by

Brio Jadi ‘Backbone’ Penjualan Mobil Honda di Oktober

PT Honda Prospect Motor (HPM) meraih torehan positif diawal kuartal keempat tahun 2020. Penjualan mobil Honda mengalami pertumbuhan, jika dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya.

Honda Indonesia mengklaim, peningkatan penjualan mobil Honda ditopang oleh tingginya permintaan dealer-dealer mereka di berbagai wilayah di Tanah Air.

Pada bulan Oktober 2020, penjualan mobil Honda secara retail menembus 6.561 unit untuk pasar Nasional. Pencapaian itu mengalami peningkatan 12 persen, jika dibandingkan bulan sebelumnya.

Berdasarkan data Honda Indonesia, kontribusi besar penjualan mobil Honda diraih dari area Jawa Tengah yang meningkat 17 persen, disusul main dealer Jawa Barat sebesar 13 persen, area Pulau Jawa sebanyak 13 persen, area Jabodetabek sebesar 10 persen, dan Jawa Timur sebanyak 10 persen.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Pertumbuhan penjualan kami saat ini tidak lepas dari kontribusi seluruh dealer Honda di Indonesia yang telah melakukan berbagai aktivitas untuk terus menjangkau konsumen di wilayahnya masing-masing”.

Baca juga  7 Mobil Hybrid di Indonesia, Harganya Semakin Terjangkau

“Untuk menanggapi kebutuhan dan kebiasaan baru konsumen, dealer-dealer kami menyesuaikan aktivitas dan operasional mereka dengan memanfaatkan jalur digital serta menawarkan program yang memudahkan konsumen dalam melakukan pembelian,” ujar Yusak Billy.

Penjualan Mobil Honda di Masa Pandemi

Penjualan mobil Honda
Penjualan mobil Honda di bulan Oktober 2020

Mengacu pada data penjualan mobil Honda di bulan Oktober lalu, Honda Brio masih berkontribusi besar dalam penjualan Honda di Indonesia. Di mana Brio mendominasi penjualan Honda hingga 61 persen dengan penjualan sebanyak 4.013 unit.

Brio Satya jadi model terlaris dengan total penjualan 2.978 unit, meningkat 19% dibanding bulan sebelumnya yang terjual sebanyak 2.507 unit. Sementara Brio RS membukukan penjualan sebanyak 1.035 unit.

Pada posisi selanjutnya diisi oleh Honda HR-V 1.5L yang membukukan penjualan 812 unit, meningkat 5% dibanding bulan sebelumnya. Selanjutnya penjualan mobil Honda juga didorong oleh Honda Mobilio yang terjual 535 unit atau naik 2 persen dari bulan sebelumnya.

Honda Jazz terjual 502 unit, meningkat 53% dari bulan sebelumnya. Honda CR-V terjual sebanyak 353 unit, meningkat 40% dibanding dengan bulan sebelumnya. Honda HR-V 1.8L terjual sebanyak 41 unit, dan Honda Accord terjual sebanyak 24 unit.

Baca juga  5 City Car Terbaik yang Bisa Jadi Pilihan, Minat?

Selain itu, Honda BR-V menyumbangkan penjualan 155 unit, Honda Civic Hatchback terjual sebanyak 65 unit, Honda Civic Sedan terjual sebanyak 35 unit, Honda City terjual sebanyak 18 unit dan Honda Odyssey terjual sebanyak 8 unit.

“Kami bersyukur bahwa sebagian besar produk Honda turut mempertahankan penjualan yang positif hingga memasuki kuartal keempat tahun ini, terutama Honda Brio yang kembali menjadi produk dengan penjualan retail tertinggi di Indonesia,” ujar Billy.

Ia pun menegaskan, “Kami menilai bahwa Honda Brio diminati oleh para pembeli pertama yang menjadi konsumen terbesar saat ini karena menawarkan value yang tinggi berkat efisiensi bahan bakar, biaya operasional yang rendah, serta didukung program penjualan yang memberikan keuntungan lebih bagi konsumen.”

Baca juga:

Terbaru