Jumat, Mei 31, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

4 Perbedaan Seres E1 Type L Vs Type B 2023, Beli yang Murah?

by Firdaus Ali
Seres E1 Type L vs Type B

Berikut akan kami ulas mengenai perbedaan Seres E1 Type L vs Type B 2023. Ini penting, supaya kamu tidak salah beli mobil listrik. Pasalnya varian satu dengan yang lain punya spesifikasi dan harga berbeda.

Seres E1 telah resmi diluncurkan pada event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Mobil listrik ini hadir dalam varian Type L dan B. Perbedaan utama keduanya dari sisi spesifikasi, ada di desain, kapasitas baterai, hingga fitur-fiturnya.

Kemudian soal harga, Seres E1 Type B yang punya spesifikasi lebih rendah, tentunya dijual lebih murah yaitu mulai Rp 189 juta (OTR Jakarta). Apakah yang murah layak dibeli? Atau jangan-jangan lebih baik pilih yang mahal saja atau Type L?

Untuk membahasnya, berikut kami beberkan secara detail perbedaan Seres E1 Type L Vs Type B 2023: 

1. Eksterior Seres E1 Type B Tidak Pakai Roofrail

seres e1 type b vs type l

Seres E1 Type B tidak punya roofrail di eksteriornya

Perbedaan Seres E1 Type L Vs Type B yang dapat dilihat secara kasat mata adalah dari eksterior. Khusus untuk Type B atau varian termurah, tidak memiliki roofrail.

Baca juga  Jajal Top Speed Wuling Air EV di Tol Jakarta, Bisa Ngebut!

Menurut kami, tanpa roofrail sesungguhnya Seres E1 lebih pantas, karena desainnya memang imut. Justru ketika hadir roofrail di Type L, justru terkesan aneh.

Di samping roofrail, sesungguhnya eksterior Seres E1 Type L dan Type B tidak banyak berbeda. Keduanya punya dimensi panjang 3.030 mm, lebar 1.495 mm, tinggi 1640 mm dan wheelbase 1.960 mm. Kemudian untuk ban pakai ukuran 145/60 dan velg alloy 13 inci.

2. Kapasitas Baterai Seres E1 Type L Lebih Besar

Seres E1 Type L vs Type B

Kapasitas Seres E1 Type L baterai lebih besar

Berbicara Seres E1 Type L vs Type B, perbedaan selanjutnya ada di kapasitas baterai. Khusus Type L yang lebih mahal, punya baterai lebih besar, mencapai 16,8 kWh. Alhasil jarak tempuhnya juga semakin jauh, bisa mencapai 220 km. Soal cas baterai  butuh waktu 4-4,5 jam dari 10% ke 90%. Kemudian untuk performa motor elektriknya cukup oke dengan torsi 100 Nm dan tenaga 30 kw atau setara 40,7 PS.

Sementara baterai Seres E1 Type B hanya 13,8 kWh. Dengan demikian, jarak tempuhnya juga lebih pendek, cuma 180 Km. Performanya juga lebih lemah dengan torsi 100 Nm dan tenaga 25 kw atau setara 33,9 PS. Meski begitu Type B bukan tanpa keunggulan, karena kapasitas baterainya lebih kecil, pengisian dayanya lebih cepat. Dari kondisi baterai 10% ke 90% hanya dibutuhkan waktu 3,5-4 jam.

Baca juga  Harga Geely Panda Mini EV, Cuma Rp 80 Jutaan!

Hanya saja soal performanya, kami sudah mencoba sendiri. Ketika menaklukkan tanjakan, Seres E1 terasa agak kesulitan, terlebih kalau tidak mendapat momentum, seperti berhenti di tengah tanjakan. Hanya saja, ketika ada momentum, sebenarnya tidak ada masalah.

3. Fitur Seres E1 Type L Lebih Lengkap 

Seres E1 Type L vs Type B

Interior Seres E1 Type L

Selanjutnya ada dari sisi kelengkapan fitur. Lagi-lagi Seres E1 Type L lebih unggul. Varian ini punya fitur Electric Parking Brake (EPB), Auto Hold (AH), Electric Stability Control (ESC) with Traction Control System (TCS), dan Brake Assist (BA). Hadir pula layar 8,8 inci MP5 di tengah-tengah dashboard sebagai sistem audio.

Semua fitur itu, tidak ada di Seres E1 Type B. Namun begitu, bukan berarti Seres E1 Type B minim fitur. Kedua  varian Seres E1 (Type L dan Type B) sudah ada fitur Battery System Thermal Management, Charging Port Cover Reminder, High Foltage Safety Monitoring, Collision Power Failure Protection, Charging Status Display, mode ECO dan Sport, Event Data Recording System (EDRS), Hill Hold Control (HHC), Rear Parking Camera, dan fitur modern lain.

Baca juga  Populasi Mobil Listrik Sudah 20.414 Unit, PLN Sediakan 624 SPKLU!

4. Harga Seres E1 Type B Lebih Murah

Seres E1 Type L vs Type B

Seres E1 Type B

Perbedaan Seres E1 Type L vs Type B 2023 selanjutnya adalah harga. Setelah melihat perbedaan kelengkapan dari kedua varian tersebut, tentu saja harga keduanya juga berbeda. Berikut daftar harganya:

  • Seres E1 Type B: Rp 189.000.000
  • Seres E1 Type L: Rp 219.000.000

Sebenarnya Seres E1 bisa dijual lebih murah lagi kalau dapat subsidi pemerintah, sayangnya kandungan lokal mobil listrik ini belum memenuhi syarat TKDN 40 persen. Alhasil tidak memperoleh subsidi.

Moladiners, itulah ulasan mengenai perbedaan Seres E1 Type L dan Type B. Di Indonesia, rival dari mobil listrik tersebut adalah Wuling Air EV. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika