oleh

7 Penyebab Radiator Mobil Bocor, Waspada!

Saat ini kamu mungkin sedang mencari tahu tentang penyebab radiator mobil bocor. Pada dasarnya, penyebab air radiator bocor bisa disebabkan oleh banyak kondisi.

Nah hal ini harus dideteksi secara dini, dan jika terjadi kebocoran harus ditanggulangi langsung.

Karena air radiator mobil adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendingin mobil. Jika berkurang secara tidak wajar tentunya akan mengganggu performa mobil kamu.

Selain itu, resiko lain air radiator bocor adalah mesin mobil mengalami panas yang berlebihan atau overheat. 

Selain itu mesin overheat yang dipaksa jalan bisa menyebabkan kebocoran sistem pendingin sehingga mesin sulit dihidupkan. Biasanya pada kasus ini efek lainnya oli akan bercampur dengan air atau air masuk ke ruang bakar mesin.

Mesin mobil yang overheat akan menyebabkan mobil mogok di tengah jalan, hal ini tentunya akan. menyusahkan kamu.

“Efek lainnya Jika mesin overheat dipaksa jalan dan kondisi oli tinggal sedikit maka bisa menyebabkan mesin macet. Hal ini bisa menambah biaya perbaikan mesin karena oli mesin juga ikut mengering,” kata Putera mekanik mobil di bilangan Otista Jakarta Timur.

Nah berikut ini kami akan sampaikan beberapa penyebab radiator mobil bocor atau berkurang. Berikut ulasannya.

1. Tutup Radiator Sudah Lemah Karena Usia

Penyebab Radiator Mobil Bocor
Jika tutup radiator sudah mulai melemah, beresiko membuat air radiator mengalir menuju tabung untuk air cadangan dengan cepat, bahkan sebelum pressure valve terbuka.

Menurut Putera, salah satu hal yang menjadi penyebab dari kebocoran radiator adalah bersumber dari tutup yang sudah lemah dalam mengikat.

Baca juga  Segini Besaran Biaya Turun Mesin Mobil, Jangan Kaget!

Biasanya hal ini dikarenakan kerusakan yang ada pada karet pada bagian tutup radiator yang dapat membuat air radiator lebih cepat habis dibandingkan biasanya.

“Karena tutupnya yang sudah mulai melemah, tentu saja akan membuat air radiator mengalir menuju tabung untuk air cadangan dengan cepat, bahkan sebelum pressure valve terbuka,” tambah Putera.

Untuk mengatasinya tentu kamu harus mengganti karet tutup radiator dengan yang baru.

2. Radiator Sudah Tua

Penyebab Radiator Mobil Bocor
Radiator kalau dirawat dengan baik usianya bisa sampai 10 tahun. Tapi tidak sedikit juga yang menginjak usia 5 tahun mulai bermasalah

Penyebab radiator mobil bocor berikutnya adalah usia yang sudah tua. Karena setiap komponen pada mobil memang memiliki usia pemakaiannya masing-masing, termasuk radiator.

“Umumnya untuk radiator cukup lama usianya. Bahkan kalau dirawat dengan baik bisa sampai 10 tahun. Tapi tidak sedikit juga yang menginjak usia 5 tahun mulai bermasalah,” tambah Putera.

Kalau radiator sudah mengalami keretakan atau kebocoran, segeralah menggantinya, atau service di bengkel spesialis radiator kepercayaan kamu.

Baca juga  5 Penyebab Kunci Kontak Mobil Tidak Bisa Diputar

3. Saluran Radiator Mampet

Penyebab Radiator Mobil Bocor
Cek kondisi radiator tiap 30.000 km atau 40.000 km, supaya radiator tetap dalam kondisi prima dan maksimal kinerjanya.

Penyebap radiator mobil bocor berikutnya adalah saluran radiator mampet. Hal ini bisa terjadi jika kamu sering menggunakan air biasa dan tak rajin memperhatikan kondisi air radiator, lama kelamaan akan muncul kotoran yang bisa menghalangi jalur distribusi air radiator.

Ketika sudah terhambat, panas dari mesin tidak dapat disalurkan ke elemen pelepas panas radiator.

Menurut laman resmi Daihatsu Indonesia, jika hal ini terjadi sebaiknya dicek kondisinya tiap 30.000 km atau 40.000 km, supaya radiator tetap dalam kondisi prima dan maksimal kinerjanya.

4. Terbentur Benda Asing

Penyebab Radiator Mobil Bocor
Saat radiator bertabrakan dengan benda-benda tersebut, bukan tak mungkin kisi-kisi atau dinding radiator rusak dan akhirnya muncul kebocoran.

Penyebab radiator mobil bocor berikutnya adalah karena terbentur benda asing. Maka dair itu supaya radiator bisa menangkap udara segar, komponen ini diposisikan di depan mesin dengan kisi-kisi atau grill yang terbuka.

Tetapi, hal tersebut membuat radiator berisiko terkena batuan kerikil atau hewan-hewan yang terbang.

Saat radiator bertabrakan dengan benda-benda tersebut, bukan tak mungkin kisi-kisi atau dinding radiator rusak dan akhirnya muncul kebocoran.

Baca juga  Begini Cara Memilih Sarung Mobil yang Tepat

5. Komponen Karet dan Plastik yang Getas

Penyebab Radiator Mobil Bocor
Karena fungsi dan letak radiator yang selalu berdekatan dengan panas mesin membuat komponen pendukung lainnya juga bisa mengalami kegetasan

Penyebab radiator mobil bocor lainnya adalah karet-karet yang sudah mulai getas. Karena fungsi dan letak radiator yang selalu berdekatan dengan panas mesin membuat komponen pendukung lainnya juga bisa mengalami kegetasan.

Misalnya seperti selang radiator yang terbuat dari karet, serta tabung reservoir yang terbuat dari plastik. Tabung plastik yang terkena panas terus menerus bisa memicu keretakan dan akhirnya menyebabkan kebocoran pada sistem radiator.

6. Pengikat Selang Radiator Kendur

Penyebab Radiator Mobil Bocor
Akan tetapi ternyata pengikat selang ini sudah rusak maka untuk solusinya adalah dengan melakukan penggantian yang baru.

Selain itu pengikat selang radiator berperan penting untuk menghubungkan selang beresiko lepas. Karena masalah pengikat selang radiator bocor biasanya terjadi karena kurang kencangnya dari pihak yang memasangnya atau sudah rusak.

Karena hal tersebut terjadi disebabkan kurang pengikat selang tidak terkait dengan maksimal yang berakibat kebocoran air radiator. Untuk mengatasi masalah ini dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan mengencangkan baut pengikat selang.

Akan tetapi ternyata pengikat selang ini sudah rusak maka untuk solusinya adalah dengan melakukan penggantian yang baru.

7. Kualitas Air Radiator

Penyebab Radiator Mobil Bocor
Air radiator dengan kualitas buruk, perlahan-lahan bisa merusak radiator sehingga membuatnya mudah bocor

Penyebab radiator mobil rusak lainnya adalah kualitas water coolant atau air radiator yang buruk. Contohnya saja ketika kamu pakai air dengan tingkat keasaman tinggi, misal air hujan, air laut, dan lain-lain.

Hal tersebut dapat berakibat buruk dalam jangka panjang karena membuat rata-rata usia pemakaian radiator lebih pendek. Oleh karenanya pakailah air radiator yang sudah direkomendasikan oleh pabrikan.

Ada juga komponen yang bisa rusak karena kualitas air buruk, seperti bagian bypass radiator yang kebanyakan terbuat dari plastik. Komponen itu jadi lebih cepat getas.

Demikian ulasan terkait penyebab radiator mobil bocor. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Terbaru