by

5 Perbedaan Honda City Hatchback Vs Jazz, Berubah Total!

Honda City Hatchback Vs Jazz, keduanya merupakan mobil yang berada di segmen hathcback 1.500 cc untuk pasar Indonesia. Memang benar, kalau Honda Jazz sebentar lagi akan diberhentikan penjualannya. Kemudian digantikan oleh City Hatchback.

Walau demikian, setidaknya sampai sekarang pabrikan berlogo H masih memasarkan Jazz di Indonesia. Hal tersebut tampak dari sosok mobil ini yang belum hilang dari laman resmi Honda. Tujuannya memang untuk menghabiskan stok produksi tahun 2020.

Lalu sebagai penerus, benarkah City Hatchback lebih baik dari Jazz? Apa jangan-jangan cuma ganti nama?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut berikut kami beberkan lima beda Honda City Hatchback Vs Jazz di Indonesia: 

1. Desain Berubah Total, Honda City Hatchback Lebih Sporty

5 Kelebihan Honda City Hatchback RS
Atap rendah dan pelek hitam jadi ciri khas City Hatchback RS

Untuk urusan tampilan, memang Honda City Hatchback Vs Jazz tampak berbeda. Sebagai penerus, City Hatchback punya desain yang lebih sporty lantaran hadir dengan atap rendah.

Di atas kertas, mobil ini juga lebih bongsor dibanding Jazz. Spesifikasi dimensinya, memiliki panjang 4.349 mm (+314 mm), lebar 1.749 mm (+54 mm), dan tinggi 1.488 mm (-36 mm).

Kemudian sumbur rodanya pun dibuat semakin panjang dengan 2.600 mm (70 mm). Efeknya saat mobil diajak bermanuver pada saat kecepatan tinggi, harusnya lebih menyenangkan.

Selain itu, untuk tampilan standarnya, Honda City Hatchback RS sudah dibekali dengan sistem penerangan full LED. Beberapa komponen yang juga membuat tampilan hatchback terbaru ini semakin eksklusif adalah dengan adanya Rear Bumper with Diffuser, Fog Garnish, Front Bumper Lower Mesh Grille tampil pada bagian eksterior.

Kemudian dari sisi tampilan, perbedaan City Hatchback Vs Jazz dapat pula terlihat dari aksen eksterior. Jazz masih banyak mengadopsi aksen chrome di sekujur tubuh. Sementara City Hatchback didominasi warna hitam, dari mulai grille, spion, hingga pelek.

Baca juga  Perjalanan Honda Brio di Indonesia, Dari 2012 Hingga Saat Ini

Tabel Spesifikasi Dimensi Honda Jazz Vs City Hatchback RS

 

Honda Jazz

Honda City Hatchback

Panjang x Lebar x Tinggi

4.035 mm x 1.694 mm x 1.524 mm

4.349 mm x 1.748 mm x 1.488 mm

Jarak Sumbu Roda

2.530mm

2.600 mm

Jarak Pijak Depan/Belakang

1.476mm / 1.466mm

1.495 mm / 1.483 mm

Ukuran Ban

185/55 R16

185/55 R16

2. Pilihan Varian Lebih Banyak di Honda Jazz

Honda Jazz 2021
Honda Jazz RS

Honda City Hatchback Vs Jazz juga bisa terlihat perbedaannya dari jumlah varian. Di kendaraan model terbaru Honda, cuma tersedia satu varian yaitu City Hatchback RS. Sementara Jazz, selain punya tipe RS, dijual pula dalam varian standar.

Menurut Honda, hal ini dikarenakan riset dari konsumen Indonesia. Penjualan Jazz sebanyak 90 persen didominasi oleh varian RS. Oleh karenanya, ketika City Hatchback hadir sebagai penerus maka cuma varian RS yang dihadirkan. Tidak ada opsi lain.

Soal lokasi produksi, baik Honda City Hatchback Vs Jazz sudah dibuat di Indonesia. Tetapnya di pabrik yang terletak di Karawang, Jawa Barat.

3. Mesin Honda City Hatchback Vs Jazz

honda city hatchback Vs Jazz
Performa mesin terbaru DOHC 1.500 cc milik City Hatchback RS merupakan yang terbaik di kelasnya

Mengenai kinerja yang dihasilkan dari mesin Honda City Hatchback pakai konfigurasi empat silinder berkapasitas 1.5 liter i-VTEC. Berdasar informasi yang kami dapat dari laman resmi Honda, dari sisi kubikasi naik 1 cc dibanding Jazz.  

Kemudian kompresi juga ditingkatkan, plus kini sudah mengadopsi teknologi DOHC. Alhasil performanya meningkat. City Hatchback bisa melontarkan torsi puncak 145 Nm pada 4.300 rpm dan tenaga maksimal 121 PS pada 6.600 rpm.

Baca juga  Mobil Listrik Honda Siap Diproduksi Lokal, Mobilio Hybrid?

Sebagai perbandingan, pada Honda Jazz yang juga mengadopsi mesin 1.5 liter i-VTEC, tapi masih SOHC, hanya mampu memproduksi tenaga sebesar 120 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimalnya 145 Nm pada 4.600 rpm.

Pada torsinya memang sekilas tidak ada beda, tapi ternyata di City Hatchback torsi puncak bisa didapat di putaran mesin lebih rendah. Alhasil akselerasi dikalim lebih mantap.

Kemudian dari sisi transmisi, mobil hatchback terbaru ini sudah menggunakan 6-percepatan untuk versi manual. Sementara Jazz cuma 5-percepatan manual.

Tabel Spesifikasi Mesin Honda Jazz Vs City Hatchback RS

 

Honda Jazz RS

Honda City Hatchback RS

Tipe

1.5L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW

1.5 L DOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW

Sistem Suplai Bahan Bakar

PGM-FI

PGM-FI

Diameter x Langkah

73,0 mm x 89,4 mm

73,0 mm x 89,4 mm

Isi Silinder

1.497 cc

1.498 cc

Perbandingan Kompresi

10,3:1

10,6:1

Daya Maksimum

120 PS / 6.600 rpm

121 PS / 6.600 rpm

Torsi Puncak

145 Nm / 4.600 rpm

145 Nm / 4.300 rpm

4. Remote Start Engine

Honda City Hatchback RS dan Honda Jazz
Ada fitur remote yang bisa menyalakan mesin dan AC

Meski segmen yang disasar oleh Honda City Hatchback ini adalah anak muda, namun tidak membuat PT Honda Prospect Motor memberi fitur seadanya. Sebagai bukti untuk menambah kenyamanan kepada penggunanya Honda City Hatchback RS yang kini sudah dibekali dengan remote start engine.

Remote ini bisa berguna untuk menyalakan mesin sekaligus menghidupkan AC. Sehingga, ketika masuk ke dalam mobi kabin sudah dalam kondisi sejuk.

Baca juga  Toyota GR Yaris Bisa Dipesan, Harga Rp 1,2 Miliar

Kehadirannya terbilang baru, karena pada Jazz belum ada. Remote start engine juga belum muncul di semua model mobil Honda. Sejauh ini cuma ada di CR-V 2021 dan Accord.

Perbedaan lain antara Honda City Hatchback Vs Jazz ada pula di jumlah speaker. Mobil teranyar ini memiliki total 8 speaker yang bisa membuat pengemudi dan penumpang lebih nyaman saat mendengar musik. Sementara Jazz cuma punya 6 speaker.

5. Multi Angle Rear Camera

Perbedaan Honda City Hatchback RS dan Honda Jazz
Rear view camera kini lebih baik lagi

Fitur yang juga jadi perbedaan Honda City Hatchback Vs Jazz adalah multi angle camera. Ini bukan cuma kamera parkir biasa, lantaran lebih istimewa lagi.

Berbekal rear view camera baru, maka pengemudi mampu memarkirkan kendaraan dengan mudah karena menampilkan 3 tampilan, yakni normal view, wide view, dan top view.

Sementara untuk fitur-fitur lain di City Hatchback sebenarnya tidak terlalu beda dari Jazz. Ambil contoh paddle shift, auto AC, hingga audi steering switch masih dipertahankan.

Itulah tadi bahasan lengkap perbedaan Honda City Hatchback Vs Jazz. Soal harga, sampai sekarang belum ada informasi resmi untuk City Hatchback RS. Walau demikian, kemungkinan banderolnya ada di atas Rp 300 juta.

Pasalnya Honda Jazz RS saja untuk varian manual dijual Rp 288 juta (OTR Jakarta) dan CVT Rp 298,5 juta (OTR Jakarta). Maka City Hatchback RS yang punya fitur lebih banyak dan mesin lebih mantap, wajar kalau harganya lebih mahal lagi.

Untuk informasi seputar otomotif terbaru, simak terus moladin.com

Terbaru