by

Perbedaan CBS dan CBS ISS di Motor Matik Honda

Istilah ini pasti sering kamu temukan di Motor Matik Honda, tapi apakah sebenarnya perbedaan CBS dan CBS ISS? Pada dasarnya, kedua hal tersebut merupakan fitur bawaan yang diberikan oleh pabrikan berlogo sayap.

CBS adalah singkatan dari combi brake system (CBS). Fitur ini bekerja dengan mengintegrasikan rem depan dan belakang motor dalam satu tuas. Bila kamu menekan tuas rem sebelah kiri, CBS otomatis menghadirkan pengereman yang lebih optimal.

Sementara CBS ISS berarti selain motor tersebut memiliki fitur CBS, juga ada tambahan ISS. Apa itu ISS? Kepanjangannya adalah idling stop system (ISS), berguna membuat konsumsi BBM jadi lebih irit.

Cara kerja ISS dengan menonaktifkan mesin secara otomatis saat motor berhenti lebih dari tiga detik. Kemudian mesin bakal aktif kembali ketika pengendara memutar selongsong gas.

Ingin tahu perbedaan CBS dan CBS ISS lebih lanjut? Motor matik Honda apa saja yang memilikinya? Simak bahasan berikut:

Jangan Tertukar CBS dan ABS!

beda cbs dan abs
CBS berguna mengintegrasikan rem depan dan belakang hanya dalam satu tuas rem kiri saja.

Di Indonesia, cuma motor Honda yang memiliki fitur CBS. Sejauh ini belum ada pabrikan lain yang mengaplikasikannya. Meski demikian di negara lain, fitur CBS juga hadir di beberapa motor Suzuki buatan India.

CBS sendiri berbeda dengan ABS. Kendati sama-sama hadir sebagai fitur yang mengoptimalkan pengereman, namun cara kerjanya berbeda. Seperti disebutkan di atas, CBS mengintegrasikan rem depan dan belakang dalam satu tuas sehingga pengereman semakin optimal.

Ketika tuas rem kiri di motor matik Honda kamu tekan, maka rem belakang bakal berfungsi lebih dulu. Selanjutnya diikuti oleh rem depan yang otomatis aktif. Hal ini dilakukan agar pengereman lebih halus serta tidak mengagetkan.

Baca juga  Harga Suzuki Saluto 125 Rp30 Jutaan, Bisa Dipesan!

Kalau ABS, fungsinya mencegah rem terkunci saat pengendara menekan tuas pengereman secara mendadak. Dengan begitu, pengendara masih bisa mengendalikan laju motor dan diharapkan mampu menghindar dari potensi kecelakaan di depan. Motor Matik Honda juga beberapa sudah dilengkapi dengan ABS, ambil contoh PCX dan ADV 150 varian tertinggi.

ISS dan SSS, Apa Bedanya?

Beda ISS dan SSS
ISS merupakan nama yang digunakan untuk fitur penghemat bahan bakar di motor Honda, sementara Yamaha pakai nama SSS.

Fitur ISS sesungguhnya tidak cuma dipunya oleh motor Honda. Pabrikan garputala atau Yamaha juga sudah memilikinya. Hanya saja namanya berbeda. Yamaha menyebut fitur penghemat BBM ini sebagai stop & start system (SSS). 

Cara kerja ISS dan SSS tidak beda jauh. Sama-sama mengoptimalkan penggunaan BBM dengan cara menonaktifkan mesin saat motor berhenti beberapa lama. Lalu mesin bisa aktif lagi saat selongsong gas diputar oleh pengendara.

Namun, ada sedikit perbedaan antara ISS dan SSS terutama dalam hal jeda mesin mati. Kalau ISS kebanyakan memakai waktu tiga detik. Sementara SSS di Motor Yamaha menggunakan waktu yang lebih lama lagi yaitu 5 detik.

Motor-Motor dengan Fitur CBS dan ISS

perbedaan CBS dan CBS ISS
CBS-ISS merupakan varian termahal dari Honda Genio

Kamu harus tahu, bahwa hampir seluruh motor matik Honda dilengkapi fitur CBS. Ambil contoh Honda Beat Sporty, Honda Vario 125 eSP, Honda Genio, Honda Scoopy, Honda PCX 150, Honda ADV 150, dan lain-lain. Hanya saja tidak semua motor dengan CBS memiliki fitur ISS. Sementara itu kalau punya ISS, kemungkinan besar sudah dilengkapi dengan CBS.

Oleh karenanya di samping sebagai fitur, perbedaan CBS dan CBS ISS juga jadi penanda varian di motor tertentu. Ambil contoh Honda Genio CBS dan CBS ISS.

Baca juga  3 Kekurangan Honda ADV 150, Layak Dibeli?

Khusus Genio CBS, berarti cuma memiliki fitur CBS. Dapat dipastikan pula motor ini merupakan varian paling rendah. Harga jualnya pun lebih murah, Rp 17,68 juta (OTR Jakarta).

Sementara varian tertingginya adalah Honda Genio CBS ISS yang telah dilengkapi kedua fitur tersebut. Harganya pun lebih mahal, mencapai Rp 18,15 juta (OTR Jakarta).

Perbedaan CBS dan CBS ISS juga mempengaruhi warna bodi. Misalnya di Genio CBS cuma ada lima opsi: smart black, smart black red, smart red, smart silver, dan smart white blue.

Kemudian untuk varian CBS ISS memiliki enam pilihan: trendy white red, trendy white blue, trendy white, trendy black red, trendy black, dan fablulous matte black. Di samping lebih banyak opsi, kombinasinya warnanya juga lebih atraktif di Genio CBS ISS, salah satunya penggunaan jok warna cokelat.

Contoh lain di Honda Vario 125 untuk varian CBS memiliki pilihan warna bodi mengilap dengan kombinasi stiker. Hal ini dimaksudkan agar tampilannya lebih sportif. Untuk opsinya cuma ada dua: advance red dan advance black.

Lalu Vario 125 varian CBS ISS memiliki tema warna yang lebih elegan dengan cat warna pekat. Kemudian tidak ada stiker yang menghiasinya. Pilihan warnanya ada tiga: advance white, advance matte blue, dan advance matte black.

Perbedaan CBS dan CBS ISS di Honda Vario 125

perbedaan cbs dan cbs iss di honda vario 125
Ciri khas Honda Vario 125 varian CBS punya stiker di bodinya.

Khusus Honda Vario 125, perbedaan CBS dan CBS ISS lebih istimewa lagi. Bukan cuma harga dan warna, tapi juga ada tambahan fitur lain yang menjadi pembedanya.

Baca juga  Cara Menghidupkan Motor PCX, Tanpa Remote Keyless

Kamu harus tahu bahwa varian CBS belum dilengkapi remote. Beda dengan varian CBS ISS yang sudah memiliki remote. Istimewanya remote tersebut terintegrasi fitur anti-theft alarm dan answer back system.

Guna alarm menginformasikan ke pemilik motor bila ada orang yang berniat maling. Lalu answer back system bermanfaat memudahkan pengendara mencari motor di lokasi parkir.

Selain yang disebutkan di atas, tidak ada lagi perbedaan CBS dan CBS ISS di Honda Vario 125. Spesifikasi mesin sama-sama mengandalkan kapasitas 125 cc yang bisa mengeluarkan torsi puncak 10,8 Nm pada 5.000 rpm dan tenaga maksimal 11,1 PS pada 8.500 rpm.

Kemudian untuk spesifikasi dimensi juga serupa. Vario 125 varian CBS dan CBS ISS memiliki panjang 1.919 mm, lebar 679 mm, dan tinggi 1.062 mm. Kemudian untuk tinggi tempat duduknya 765 mm. Kombinasi tersebut menjadikan Motor Honda ini nyaman ditunggangi oleh siapa saja, termasuk pemula sekalipun.

Bicara fitur, keduanya telah dilengkapi sistem pencahayaan Full LED hemat daya yang menjadikan kelistrikan motor lebih stabil. Ada pula panel instrumen full digital untuk memberikan informasi lebih lengkap ke pengendara terkait berbagai hal mengenai motor.

Sekarang kamu sudah tahu dengan lengkap perbedaan CBS dan CBS ISS. Jadi lebih pilih motor Honda yang mana? Harga murah tapi cuma dapat CBS atau bayar lebih mahal namun sudah punya fitur lengkap CBS ISS? Tulis pendapat kamu di kolom komentar ya!

Comment

Leave a Reply

Terbaru