oleh

Penyebab Power Window Macet dan Cara Mencegahnya

Penyebab power window macet bisa terjadi karena banyak kasus. Jika ini terjadi pada kita tentunya akan menjadi hal yang menjengkelkan.

Karena power window yang macet akan mengganggu kenyamanan berkendara. Misalkan ketika ingin ambil tiket atau ngetap kartu tol, kita harus membuka pintu dahulu atau dari kaca belakang.

Hal ini tentunya akan merusak konsentrasi lantaran harus membuka atau menutup kaca pintu mobil dengan tergesa-gesa.

Jika kasus tersebut sering terjadi, lantas kira-kira apa sih yang jadi penyebab power window macet, bahkan secara tiba-tiba. Yuk simak ulasan lengkapnya.

Power Window Macet Umumnya Karena Hal Ini

Korsleting

Penyebab Power Window Macet
Power window macet bisa disebabkan korsleting

Menurut Nissan Indonesia, di laman resminnya, disebutkan penyebab power window macet bisa karena sistem kelistrikan mengalami korsleting atau mungkin sekring yang putus.

“Jika korsleting gejala umumnya power window akan mati secara keseluruhan,” tulis Nissan dikutip Kamis, (30/9/2021).

Untuk sekring yang putus dapat diganti baru. Namun bila ada sistem kelistrikan power window yang rusak, kamu harus memperbaiki ke bengkel spesialis power window.

Gemuk Mengeras

Penyebab Power Window Macet
Kurang pelumas bisa jadi penyebab power window window macet

Penyebab power window macet berikutnya adalah karena grease atau gemuk yang mengeras. Padahal sejatinya fungsi gemuk adalah untuk melumasi poros motor power window.

Penyebab utama gemuk power window menjadi keras bisa karena mobil dijemur di bawah terik matahari. Tidak ada penutup yang melindungi mobil sehingga grease mengering dan akhirnya mengeras seperti tanah liat.

Baca juga  Deretan Masalah Nissan X-Trail T31 Bekas

Ketika gemuk mengeras motor penggerak jadi macet bahkan tidak bergerak sama sekali. Itulah sebabnya kamu wajib melindungi mobil setidaknya dengan penutup mobil atau lebih baik lagi diparkir di bawah peneduh seperti pohon atau teras rumah berkanopi.

Oya gemuk yang mengeras ini bila dipaksakan untuk digerakkan, bukan tidak mungkin motor power window akan rusak dan terbakar, apalagi ketika tombol power window ditekan dalam waktu lama.

Cara Merawat Power Window

Penyebab Power Window Macet
Gunakan silicone spray untuk untuk membersihkan karet-karet pada kaca mobil.

Merawat power window sangat penting agar selalu bisa diandalkan saat  kapan pun dibutuhkan, dan tentunya akan membawa kenyamanan bagi penggunanya.

Pada beberapa kondisi kemacetan power window bisa terjadi dan diperbaiki dengan mudah. Namun pada kondisi yang parah maka harus dibawa ke bengkel untuk diperbaiki yang tentunya ada biaya untuk itu.

Supaya hal ini tidak terjadi,berikut langkah-langkah merawat power window supaya awat.

Tidak Menjemur Mobil

Agar gemuk tidak mengeras, sebaiknya tidak membiarkan mobil terkena paparan sinar matahari dalam waktu lama.

Efeknya, ketika gemuk sudah terkena panas maka akan menngeras. Setelah mengeras ketika kita memaksa untuk memencet tombol power window, maka hal ini bisa menimbulkan kerusakan lebih parah.

Maka dari itu, sebaiknya ketika mobil terpaksa harus diparkir di bawah sinar matahari, maka berikanlah penutup atau cover mobil untuk mencegah pengerasan pada grease dan kerusakan komponen mobil lainnya.

Baca juga  3 Cara Menghilangkan Bekas Stiker di Kaca Mobil yang Ampuh

Mengecek Sistem Kelistrikan 

Supaya power window tidak macet, kita juga harus merawat sistem kelistrikan seperti komponen mobil lainnya. Sebaiknya lakukan pengecekan kondisi sistem kelistrikan secara berkala.

Memeriksa kondisi kelistrikan power window secara berkala menghindari power window rusak atau macet secara tiba-tiba.  

Bersihkan Karet Kaca

Selanjutnya lakukan pembersihan secara rutin untuk karet kaca mobil. Alat untuk membersihkan pun cukup sederhana yakni silicone spray yang tersedia di pasaran.

Sebaiknya kamu juga harus menghindari cairan penetran karena justru bisa menyebabkan debu mudah menempel kembali. Sementara sifat silicone spray adalah lebih netral sehingga tidak mudah menyebabkan debu menempel kembali.

Lakukan penyemprotan silicone spray di sepanjang jalur pada karet meliputi karet yang dipasang di frame pintu mobil. Sebelum kaca  diturunkan, cek kondisi karet penghalang debu yang ada di kaca.

Membersihkan Rel

Kebersihan memang merupakan kata kunci utama untuk merawat power wiindow mobil dan barang-barang lainnya. Selalu cek kondisi rel pada pengatur kaca otomatis apakah sudah kotor atau belum.

Pastikan selalu jaga rel pengatur kaca otomatis tetap bersih dengan rutin mencuci mobil setiap kali usai bepergian yang jauh.

Patut kamu ketahui bahwa rel pada kaca jendela memainkan peranan penting agar kaca jendela bisa bekerja optimal. Ketika rel kaca kotor, maka dikhawatirkan kaca jendela sulit bekerja secara elektris dengan maksimal. Gunakan shampo khusus mobil ketika mencuci mobil agar elastisitas karet dan kelembaban terjaga.

Baca juga  5 Tempat Coating Mobil Terbaik, Bergaransi !

Penggunaan Seperlunya

Banyak orang atau anak-anak lebih tepatnya senang memainkan pengatur kaca otomatis. Mereka senang menaikkan serta menurunkan kaca jendela semaunya karena menganggap hal itu merupakan mainan.

Padahal, keseringan menaikkan serta menurunkan kaca jendela menggunakan pengatur kaca otomatis dapat menyebabkan pengatur kaca otomatis cepat rusak atau kurang bekerja maksimal.

Selain itu, hindari menurunkan kaca ke bawah saat kaca masih basah misal terkena hujan dan sebagainya. Pasalnya dikhawatirkan air akan masuk ke dalam celah dan merusak pengatur kaca otomatis.

Hindari juga menurunkan kaca ke bawah selepas melewati jalan yang penuh debu. Usahakan hanya menurunkan kaca seperlunya saja.

Dibersihkan Dari Debu Secara Berkala

Tobol-tombol power window juga harus dicek secara berkala setidaknya setiap 6 bulan sekali. Apalagi jika jalanan yang dilalui adalah jalanan yang penuh debu maka harus lebih sering lagi melakukan pengecekan.

Pasalnya debu dikhawatirkan bisa masuk dan merusak pengatur kaca otomatis.

Selalu rawat power window untuk memastikan bahwa alat ini tetap bekerja maksimal. Karena kerusakan pada pengatur kaca otomatis akan memakan lebih banyak biaya perbaikan di masa mendatang.

Demikian ulasan terkait penyebab power window macet. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru