oleh

Perjalanan Mobil Esemka: Dari SMK Hingga Tiongkok

Bagaimana kabar mobil Esemka saat ini? Sepertinya masih belum jelas. Meski demikian, namanya sempat menggemparkan dunia otomotif Indonesia. Semua berawal sejak 2012 lalu.

Ketika itu, mobil ini diklaim hasil rakitan siswa SMK di Solo dan diharapkan menjadi mobil nasional. Sayangnya, perkembangan dari mobil Esemka terus mengalami kemerosotan dan sempat tidak dikembangkan lagi selama beberapa tahun.

Sampai kemudian, pada 2019 menjelang akhir, Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik mobil ini di Boyolali. Saat ini dua produk Esemka bisa didapatkan di pasaran dengan harga lebih terjangkau.

Salah satu pemilik produk Esemka adalah Ignasius Jonan. Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral itu memamerkan gambar Esemka Bima 1.2 MT yang bergaya pick-up nongkrong di garasi, lewat akun Instagram. Dia mengaku sebagai pemilik mobil tersebut.

Ingin tahu lebih jauh soal perjalanan mobil Esemka, berikut bahasan selengkapnya:

1. Kemunculan Esemka dan Jadi Mobil Walikota

mobil esemka
Salah satu produk Esemka yang dijual di Indonesia, Garuda 1. Desainnya serupa dengan mobil Tiongkok, Foday Landfort

Esemka Muncul pertama kali pada tahun 2012 silam. Kemunculan dari mobil yang dibuat oleh anak negeri ini dimulai saat Walikota Solo yang kala itu dijabat Jokowi menggunakannya sebagai mobil dinas. Dia memperkenalkan mobil itu kepada khalayak dan media mobil SUV murah yang punya kualitas.

Sayangnya dalam pengujian, mobil ini sempat tidak lolos. Akhirnya setelah dilakukan pembenahan, mobil ini laik jalan dan lulus uji emisi dari Kemenhub. Setelah Jokowi mencalonkan diri sebagai Gubernur Jakarta hingga awal periode pemerintahannya jadi Presiden, mobil Esemka seperti hilang begitu saja.

2. Sempat Menghilang dan Tidak Dikembangkan

mobil esemka
Esemka Bima berjenis pick-up, ini milik Ignasius Jonan

Selama kurang lebih tiga tahun sejak mobil diperkenalkan ke publik dan lolos berbagai uji kelaikan dari Kemenhub, mobil Esemka menghilang begitu saja. barulah pada tahun 2016, mobil yang dianggap mobil nasional seperti Timor era Presiden Soeharto di masa lalu muncul kembali.

Dua buah perusahaan perseroan yaitu PT SMK dan PT Adiperkasa Cipta Lestari yang sejak awal menangani mobil Esemka membentuk perseroan baru bernama PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH). Perusahaan swasta inilah yang saat ini mengembangkan mobil Esemka hingga akhirnya rilis.

Oh ya, pada tahun 2016, PT ACEH mengatakan kalau akan ada dua pabrik yang melakukan perakitan kendaraan roda empat ini. Pertama di Boyolali, Jawa Tengah dan Cileungsi, Jawa Barat. Sayangnya berbagai hal terkait dengan pabrik ini masih sangat minim dan memunculkan banyak spekulasi di media.

Baca juga:

3. Dianggap Bukan Mobil Buatan Anak Indonesia

mobil esemka
Desain Esemka Bima mirip dengan Changan Star Truck

Pada tahun 2017, beberapa unit awal diperkenalkan ke publik. Setelah generasi Rajawali hilang dari publik, muncul lagi produk bernama Digdaya pada September 2017. Kemunculan mobil ini disambut sinis oleh beberapa pemerhati mobil lantaran ada kemiripan dengan mobil produksi Tiongkok.

Mobil Esemka Digdaya dianggap mirip dengan Foday Xiongshi F22 yang diproduksi oleh Guangdong Foday Automobile. Tidak ada tanggapan dari berita yang beredar di publik. Informasi terkait dengan pabrik juga masih ditutupi. Publik juga jadi semakin bingung apakah mobil ini benar ada dan buatan anak negeri atau tidak.

4. Kontroversi Pabrik Mobil Esemka

Mobil Esemka 005
Pabrik Esemka sudah diresmikan ada di Boyolali

Berbagai kontroversi bermunculan terkait dengan unit kendaraan yang dianggap menjiplak. Beberapa netizen juga menganggap mobil itu adalah kendaraan dari Tiongkok yang diimpor dan dijual di Indonesia. Pendapat yang bermunculan di ranah publik itu dibantah Sukiyat yang merupakan inisiator Esemka.

Menurut Sukiyat, sangat wajar kalau mobil satu dengan lain ada kemiripan. Setelah sempat tidak terbuka, akhirnya diketahui kalau Esemka memang melakukan kerja sama dengan pabrikan asal Tiongkok. 

5. Rilis Unit dan Peresmian Pabrik

Mobil Esemka 003
Ignasius Jonan berpose bersama mobil Esemka miliknya

Pada September 2019, mobil Esemka akhirnya dirilis di publik. Mobil ini sudah diproduksi secara massal. Beberapa jenis unit sudah lulus uji laik jalan dan uji emisi sehingga bisa dipasarkan tanpa ada masalah.

Beberapa unit yang sudah ada adalah Garuda 1 2.0 MT dan Bima 1.2 MT. Keduanya memang mirip dengan mobil asal Tiongkok. Garuda 1 2.0 MT punya desain serupa Foday Landfort. Sementara Bima 1.2 MT, tampilannya persis Changan Star Truck.

Selain peluncuran produk, Presiden Jokowi juga meresmikan pabrik yang selama ini masih simpang siur. Pabrik itu berada di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Demikian ulasan tentang mobil Esemka mulai dari dirintis pertama kali dan benar-benar dirilis tujuh tahun kemudian. Menurut kamu, bisakah produk ini bertarung di pasaran melawan pabrikan besar dari Jepang?

Terbaru