oleh

Perbedaan Toyota GR dan GR Sport, Jangan Keliru!

Perbedaan Toyota GR dan GR Sport mungkin masih bikin bingung bagi sebagian orang. Wajar saja, baik GR dan GR Sport merupakan produk anyar yang baru saja diluncurkan Toyota Indonesia.

Intinya semua itu merupakan turunan dari brand Gazoo Racing atau disingkat GR. Merek tersebut merupakan bagian dari Toyota yang memang fokus pada kegiatan motor sport.

Sebelum kita mengulas lebih jauh mengenai perbedaan mobil Toyota GR dan GR Sport atau bahkan GR Performance Parts, ada baiknya kita ketahui dahulu tentang asal usul kata GR alias Gazoo Racing ini.

Arti Toyota Gazoo Racing

Perbedaan Toyota GR
Toyota Gazoo Racing

Toyota Gazoo Racing (TGR) merupakan brand global untuk tim balap yang berada di bawah naungan pabrikan Toyota. Saat ini, seluruh kegiatan balap global yang membawa nama Toyota memboyong tim yang bernama Toyota Gazoo Racing (TGR).

Misalnya pada balap ketahanan Le Mans 24 jam yang dioperasikan oleh Toyota Motorsport GmbH (TMG) di Jerman. Atau tim reli dunia yang mengandalkan Yaris WRC dijalankan oleh Tommi Makinnen Racing (TMR) yang berbasis di Finlandia.

Terlihat disinikah, meski dioperasikan oleh 2 tim yang berbeda, keduanya membawa panji TGR sebagai lambang komitmen pabrikan asal Jepang tersebut di dunia balap.

Baca juga  Promo All New Voxy Edisi Valentine, Bisa DP Kecil

Sedangkan kata Gazoo sendiri merupakan buatan sang presiden Toyota, Akio Toyoda. Orang nomor satu di Toyota ini terkenal hobi balap.

Awalnya untuk memisahkan tim resmi Toyota dengan tim probadinya, Akio Toyoda mendirikan Gazoo Racing di Jepang. Nama Gazoo dipilih karena terdengar seperti ungkapan bahagia, seperti pada kata Yahoo.

Nah seiring berjalannya waktu Gazoo Racing dipakai untuk corporate mereka. Bersamaan dengan visi Akio Toyoda untuk membuat mobil Toyota yang lebih baik, dengan cara belajar dari pengalaman di dunia balap.

Toyoda melihat, dunia balap membuat tim engineer memberikan dukungan teknologi sampai batas maksimal hingga melahirkan terobosan dan inovasi yang selanjutnya bisa diimplementasikan ke produksi masal.

Maka dari itu sejak bulan April 2015, Toyota Gazoo Racing lahir dan sekaligus menjadi entitas yang mewakili tim balap lokal dan global Toyota. Berlanjut Gazoo Racing pun menjadi lini produk Toyota secara global terbasuk Indonesia.

Lalu apa perbedaan Toyota GR dan GR Sport?

Toyota GR, GR Sport dan GR Performance

Perbedaan Toyota GR dan GR Sport
GR Sport adalah varian dari suatu produk. Misal Toyota New Fortuner GR Sport.

Gazoo Racing sebenarnya sudah sering digaungkan Toyota Indonesia sejak beberapa tahun lalu. Namun hanya untuk mobil-mobil berperformanya saja.

Baca juga  5 Kekurangan Toyota Fortuner 2.4 Liter Dibanding Pajero!

Kini Gazoo Racing masuk ranah produksi massal yang segmentasinya meluas. Dalam artinya tidak sepenuhnya untuk mobil berperforma tinggi saja. 

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan perbedaan Toyota GR dan GR Sport. Katanya, kalau GR merupakan kendaraan yang utuh. Misalnya seperti Toyota GR Supra dan Toyota GR Yaris yang merupakan mobil homologasi balap WRC.

Penulisan GR dilakukan di depan nama mobil. Hal ini berarti secara keseluruhan mobil tersebut sudah dirancang oleh Gazoo Racing.

“Sedangkan GR Sport merupakan varian dari suatu produk. Jadi misalnya ada model yang biasa dan ada model GR Sport,” kata Anton beberapa waktu lalu.

Penulisan GR Sport pun setelah nama produk atau mobilnya, misalnya Raize GR Sport, Fortuner GR Sport, Rush GR Sport, Agya GR Sport, dan Yaris GR Sport. Tidak beda dengan TRD Sportivo terdahulu.

Ya mudahnya sih, pada Toyota GR Yaris misalnya adalah mobil balap yang diproduksi massal dan legal untuk jalan raya. Sedangkan Toyota Yaris GR Sport adalah mobil dengan tambahan aksesoris hingga tampilannya lebih sporty dibanding versi Yaris lainnya. 

Baca juga  Toyota Luncurkan Dua SUV Baru di Indonesia

Sementara untuk GR Performance, berarti komponen yang dijual terpisah namun telah mendapat lisensi dari Gazoo Racing. Di Indonesia, komponen ini untuk sekarang memang belum dipasarkan. Hanya saja secara bertahap, bakal dijual.

Contoh GR Performance parts, di Jepang ada pelek yang terbuat dari aluminium berukuran 18 inci dikhususkan untuk Toyota Camry. Kemudian bodi kit Gazoo Racing pun untuk Camry.

Anton menambahkan tujuan Toyota menghadirkan produk-produk ini adalah untuk memberikan pilihan bagi konsumen di Indonesia.

“Kita punya GR Yaris dan GR Supra, lalu ada GR dengan performance parts. Atau ada yang maunya hanya stylish aja, enggak ribet bisa pilih GR Sport. Jadi produknya sangat lengkap,” tutup Anton.

Berikut ulasan terkait Perbedaan Toyota GR dan GR Sport. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru