by

5 Penyebab Suara Mesin Motor Kasar Saat Panas, Waspadalah!

Suara mesin motor kasar saat panas, pastinya sangat mengganggu ketika berkendara. Agar hal ini tidak lagi terjadi, sebaiknya kamu segera lakukan perbaikan.

Perlu kamu ketahui, di dalam mesin motor itu ada banyak sekali komponen yang berpotensi menimbulkan bunyi. Bahkan bisa dibilang bahwa mesin kendaraan adalah sekumpulan komponen logam yang sistem kerjanya saling bergesekan.

Gesekan komponen berbahan logam ini pastinya bakalan mengeluarkan bunyi. Meski demikian, bunyi tersebut disamarkan oleh bunyi dentuman pembakaran dan akibat adanya sistem pelumasan.

Dalam hal ini, oli sebagai pelumas mesin akan melapisi semua komponen yang bergesekan, sehingga ketika ada komponen yang bergesekan ada lapisan oli yang membatasinya. Ini bisa meredam juga suara gesekan komponen logam yang ada di dalam mesin motor itu.

Lalu, jika kondisi mesin motor yang sedang panas malah timbul suara yang berisik, apa penyebabnya?

Jainur Rohim dari Satria Restoration menyampaikan, ada beberapa penyebab yang bisa dideteksi sebagai sumber masalah timbulnya suara mesin motor kasar itu.

“Ya, pastinya kalau tiba-tiba ada suara aneh yang enggak seperti biasanya pasti ada masalah di dalam mesin. Penyebabnya banyak,” ujar mekanik yang biasa disapa Mas Nur ini.

1. Oli motor kurang bisa sebabkan Suara mesin motor kasar saat panas

Suara mesin motor kasar saat panas
Suara mesin motor kasar bisa terjadi karena volume oli kurang

Takaran oli mesin pada setiap motor, harus sesuai dengan anjuran yang ada pada buku pentunjuk pemakaian. Pada beberapa kasus, takaran oli yang kurang, bisa menyebabkan komponen mesin tidak terlapisi secara sempurna.

Baca juga  5 Masalah yang Timbul Akibat Piston Motor Rusak

Sehingga, ada sebagian komponen mesin yang bekerja tanpa dilapisi oli. Inilah yang membuat suara mesin motor kasar. Komponen mesin yang saling bergesekan ini akan mengeluarkan bunyi.

Bunyi yang dihasilkan tidak melulu seperti suara gesekan saja, bisa saja suara yang keluar seperti suara ketukan.

“Kalau oli kurang, komponen didalam mesin enggak semua terkena oli. Makanya bagian yang kering itu keluar bunyi, bisa bunyi gesekan, bisa bunyi seperti ketukan,” jelas Mas Nur.

2. Rantai keteng kendor

Suara mesin motor kasar saat panas

Timing chain atau biasa kita kenal dengan sebutan rantai keteng letaknya ada di dalam bagian mesin.

Apabila rantai keteng ini sudah kendor, pastinya akan mengeluarkan suara yang sangat menggangu.

Disampaikan oleh Mas Nur, sebetulnya masalah bukan saja terjadi pada rantai ketengnya tapi bisa jadi dari tensioner si rantai keteng itu sendiri.

Pada rantai keteng ada komponen lain yang membantunya seperti lidah tensioner dan juga tensionernya. Lidah tensioner bisa saja rusak atau patah akibat dari panas mesin, begitu juga dengan per tensioner yang memuai akibat panas mesin.

Ketika bagian pendukung tensioner ini sudah tidak maksimal bekerja menekan rantai keteng agar tidak kendor, maka rantai keteng bakal berputar dan membentur dinding mesin atau bagian logam lain yang ada di dalam mesin.

Baca juga  7 Rambu Lalu Lintas yang Sering Dilanggar, Kok Bisa?

“Bagian ini, harus dapat perhatian ekstra waktu servis motor. Biasanya pas servis pengecekan tensioner keteng sering kelewat, jadinya sering banget ada kasus keteng kendor,” papar Mas Nur.

3. Kompresi bocor

Suara mesin motor kasar saat panas

Pada beberapa kasus, bocornya kompresi juga akan menimbulkan suara yang sangat mengganggu dari mesin motor.

Selain itu, tenaga mesin motor juga akan ikut menurun. Bocornya kompresi ini disebabkan oleh karena pembakaran mesin yang ideal dilakukan ada pada suhu dan tekanan yang tinggi.

Jika kompresi mesin turun, otomatis kedua faktor tersebut akan menurun dan akan mengeluarkan bunyi.

Bunyi yang keluar biasanya tidak seperti bunyi gesekan atau bunyi ketukan logam, bunyi ini timbul dari bunyi pembakaran namun lebih kasar yang biasanya disertai asap putih dari knalpot.

“Kompresi yang loss atau bocor juga bisa sebabkan ada bunyi dari mesin, ditambah tenaga motor juga jadi loyo. Harus segera di cek dan diperbaiki sebelum masalah makin melebar,” ujar Mas Nur.

Untuk mengatasinya, disampaikan oleh Mas Nur, pertama mekanik harus melakukan pengecekan kompresi dengan alat yang bernama compression tester.

Dari situ bisa disimpulkan, apakah kompresi mesin motor turun atau tidak. Jika turun kita perlu mencari sumber kebocoran tersebut dan memperbaikinya.

4. Baut lepas atau kendor

Suara mesin motor kasar saat panas

Satu hal yang paling seringkali terjadi adalah adanya baut-baut di bagian mesin motor yang kendor.

Baca juga  Biaya Servis Honda CT125, Semurah Apa?

Ketika motor dihidupkan dan dikendarai, dari baut yang kendor atau malah bautnya lepas ini bisa menyebabkan bunyi pada bagian mesin.

Tidak cuma dibagian mesin saja, baut kendor bisa berlaku juga di bagian cover body atau bagian lain yang membutuhkan pengikat baut.

“Ya kadang konyol juga, baut yang dibiarin kendor ya bisa aja lepas pas dijalan. Terus ke bengkel bilangnya ada suara mesin motor kasar saat panas, pas kita cek enggak tahunya cuma baut kendor atau bautnya hilang karena terlepas pas di jalan,” pungkas Mas Nur.

5. Usia Motor Sudah Tua

suara mesin motor kasar
Motor tua memang harus dilakukan peremajaan agar performa mesinnya enak lagi

Suara mesin motor kasar juga bisa disebabkan faktor usia. Ini dikatakan wajar, kuda besi kesayangan kamu memang sudah tua. Pada motor yang usianya di atas 10 sampai dengan 15 tahun, beberapa komponen di dalam mesin pastinya sudah mulai bermasalah.

Oleh karenanya, lakukanlah penggantian komponen mesin secara berkala jika memang dibutuhkan. Motor tua juga diwajibkan turun mesin, kemudian dilakukan peremajaan agar rasa berkendaranya bisa terus menyenangkan.

Nah, itu tadi penyebab adanya suara mesin motor kasar saat panas. Agar terhindar, lakukanlah perawatan secara berkala ya! Jika sudah terjadi, maka segera perbaiki, pasalnya kalau dibiarkan justru bisa merambat dan merusak komponen lain.

Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru