Selasa, Juni 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Perbedaan Honda CRF 150L, 250L dan 250 Rally, dan 1100 Africa Twin Adventure, Pilih Sesuai Selera dan Budget!

by Firdaus Ali
Perbedaan Honda CRF

Berikut kami ulas perbedaan Honda CRF 150L, 250L, 250 rally dan 1100 Africa Twin Adventure yang dijual resmi oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Ketiganya merupakan motor trail yang digemari kaum adam karena tampilan yang gagah dan macho.

Honda CRF merupakan motor dual porpose yang beberapa diantaranya kerap dipakai untuk olahraga ‘garuk tanah’ dan ada pula yang menggunakannya untuk life style. Di Indonesia sendiri, Honda CRF dijual mulai dari Rp 36,705 juta hingga Rp 93,345 juta.

Nah, jka Kamu berniat membeli Honda CRF, pastikan dulu sesuai budget dan selera ya! Mari kita simak perbedaan dari masing-masing variannya berikut ini.

Honda CRF 150L

Perbedaan Honda CRF pertama adalah varianNew CRF 150L hadir masih dengan tagline ”Unlimit Your World”. Motor trail ini punya tampilan desain livery yang menarik. Motor trail ini masih cocok untuk berkendara di berbagai kondisi jalan berliku, turing, hingga berkendara di perkotaan.

Honda CRF 150L mengadopsi mesin 150cc SOHC PGM-FI dipadu transmisi 5-percepatan. Di atas kertas mampu menghasilkan tenaga maksimum 9,51 kW (12,91 PS) pada 8.000 rpm dan torsi maksimum 12,43 Nm pada putaran mesin6.500 rpm.

Konsumsi bahan bakar tergolong irit, diklaim mencapai 39,3 km/liter dengan standar EURO3 yang menggunakan metode pengetesan ECE R40.

Fitur terbaik yang dimiliki motor on/offroad Honda ini diantaranya inverted front suspension berukuran diameter pipa 37mm dan panjang stroke 225mm. Tampilan semakin gagah dan berkelas dengan penyematan warna emas pada tabung suspensi. Dan suspensi belakang dilengkapi sistem Pro-link dengan jarak main (travel axle) 207mm demi pengendalian terbaik dan stabil di berbagai kondisi.

Di sektor ban, model ini dilengkapi pelek aluminium ukuran 21 inchi (depan) dan 18 inchi (belakang) yang dibalut dengan ban dual purposeWavy disc brake-nya membuat New CRF150L menjanjikan pengereman optimal dengan diameter 240mm (depan) dan 220mm (belakang), paling besar di kelasnya.

Baca juga  5 Motor Trail Terbaik di Indonesia, Pilih Mana?

New CRF150L hadir dengan empat pilihan warna yakni Extreme Red, Extreme Black, dan warna baru Extreme Green serta Extreme White. Model ini dipasarkan dengan harga Rp 36.705.000. (OTR Jakarta)

Honda CRF 250L

Perbedaan Honda CRF selanjutnya ada CRF 250L, ini tentu berbeda dengan yang CRF 150L. Pembeda utamanya jelas kubikasi dan performa mesinya yang lebih besar.

CRF250L didesain secara khusus untuk menaklukkan berbagai medan offroad. didukung dengan mesin 249cc, DOHC, single-cylinder, 6 percepatan, berpendingin cairan. Di atas kertas mampu menghasilkan tenaga maksimum 18,9 kW pada 8.500 rpm, dengan maksimum torsi sebesar 23,1 Nm pada 6.500 rpm.

Pada model ini, Inverted Front Fork Showa sepanjang 43mm disematkan sebagai suspensi depan dan dipadukan dengan suspensi belakang Showa Pro-Link. Kapasitas tangki bensin mampu menampung bahan bakar sebanyak 7,8L serta Ground clearance juga diatur setinggi 277mm, sehingga dapat dengan mudah melibas berbagai kondisi jalanan di Indonesia.

Swingarm berbahan aluminium, double wavy disc brake pada sistem pengereman membuat motor ini tampil lebih gagah. Knalpot pada model ini dilengkapi dengan pelindung dan diposisikan tinggi untuk memberikan pengalaman berkendara offroad lebih baik.

Sebagai fitur kenyamanan berkendara, CRF250L memiliki panel meter full digital yang tampil modern dan dapat menyajikan informasi komplit terkait sepeda motor. Lampu depan dan sen juga telah menggunakan LED untuk kesan modern serta dibalut dengan desain minimalis. Pada handle motor juga disematkan hand guard yang berguna untuk melindungi tangan pengendara saat trabasan di jalur offroad.

CRF250L hadir dengan varian warna Extreme Red yang dipasarkan dengan harga Rp 79.925.000 on the road (OTR DKI Jakarta).

Honda CRF 250 Rally

Honda CRF250 Rally mengusung semangat untuk menghadirkan tampilan dan sensasi ketangguhan. Motor ini memiliki kapasitas tangki bahan bakar yang kini lebih besar yaitu 12,8 liter membuat pengendaranya menikmati sensasi berkendara lebih jauh yaitu 445 km dengan asumsi konsumsi bahan bakar 34,8 km/liter menurut pihak Honda.

Baca juga  5 Pilihan Knalpot Racing CRF150L Terbaik, Bikin Motor Keren!

CRF 250 Rally mengadopsi mesin yang sama dengan CRF 250L, sehingga tenaga dan torinya juga sama persis. Meski mesin sama , Honda CRF250 Rally dibekali dengan desain rangka semi double cradle dan desain cover knalpot serta singwarm model terbaru menghasilkan bobot lebih ringan menjadi 152 kg.

Sementara itu, suspensi dan ketinggian jok mampu memberikan rasa nyaman saat berkendara di permukaan kasar dan medan off road.

Sentuhan baru pada panelmeter digital yang kini lebih besar dan informatif dengan tambahan informasi jumlah rata-rata konsumsi bahan bakar dan posisi transmisi gigi yang sedang digunakan.

Dibanderol dengan harga yang lebih mahal dari CRF 250L, Honda CRF250 Rally didesain untuk dapat menaklukkan beragam kondisi jalan.

Penyematan floating wind screen dan shroud samping secara efektif menawarkan perlindungan bagi pengendara. Perlindungan bagi pengendara juga terdapat pada hand guards untuk melindungi tangan pengendara, rem serta tuas kopling. Under cover memberikan perlindungan mesin dari benturan dan tuas pemindah gigi dapat dilipat. Lampu depan yang berbentuk asimetris dengan LED, serta penggunaan lampu LED pada winker.

Untuk mendukung penaklukkan berbagai kondisi jalan, sistem transmisi Honda CRF250 RALLY dilengkapi assist/slipper clutch. Honda CRF250 RALLY juga memiliki suspensi depan 43mm Inverted Front Fork Showa dengan velg alumunium dengan warna hitam Alumite (dengan ukuran 21 inchi bagian depan dan 18 inchi bagian belakang) dan menggunakan ban dengan pola dual purpose (depan ; 80 / 100-21M / C 51P dan belakang 120 / 80-18M / C 62P).

Honda CRF250 RALLY hadir dengan varian warna Extreme Red yang dipasarkan dengan harga Rp. 93.345.000, on the road (OTR) DKI Jakarta.

Honda CRF 1100L Africa Twin Adventure Sports

Varian tertinggi dari CRF series yang dijual di Tanah Air, CRF1100L Africa Twin Adventure Sports hadir dengan beragam fitur teranyar untuk menjawab keinginan konsumen pecinta adventure  sejati di Indonesia.

Baca juga  Komparasi Yamaha WR155R vs Honda CRF150L, Pilih Mana?

CRF1100L Africa Twin Adventure Sports memiliki fitur canggih terbaru, diantaranya adjustable windscreen dengan design teranyar yang lebih nyaman melalui lima level pengaturan, sehingga mampu meningkatkan visibilitas pengendara dengan tetap memberikan perlindungan dari angin ketika melakukan perjalanan jauh.

Tampilan full digital panelmeter dengan fitur terbaru Android Auto dihadirkan untuk mempermudah pengendara mengintegrasikan dengan system operasi smartphone ketika berkendara.

Model terbaru ini dilengkapi mesin berkapasitas 1.084 cc 4 stroke SOHC dengan konfigurasi parallel twin-cylinder berpendingin cairan, di atas kertas mampu menghasilkan tenaga maksimal 73 kW (99,2 hp) pada 7500 rpm dan torsi puncak 103 Nm pada 6000 rpm.

Karakter CRF1100L Africa Twin Adventure Sports memiliki tenaga yang kuat di semua putaran mesin. Hadir dengan pengaplikasian 4+2 riding mode, memberikan kebebasan bagi pengendara untuk memilih mode yang sesuai dengan jalanan yang dihadapi yaitu mode tour, urban, gravel dan off-road. Sementara itu, untuk 2 riding mode tambahan merupakan pilihan mode yang dapat diatur sendiri oleh pengendara dalam menyesuaikan kebutuhannya dalam berkendara.

Ketangguhan CRF1100L Africa Twin Adventure Sports semakin diperkuat dengan fitur yang lengkap dan canggih di kelasnya. Africa Twin memberikan kemudahan mengendalikan bagi pengendara, dengan kehadiran 6 poros Inertial Measurement Unit (IMU) yang berfungsi untuk memonitoring kondisi motor ketika melakukan pengereman, cornering, dan berakselerasi.

AHM memasarkan CRF1100L Africa Twin Adventure Sports dengan warna Tricolor, kombinasi merah, putih, dan biru. Untuk tipe manual dipasarkan dengan harga Rp 620 jutaan dan tipe DCT dibanderol Rp 663 jutaan.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika