by

3 Perbedaan Hyundai Santa Fe Diesel Vs Bensin, Signifikan!

Hyundai Santa Fe Diesel Vs Bensin, keduanya resmi meluncur di Indonesia pada Rabu (7/4/2021). Kalau dilihat secara kasat mata, masing-masing varian memang terlihat mirip. Hanya saja kalau dicek lebih detail, ada banyak perbedaan

Sekali lagi dari sisi eksterior memang banyak kesamaan. Sebut saja dimensi panjang mencapai 4.785 mm, lebar 1.900 mm, dan tinggi 1.685 mm. Lalu ukuran ban pakai 235/60-18 inci.

Interior pun tidak beda jauh. Misalnya sudah dilengkapi jok kulit, panoramic sunroof, hingga head unit layar sentuh 8 inci.

Di varian tertinggi atau signature, baik Santa Fe Diesel Vs Bensin sama-sama telah menggunakan panel instrumen 12,3 inci supervision TFT LCD. Fitur lain yang hadir adalah wireless charger dan masih banyak lagi.

Lalu apa perbedaannya? Setidaknya kami sudah merangkum 3 hal yang menjadi pembeda Hyundai Santa Fe Diesel Vs Bensin. Ini bahasan lengkapnya:

1. Sistem Transmisi Hyundai Santa Fe Diesel Lebih Mantap

Hyundai Santa Fe diesel vs bensin
Santa Fe terbaru menggunakan transmisi model tombol dan punya mode berkendara

Perbedaan Hyundai Santa Fe Diesel Vs Bensin yang pertama adalah transmisinya. Kalau di versi diesel pakai 6-percepatan otomatis. Sementara versi diesel mengandalkan 8-percepatan otomatis dengan kopling ganda.

Tentu jumlah angka yang ada di transmisi tersebut bukan sekadar hiasan. Dengan percepatan yang lebih banyak, membuat pendistribusian tenaga jadi lebih halus sehingga berkendara semakin nyaman.

Baca juga  Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Dirilis Resmi untuk Pasar Indonesia

Lalu di Santa Fe Diesel sudah menggunakan transmisi dual clutch atau kopling ganda. Hal ini berarti akselerasi jadi semakin cekatan, lantaran pepindahan gigi bisa dilakukan secara cepat.

Bicara kesamaan transmisi mobil Santa Fe Diesel Vs Bensin, keduanya telah mengadopsi teknologi shift by wire. Maka mengaktifan transmisi dilakukan tidak lagi dengan menggeser tuas, tapi cukup tekan tombol. Istimewa bukan?

“Keunggulan Shift By Wire akan lebih memudahkan mengoperasikan kendaraan dan juga bisa mendukung desain interior yang terkesan lebih mewah,” kata Product Expert PT Hyundai Motors Indonesia, Bonar Pakpahan saat peluncuran Santa Fe terbaru.

Ada pula mode berkendara di adik Hyundai Palisade ini yang bisa dipilih sesuai kebutuhan: comfort, eco, sport, dan smart.

2. Performa Mesin Hyundai Santa Fe Diesel Vs Bensin

kelebihan hyundai santa fe 2021
Mesin Hyundai Santa Fe Diesel punya performa buas

Kalau kamu mau cari mobil yang punya performa mantap, maka pilih varian Santa Fe mesin Diesel. Pasalnya perbedaan kemampuan mesin Hyundai Santa Fe Diesel Vs Bensin sangat jauh berbeda.

Hyundai memberi Santa Fe Diesel, jantung mekanis 2.2 CRDi dengan turbocharger. Depot daya itu berkubikasi murni 2.151 cc, mampu melontarkan torsi puncak 441 Nm pada 1.750 – 2.750 rpm dan tenaga maksimal 202 PS pada 3.800 rpm.

Baca juga  Bocoran Toyota Raize Pakai Mesin Baru, Performanya Mantap!

Sementara Santa Fe Bensin, walau pakai kapasitas mesin lebih besar yaitu 2.497 cc namun performanya lebih lemah. Di atas kertas depot daya 2.5 MPi tersebut cuma bisa mengeluarkan torsi 232 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga 180 PS pada 6.000 rpm.

Baik Hyundai Santa Fe Diesel Vs Bensin mendistribusikan performanya ke roda depan. Oleh karenanya ketika berkaselerasi, mobil SUV yang diimpor langsung dari Korea Selatan ini cukup istimewa.

Performa Mesin

Hyundai Santa Fe Bensin 2021

Hyundai Santa Fe Diesel 2021

Tipe Mesin

2.5 MPi, 2.497 cc

2.2 CRDi, 2.151 cc, Turbo Charger

Torsi Puncak

232 Nm/ 4.000 rpm

441 Nm / 1.750 – 2.750 rpm

Tenaga Maksimal

180 PS / 6.000 rpm

202 PS / 3.800 rpm

Transmisi

6-Percepatan Otomatis

8-Percepatan Dual Clutch

3. Harga Hyundai Santa Fe Bensin Lebih Murah

kelebihan hyundai santa fe
Harga Hyundai Santa Fe mulai Rp 569 juta (OTR Jakarta)

Terakhir yang jadi perbedaan Hyundai Santa Fe Diesel Vs Bensin adalah harga. Dengan sejumlah kelebihan dari sisi performa mesin dan transmisi, maka harga versi diesel wajar kalau lebih mahal.

Baca juga  Pajero Sport Tidak Dapat Diskon PPnBM, Mitsubishi Minta Maaf

Harga Hyundai Santa Fe Diesel mulai dari Rp 629 juta (OTR Jakarta) untuk varian Style dan Rp 659 juta (OTR Jakarta) untuk varian Prime. Lalu varian tertingginya atau Signature dijual Rp 729 juta (OTR Jakarta).

Bandingkan dengan harga Hyundai Santa Fe Bensin yang mulai Rp 569 juta (OTR Jakarta) untuk varian Style dan Rp 599 juta (OTR Jakarta) untuk varian Prime. Sementara varian tertinggi Santa Fe Bensin, banderolnya cuma Rp 678 juta (OTR Jakarta).

Varian

Harga Santa Fe Bensin

Harga Santa Fe Diesel

Style

Rp 569 juta (OTR Jakarta)

Rp 629 juta (OTR Jakarta)

Prime

Rp 599 juta (OTR Jakarta)

Rp 659 juta (OTR Jakarta)

Signature

Rp 678 juta (OTR Jakarta)

Rp 729 juta (OTR Jakarta)

Setelah mengetahui perbedaan Hyundai Santa Fe Diesel Vs Bensin lewat bahasan di atas, versi mana yang lebih ingin kamu miliki? Jangan salah pilih ya!

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru