaran Daihatsu Xenia tersebut. Menurutnya, kebanyakan yang rental Avanza adalah untuk operasioanl perusahaan seperti bank, provider kartu smartphone, hingga perusahaan swasta lain.

“Konsumen kami masih banyak yang menyewa Avanza untuk kebutuhan operasional perusahaan. Mayoritas tipe G manual. Namun ada beberapa yang sewa tipe G matik. Di tahun ini kami sudah beli sekitar 50 unit Avanza,” jelas Dian, salah satu Supervior perusahaan rental mobil di kawasan Jakarta Selatan.

Perusahaan transportasi Bluebird juga tengah menyiapkan penggunaan Avanza FWD untuk armada taksi mereka. Buat yang belum tahu, Avanza Transmover ini mirip dengan tipe terendah Avanza, yakni E MT. Hanya saja, model ini menggunakan velg kaleng dan terdapat logo Transmover di bagian belakangnya.

Kemudian bicara fitur-fiturnya, banyak yang dipangkas. Hal ini untuk mengurangi harga jual. Bagian kabinnya tampil sederhana, dengan transmisi manual dan rem tangan fisik. Setirnya pun minimalis tanpa adanya tombol-tombol. Hanya saja untuk saat ini Transmover untuk Bluebird belum dioperasikan, masih dalam tahap persiapan.

Baca juga  Toyota Hilux Rogue 2023 Meluncur, Ini Mobil Laki!

Sekilas Perjalanan Avanza di Indonesia

avanza masih laku keras

Perjalanan Avanza di Indonesia

Avanza pertama kali meluncur tahun 2003 dengan dua tipe, 1.3 E dan 1.3 G. Keduanya bertransmisi manual 5-percepatan. Setahun kemudian (2004) diluncurkan varian baru 1.3 S, bedanya dengan tipe lain adalah pakai transmisi otomatis.

Mendapat sambutan yang positif, Avanza sempat mengalami beberapa penyegaran tampilan di tahun 2008 dan 2009. Kemudian, pada tahun 2010 Avanza meluncurkan varian E dan G dengan transmisi otomatis.

Tahun 2011, Avanza merilis generasi kedua yang tampilannya lebih modern. Selain itu, pertama kalinya juga varian Veloz diluncurkan dengan mesin 1.500 cc. Oh ya, digenerasi kedua in juga ada fitur SRS Airbag dan rem ABS.

Di tahun 2015, Avanza generasi ketiga hadir dengan wajah yang lebih modern dan segar, diberi naman Grand New Avanza. Interiornya juga turut mendapat penyegaran. Fiturnya juga lebih modern, sudah ada head unit model 2-DIN, dengan kelengkapan multimedia seperti CD/DVD, USB, dan mampu membaca format MP3.

Tahun 2019 Avanza kembai melakukan facelift. Dimana bagian eksterior hadir lebih modern. Desain grill baru dan ada foglamp.

Baca juga  Review Kijang Grand Extra, Mobil Keluarga Nostalgia

Lampu utama mengusung desain menyipit yang dilengkapi teknologi LED. Desain lampu dibuat dua layar yang terpisah lis panjang. Bagian fog lamp juga dihiasi dengan aksen krom.

Mobil ini juga mendapatkan sejumlah tambahan fitur baru, seperti penggunaan teknologi smart entry dan desain outer mirror yang kini hadir dengan fitur retractable auto folding.

Sistem hiburan Toyota Avanza facelift juga sudah menggunakan head unit layar sentuh, dan steering switch di lingkar kemudi. Disamping itu, semua varian menggunakan sistem audio dengan 6 speaker.

Tahun 2021 Avanza generasi keempat hadir dengan ubahan yang signifikan, yaitu pakai penggerak roda depan (FWD). Transmisinya juga sudah CVT, sehingga performa mesin juga lebih optimal.

Dari sisi desain, Avanza terbaru ini jauh lebih modern dan futuristik. Perpaduan grill, headlamp dan lekukan tubuhnya terlihat apik dan harmonis.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

 

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika