Bengkel Motor Terbaik, Nyaman Pilih Bengkel Resmi / Non Resmi?

Haloo sobat Moladiners. Jinny pengen tahu nih diantara kalian seberapa banyak melakukan perawatan dan perbaikan motor di bengkel? Jika harus milih nih, bengkel motor terbaik, bro semua pilih bengkel resmi atau non resmi pabrik?

Pertanyaan soal bengkel resmi dan non resmi ini dilayangkan di FORUM MOLADIN oleh bro Hidayat Turochim, Ketua Umum di CBR Community Cikarang (CCC). Bro Hidayat bertanya soal:

“Bengkel resmi dan non resmi atau bengkel biasa?”

Kali ini, Jinny bakal membahas perbedaan bengkel resmi dan non resmi buat jadi bahan referensi bro biar nggak melulu galau memilih soal perbengkelan untuk servis maupun perawatan bulanan.

Bengkel Resmi Pabrikan

Bengkel Resmi Milik KTM, Bersih, Rapi Dan Profesional
Bengkel Resmi Milik KTM, Bersih, Rapi Dan Profesional

 

Bila dilihat dari tampilan luar bengkel, bengkel resmi biasanya memiliki gedung yang lebih luas dan diberi nama sesuai dengan pabrikannya. Misalnya, bengkel resmi YAMAHA, bengkel resmi HONDA, dan lain-lain. Selain itu, montir di bengkel resmi biasanya dilengkapi dengan seragam sesuai dengan aturan perusahaan. Ruang tunggu yang nyaman menjadi alasan lainnya mengapa orang lebih memilih untuk servis di bengkel resmi.

 

Yamaha Jupiter MX King

*Angsuran mulai dari

 

Montirnya terlatih karena pernah magang di bengkel-bengkel resmi sebelum menjadi pegawai tetap. Ada standard SOP jadi kerja montir tidak hanya berdasarkan feeling. Bengkel resmi jam operasionalnya terbatas, umumnya seperti hari kerja mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Namun, nilai plus bengkel resmi, selalu menggunakan suku cadang asli dan teknologi yang modern.

Servis di Bengkel Non Resmi (Umum)

Tips pilih bengkel sebelum mudik, bengkel umum
Bengkel Umum

 

Keberadaan bengkel umum ini mudah ditemukan dimana-mana bro, bahkan sampai pedalaman desa pun ada! Mulai dari ukurannya kecil hingga yang besar. Nah, bengkel umum atau non resmi biasnaya milik perseorangan bukan perusahaan. Di bengkel ini, nggak cuma melayani jasa perbaikan dan perawatan satu merek motor doang sob, disini berbagai merek motor dilayani.

Tetapi bedanya dengan yang resmi tentu suku cadang yang dipakai nggak selamanya asli. Makannya itu harga perbaikan atau perawatan di bengkel umum lebih murah dibanding bengkel resmi. Peralatan yang digunakan montir pun standard, dan montir biasanya berpakaian bebas atau tanpa seragam.

Keunggulan bengkel umum ini, selain jam operasionalnya yang lebih lama dari bengkel resmi juga keramahan montirnya yang tidak sungkan menjawab pertanyaan para customernya.

Kapan Seharusnya Motor Dibawa ke Bengkel?

kapan seharausnya motor di bawa ke bengkel

Selain dalam keadaan benar-benar mati total atau rusak berat, sebaiknya sobat rutin membawa motor kesayangan ke bengkel. Alasannya, biar si doi tetap berjalan mulus dan nggak ngadat. Cewek aja kalau nggak diperhatiin ngambek, apalagi motor sob!

Jadi kapan nih bro waktu yang tepat motor dibawa ke bengkel? Menurut Jinny, kalo motor kalian sudah mengalami 3 hal ini, berarti itu tandanya mesti dibawa ke bengkel segera!

  • Mesin mendadak mati dan sulit untuk dinyalakan. Jika mesin susah untuk dihidupkan dan sering mati sendiri ketika sedang berkendara, sebaiknya segera dibawa ke bengkel.
  • Sudah mencapai 2.000 kilometer. Disarankan oleh Jinny kalau ke bengkel jangan tunggu sampai motornya rusak, rutin check up ke bengkel jika jarak tempuh sudah mencapai 2.000 KM.
  • Tarikan berat dan boros BBM. Kalau sudah merasa nggak nyaman karena tarikan motor yang mulai berat dan BBM yang boros, sebaiknya buru-buru dah ke bengkel bro..
Honda Supra X 125 Fi

*Angsuran mulai dari

Jadi Mana Bengkel Motor Terbaik?

pilih bengkel motor terbaik

Pada dasarnya semua bengkel bagus, tapi disarankan untuk ke bengkel resmi dikarenakan bila ada masalah dengan motor sesaat setelah diservis, bisa langsung komplain ke bengkel tersebut, karena itu bengkel resmi mempunyai aturan yang ketat, dan montir tidak bisa menolak keluhan dari pelanggan. Suku cadang yang digunakan asli dan bergaransi. Tetapi “garansi” bengkel resmi hanya berlaku untuk motor standard bukan motor yang sudah dimodifikasi.

Banyak juga bikers yang memilih bengkel umum atau non resmi dikarenakan biaya yang  relatif lebih murah dan kedekatan dengan sang montir. Sobat bikers bisa bertanya apapun tentang masalah motor langsung dengan montirnya. Namun, semua balik lagi dengan kebutuhan dan selera.

Promo Voucher BBM Diskonnya Gila-Gilaan, Free Ongkir + Diskon 10%

Kalau menurut sobat Moladiners ketika diminta opini tentang memilih bengkel motor terbaik antara umum dan resmi tanggapan kawan-kawan begini nih broo…

“Kalau menurut saya lebih baik bengkel biasa tapi memang yang sudah berpengalaman dan terpercaya. Alasannya bengkel biasa pun dapat mengatasi masalah sampai ke akarnya,” – Tri Jayanto, member di CBR Cikarang Community (CCC)

“Pastinya bengkel resmi, karena kalau di bengkel mungkin mekaniknya belum teruji secara teori sedangkan bengkel resmi mekaniknya sudah teruji secara teori,” – Sopyan Saori, member di Xabre Owners Bekasi Raya

“Kalau ane mah mending bengkel biasa tapi yang udah biasa nanganin satu jenis motor dia malah lebih berpengalaman dibanding bengkel resmi,” – Agung Wahyudi, pengurus di CBR Community Cikarang (CCC)

“Aku sih pilih bengkel resmi karena kalau di bengkel resmi kita dijamin garansi 3 tahun. Harganya nggak terlalu jauh dengan bengkel biasa,” – Peank Jayabaya, member di Xabre Owners Bekasi Raya

Kalau bro ada pertanyaan seputar bengkel motor terbaik versi bro, motor dan produk yang berkaitan tentang motor, jangan ragu buat bertanya langsung ke forum Moladin ya, bro! Download sekarang aplikasinya di https://goo.gl/P7QjCG. Jadilah bagian dri platform motor online pertama dan terbesar di Indonesia.

Jadi bengkel motor terbaik versi bro yang mana nih?

Yamaha Aerox 155

*DP mulai dari

Baca juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *