by

5 Penyebab Kipas Radiator Mobil Tidak Berputar

Terdapat sejumlah penyebab kipas radiator mobil tidak berputar. Untuk itu sebaiknya pemilik mobil mengetahui sumber masalah yang terjadi, agar segera bisa mengatasi kondisi ini.

Ketika kipas radiator mobil tidak berputar, biasanya membuat mesin mobil jadi cepat panas. Nahasnya kipas radiator mobil tidak berputar berpotensi membuat mobil harus turun mesin.

Tentunya hal ini tidak mau kalian alami, karena biaya yang harus dikeluarkan untuk turun mesin tidaklah sedikit. Maka sebaiknya sebelum terlambat, lakukan perawatan mesin secara berkala dengan penanganan yang tepat.

Sebelum jauh membahas mengenai penyebab kipas radiator mobil tidak berputar. Sebaiknya kalian mengetahui bahwa ada dua jenis kipas radiator di kendaraan roda empat, yaitu kipas konvensional dan juga elektrik.

Kipas konvensional cara kerjanya cenderung libeh simpel. Saat mesin mobil dinyalakan, kipas akan secara otomatis menyala dengan sendirinya.

Sedangkan untuk kipas elekrik, cara kerjanya sedikit berbeda dengan kipas konvensional. Kipas elektrik baru akan menyala secara otomatis saat mesin masuk dalam kategori panas.

Saat kipas radiator mobil tidak berputar, biasanya disebabkan oleh sejumlah hal yang setidaknya perlu pemilik mobil perhatikan dan segera lakukan pengecekan. Adapun sejumlah penyebab kipas radiator mobil tidak berputar antara lain:

Baca juga  5 Cara Menghilangkan Karat Pada Chrome, Cukup Alumunium Foil

1. Drive Belt Putus Jadi Penyebab Kipas Radiator Mobil Tidak Berputar

drive belt putus jadi penyebab kipas radiator mobil tidak berputar
drive belt putus jadi penyebab kipas radiator mobil tidak berputar

Bicara mengenai penyebab kipas radiator mobil tidak berputar yang pertama mungkin disebabkan oleh drive belt yang terputus. Masalah ini biasanya terjadi pada kipas model konvensional.

Pasalnya belt biasanya memiliki permukaan yang kering, namun percikan oli bisa saja mengenai belt dan membuatnya rusak secara perlahan-lahan. Dari panas yang memiliki kandungan oli, biasanya membuat belt jadi cepat getas hingga habis dan terputus.

Saat hal ini menimpa mobil kalian, berpotensi membuat kipas radiator mobil tidak berputar, khususnya untuk model konvensional. Dampak lainnya juga menyebabkan kendala di sejumlah komponen, mulai dari pompa power steering dan alternator yang kemungkinan juga alami kerusakan.

2. Kabel Kipas Radiator Putus

Biaya service radiator mobil
Awas kabel radiator putus bisa menyebabkan kerusakan

Penyebab kipas radiator mobil tidak berputar selanjut bisa disebabkan oleh kabel kipas yang putus. Ada sejumlah temuan bahwa, jika tidak dilakukan pengecekan secara rutin biasanya menyebabkan kabel di kipas mengalami kerusakan.

Pasalnya kabel kipas biasanya kerap menghadapi kondisi panas yang ekstrem, terlebih ketika melakukan perjalanan jauh. Selain itu, penyebab lainnya mungkin bisa disebabkan oleh tikus.

Baca juga  Periksa Komponen Mobil ini Setelah Lakukan Perjalanan Jauh

Seperti diketahui, tikus biasanya begitu mudah untuk masuk ke ruang mesin termasuk radiator. Melalui bagian bawah mobil, ketika hal itu terjadi biasanya tikus menggerogoti sejumlah komponen seperti kabel hingga terputus.

Untungnya penanganannya tidaklah sulit, karena cara paling mudahnya. Kalian bisa menyambung kembali kabel menggunakan selotip yang berguna sebagai isolator.

3. Sekring Radiator Putus

sekring motor
sekring putus atau terbakar mengakibatkan kipas radiator mobil tidak berputar

Masalah lainnya yang menyebabkan kipas radiator mobil tidak berputar adalah sekring kipas yang mungkin saja putus. Jadi bukan hanya drive belt maupun kipas saja yang dapat terputus, namun sekring pun rentan putus.

Fungsi utama sekring kipas adalah sebagai pengaman rangkaian elektrikal di radiator mobil. Saat sekring kipas terputus, maka seluruh rangkaian elektrikal bisa tidak berfungsi seluruhnya.

Namun saat sekring kipas terputus, biasanya membuat aliran listrik jadi tidak stabil. Tentunya hal ini jadi penyebab utama yang berpotensi menyebabkan kipas radiator tidak menyala.

Proses perbaikannya, pemilik mobil harus melakukan pengecekan rangkaian elektrikal terlebih dahulu. Cek apakah ada yang terbakar atau tidak karena ini menjadi penyebab utama dari sekring terputus.

Baca juga  Penyebab Persneling Mobil Matik Macet dan Solusinya

Penggantian sekring pun rasanya perlu diperhatikan, jangan sampai kalian mengganti sekring dengan kapasitas yang lebih besar. Karena dapat merusak hingga membakar komponen di kipas.

4. Motor Kipas Pendingin Rusak

Kipas Radiator
Kipas Radiator bertugas menjaga mesin tetap dingin

Penyebab kipas radiator mobil tidak berputar berikutnya mungkin disebabkan oleh motor kipas pendingin mengalami kerusakan.

Saat motor kipas bermasalah, maka otomatis kipas radiator tidak akan berfungsi sesuai dengan kebutuhan mesin. Dampaknya tentu membuat mesin tidak mendapatkan pendinginan yang baik.

5. Fan Controller Unit Rusak

Fan Control Radiator
Fan Control Radiator

Terakhir membahas mengenai penyebab kipas radiator mobil tidak berputar, bisa disebabkan oleh pengontrol kipas atau fan controller unit mengalami kerusakan.

Sejumlah mobil telah memakai komponen ini sebagai unit pengatur putaran kipas radiator. Pada saat komponen ini mengalami masalah, secara otomatis kipas radiator mati dan tidak mau berputar.

Itulah sejumlah penyebab kipas radiator mobil tidak berputar yang perlu dipelajari. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian yang ingin melakukan perawatan kendaraan.

Baca juga:

Terbaru