5 Perbedaan Honda CBR1000RR-R Fireblade SP dengan Non-SP, Cek!

Moladin – Honda CBR1000RR-R Fireblade memang jadi motor sport 1000cc yang laris di pasaran, karena motor ini punya segudang kemewahan dari sisi desain, ditambah lagi performanya pas banget buat mereka yang doyan uji nyali dengan top speed.

Tapi tahukah Moladiners kalao Honda CBR1000RR-R Fireblade juga hadir dengan versi homologasi WSBK yang ditambah dengan nama SP (Sport Production), tentu dari sisi fitur berbeda antara Non-SP dengan SP. Boleh dibilang karena varian SP dipakai tim balap HRC makanya secara fitur jelas lebih premium.

Honda CBR1000RR-R Fireblade SP dan Non-SP merupakan motor bermesin kompak berlayout short-stroke, yang memiliki dimensi piston sama dengan RC213V, menggunakan valve-train semi-cam, finger-follower rocker arms, titanium con-rods, teknologi minim friksi dari RC213V-S. Piston Jet dengan sistem check ball dan sebuah bottom bypass passage untuk water jacket dari sistem pendinginan (liquid cooled).

Bagian sasis dari Honda CBR1000RR-R Fireblade SP dengan Non-SP, yakni totally baru aluminium diamond frame dan menggunakan bagan belakang dari mesin sebagai upper shock mount, posisi swingarm lebih panjang dan di desain berbasiskan Honda RC213V-S.

 

Honda CBR1000RR-R Fireblade SP Pakai Suspensi Ohlins

5 Perbedaan Honda CBR1000RR-R Fireblade SP dengan Non-SP, Cek!Pakai Ohlins NPX S-EC

Nah, meskipun dari basis yang hampir sama ternyata CBR1000RR-R Fireblade SP punya perbedaan signifikan. Pertama ada di Suspensinya nih Honda CBR1000RR-R Fireblade SP pakai Ohlins NPX S-EC dan TTX-36 S-EC, sementara versi Non-SP Showa BPF dan BFR-C.

 

Sistem Pengereman Pakai Brembo Stylema

5 Perbedaan Honda CBR1000RR-R Fireblade SP dengan Non-SP, Cek!Rem depan menggunakan Brembo Stylema

Sadar betul kalau motornya ini punya mesin yang gahar, Honda tak lupa memberikan sistem keamanan nomor wahid di bagian pengereman, Honda CBR1000RR-R Fireblade SP rem depan menggunakan Brembo Stylema sementara untuk Non-SP menggunakan rem depan dari Nissin.

 

Honda CBR1000RR-R Fireblade SP Dibekali Fitur Canggih

5 Perbedaan Honda CBR1000RR-R Fireblade SP dengan Non-SP, Cek!Honda CBR1000RR-R Fireblade SP dibekali fitur canggih

Selanjutnya yang paling membedakan Honda CBR1000RR-R Fireblade SP, motor ini menggunakan Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang telah disempurkan jadi senjata utama agar motor kian jinak di tangan pengendaranya. Penyesuaian Start Mode dengan Power, Engine Brake, dan Wheelie Control sudah dikemas menjadi satu di fitur tersebut.

Baca juga;

 

Bakal Jadi Tunggangan Alvaro Bautista di WSBK 2020

Bakal jadi tunggangan Alvaro Bautista di WSBK 2020

Membawa DNA balap pastinya Honda CBR1000RR-R Fireblade SP berbeda dengan versi Non-SP, karena motor yang satu ini dikabarkan bakal jadi tunggangan dari Alvaro Bautista di ajang WSBK 2020.

Makanya, motor ini jauh lebih kental aura balapnya berkat keterlibatan dari Honda Racing Corporation (HRC) dalam risetnya. Generasi terbaru dari motor ini juga mengusung lekukan baru yang lebih sporty.

Lekukan fairing ini mirip dengan winglet yang digunakan pada motor MotoGP, ukurannya lebih besar sehingga memberi gaya tekan aerodinamika ke bawa lebih besar. Hal ini gunanya untuk mengimbangi mesin bertenaga luar biasa, sangat mungkin ban depan akan mengangkat atau wheelie.

 

Versi SP Punya Mesin Lebih Powerful

Punya mesin yang lebih powerful

Perbedaan selanjutnya nih Moladiners, ternyata untuk versi SP lebih memiliki mesin yang powerful. Soal perbedaan performa kedua motor ini cukup signifikan, antara versi SP dengan Non-SP.

Meskipun kedua ini motor ini dibekali dengan mesin yang sama, yakni mesin 1.000 cc, DOHC, 4 silinder segaris, 16 katup, berpendingin cairannya mampu hasilkan tenaga lebih besar. Klaim dari Honda sendiri mencapai 215 dk/14.500 rpm dan torsi maksimum 113 Nm/12.500rpm. 

Namun, soal transmisi keduanya berbeda, karena untuk varian Honda CBR1000RR-R Fireblade SP menggunakan quickshifter, sementara untuk varian Non-SP belum menggunakan transmisi model ini. Sehingga jelas, kalau yang bakal digunakan di WSBK lebih powerful ketimbang versi Non-SP.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *