Senin, September 26, 2022

Penjualan Honda Brio, Tembus 453 Ribu Unit di Indonesia!

by Tigor Sihombing
Honda Brio

Penjualan Honda Brio di Indonesia kini sudah tembus 453 ribu unit, angka ini merupakan akumulasi dari usianya yang telah memasuki 10 tahun. PT Honda Prospect Motor (HPM) melakukan perayaan sederhana untuk ulang tahun Brio ke-10 ini, dengan pemotongan tumpeng di booth Honda di GIIAS 2022 pada Rabu, 17 Agustus 2022.

Sejak pertama kali diperkenalkan hingga saat ini, Honda Brio banyak meraih pencapaian. Bukan cuma dari sisi penjualan dan penghargaan, tapi juga kontribusi untuk industri otomotif nasional terutama melalui program LCGC.

Singkat cerita mengenai kehadiran Honda Brio di Indonesia dimulai pada tahun 2012 sebagai mobil City Car terbaru dari Honda. Honda Brio sebelumnya hadir lebih dulu di India dan juga Thailand dan telah diterima baik oleh konsumen di masing-masing negara.

Di Indonesia, Honda Brio hadir di Indonesia sebagai first entry model yang menyasar segmen anak-anak muda dan pembeli mobil pertama. Dalam kurun waktu lima bulan saja sejak diluncurkan, penjualan Honda Brio langsung tembus lebih dari 8 ribu unit di Indonesia, dan bahkan tercatat sebagai City Car terlaris di tahun 2012.

Baca juga  Spesifikasi Honda BR-V Terbaru, Canggih!

Pada tahun 2013, PT Honda Prospect Motor mengadopsi model Honda Brio untuk mengikuti program Low Cost Green Car (LCGC) yang dikeluarkan pemerintah Indonesia melalui Peraturan Menteri Perindustrian No.33/2013 tentang “Pengembangan Produksi KBH2.”

Selain itu Honda juga mengumumkan komitmen jangka panjangnya untuk melakukan investasi mencapai 1,2 triliun Rupiah dan dilanjutkan dengan investasi untuk pengembangan model di masa mendatang sebesar 5,1 triliun Rupiah.

Honda kemudian memperkenalkan Brio Satya yang menjadi mobil LCGC Honda yang diproduksi di pabrik HPM di Karawang. Tentunya kehadirannya melibatkan banyak supplier lokal Indonesia yang jumlahnya terus meningkat hingga sekarang. Dari sisi penjualan Honda Brio, terbukti naik terus dan kini sudah mencapai 453 ribu selama 10 tahun.

Pada 2022 saja, Brio masih menjadi model Honda dengan penjualan terlaris. Totalnya dari Januari hingga Juli 2022, terjual 31.617 unit. Mantap kan?

Kandungan Lokal Honda Brio Sudah Mencapai 95%

penjualan Honda Brio

Honda Brio Satya di GIIAS 2022

Dengan tingkat local purchase mencapai 95%, Honda Brio saat ini tercatat sebagai model Honda dengan local purchase tertinggi. Volume produksi Honda Brio di Indonesia kembali meningkat ketika pada tahun 2015, seluruh model Honda Brio resmi diproduksi secara lokal di Indonesia.

Baca juga  4 Kekurangan Honda Civic RS 2021 Dibanding Altis

Kesuksesan Honda Brio Satya di segmen LCGC kemudian dilanjutkan dengan menghadirkan varian bertransmisi CVT yang diluncurkan pada ajang IIMS 2016.

Selain itu juga untuk pertama kalinya di dunia, Honda Brio diluncurkan dalam varian RS. Enam tahun sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia, PT Honda Prospect Motor meluncurkan generasi kedua Honda Brio pada ajang GIIAS 2018 dan di tahun 2020 untuk pertama kalinya Honda Brio tercatat sebagai model dengan penjualan tertinggi di Indonesia.

Pada tahun 2021, HPM memperkenalkan varian terbaru dari Honda Brio yaitu Urbanite Edition. Penyegaran terbaru untuk Honda kembali hadir di tahun ini melalui Brio RS Urbanite Edition generasi kedua yang menampilkan penambahan New Tailgate Wing Spoiler, New Matte Black Alloy Wheels Design.

Sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2012 hingga saat ini, total penjualan Honda Brio tercatat sebanyak 453.253 unit, sebagai City Car terlaris di Indonesia.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Kesuksesan Honda Brio juga memungkinkan Honda untuk mengembangkan model-model lain yang khusus dirancang untuk konsumen di Indonesia.”

Baca juga  Honda Brio RS Urbanite Vs Toyota Agya GR Sport, Bagus Mana?

Hingga saat ini, Honda Brio telah diekspor ke Filipina dan Vietnam pada bulan April 2019 dengan total ekspor mencapai 22.260 unit. Jadi bukan cuma buat masyarakat Tanah Air, tapi juga mancanegara.

Demikian ulasan terkait penjualan Honda Brio selama 10 tahun berkiprah di Indonesia. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika