by

5 Prediksi Toyota Innova Terbaru 2020, Apa Ubahannya?

Prediksi Toyota Innova Terbaru 2020 – Usia Kijang Innova generasi keenam bakal menginjak lima tahun pada November mendatang. Biasanya inilah waktu yang tepat untuk sebuah mobil mendapat revisi.

Informasi kehadiran Innova terbaru, diperkuat oleh kemunculan Toyota Fortuner dan Hilux anyar di Thailand. Apa hubungannya? Mereka masih saudara dekat. Ketiga mobil tersebut sama-sama menggunakan Toyota IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle). 

Selanjutnya ada berbagai pernyataan tenaga penjual hingga media asing yang memperkuatnya. Dari bocoran yang kami dapat, perubahan Innova terbaru bukan cuma paras, tapi juga diikuti oleh peningkatan fitur kenyamanan dan keselamatan. 

Terlebih untuk keselamatan. Percaya atau tidak, MPV 7-seater ini punya fitur minimalis. Cuma ada Dual SRS Airbags + Knee Airbag, anti-lock braking system (ABS), dan electronic brake distribution (EBD).

Jika dilihat, fitur tersebut tidak beda jauh dari mobil-mobil LMPV seperti Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, dan Honda Mobilio. Padahal kelas Innova jauh ada di atas mereka.

Lalu bakal seperti apa Toyota Innova Terbaru 2020? Bila kamu ingin tahu prediksinya lebih detail, berikut bahasannya:

1. Desain Paras Berubah Total

spesifikasi toyota sienna
Media India memprediksi tampilan Innova terbaru bakal mirip Sienna yang dijual di Amerika Serikat

Media asal India, Indianautosblog membuat prediksi Toyota Innova terbaru 2020 memiliki paras yang berubah total. Kenapa jauh-jauh cari bocoran ke Negery Bollywood? Pasalnya MPV 7-seater ini dijual di sana dengan nama Innova Crysta.

Dari reka gambar yang dibuat, lampu depan dibuat semakin pipih, kemudian grille dirancang lebih tajam. Lampu kabut juga dapat revisi, bentuknya bulat dan kecil. Sejumlah perubahan ini menjadikan tampilan Innova terbaru lebih sederhana, sehingga membuat aura elegan terpancar kuat.

Kalau kamu jeli, desain seperti ini jamak digunakan oleh mobil-mobil Toyota di Indonesia untuk varian sedan. Indianautosblog sendiri mengaku bahwa prediksi desain Innova terbaru diambil dari MPV Toyota asal Amerika Serikat yaitu Sienna.

Baca juga  Suzuki Ertiga Diesel Bekas Jadi Buruan, Apa Kelebihannya?

Prediksi kami selanjutnya, perubahan bakal muncul di sektor pelek. Tampilan Innova yang dijual saat ini sangat biasa. Jika melihat tren pasar otomotif Tanah Air, maka sudah seharusnya pelek mobil ini diganti dengan gaya two tone.

Baca juga:

2. Sistem Pencahayaan Full LED

prediksi toyota innova terbaru 2020 03
Innova terbaru kemungkinan bakal dapat fitur-fitur seperti Fortuner Legender di Thailand

Pakai paras baru, tentu sistem pencahayaan ikut mendapat penyegaran. Kemungkinannya sistem full LED siap diterapkan ke Innova. Sejauh ini, Innova cuma pakai LED untuk pencahayaan utama. Sementara lampu sein, rem, dan kabut masih bohlam.

Kemunculan pencahayaan full LED di Innova facelift 2020 juga tidak berlebihan. Pasalnya Fortuner terbaru yang meluncur di Thailand telah mengaplikasikan teknologi lampu full LED lebih dulu. Sudah seharusnya, Innova sebagai saudara dekat juga mendapatkan.

Guna lampu LED, mampu membuat kelistrikan mobil lebih stabil lantaran daya yang rendah. Di sisi lain, LED juga tahan lama serta menjanjikan visibilitas berkendara lebih baik terutama pada malam hari.

3. Fitur Keselamatan Toyota Safety Sense

prediksi toyota innova terbaru 2020 05
Toyota safety sense merupakan sistem keselamatan yang lebih istimewa dengan bantuan radar

Prediksi Toyota Innova terbaru 2020, kemungkinan dapat Toyota Safety Sense. Ini merupakan fitur keselamatan yang mutakhir, khusus disematkan ke mobil-mobil baru pabrikan berlogo T. Kendaraan yang sudah pakai antara lain Camry, Alphard, Altis, dan lain-lain.

Baca juga  Spesifikasi Toyota Yaris Cross, SUV Ringkas Terbaru!

Fitur yang masuk ke Toyota Safety Sense, misalnya Pre-Collision System (PCS), Dynamic Cruise Control, adaptive high beam system (AHS), dan Lane Departure Alert.

Guna PCS untuk mendeteksi keberadaan kendaraan di depan, sehingga bisa mengurangi resiko tabrakan. Lalu Dynamic Cruise Control, mampu menajga jarak aman dengan mobil lain pada kecepatan tertentu. Fitur ini satu tingkat lebih tinggi dari cruise control biasa.

Lane Depatrture Alert sanggup memperingatkan pengendara bila melakukan perpindahan jalur tanpa sadar. Terakhir adalah adaptive high beam system (AHS) untuk mengatur jumlah pendaran cahaya ke jalan, sehingga pencahayaan lebih optimal dan tidak menyilaukan pengguna jalan lain.

4. Mesin Hybrid untuk Innova?

mesin hyrbid innova
Prediksi mesin hybrid untuk Innova mencuat karena Toyota sedang gemar meluncurkan produk ramah lingkungan

Sektor mesin tidak ketinggalan dari prediksi Toyota Innova terbaru 2020. Hal ini mencuat, lantaran Toyota memang sedang giat menghadirkan mobil hybrid di Indonesia. Sebut saja CH-R Hyrbid, Corolla Altis Hyrbid, Alphard Hyrbid, dan sebagainya.

Bukan tidak mungkin, Toyota Innova terbaru juga bakal pakai mesin hyrbid. Kalau benar ada versi hybrid, tentu lebih ramah lingkungan. Selain itu, mesin hybrid juga mampu menghadirkan konsumsi bahan bakar yang semakin irit.

Saat ini Innova hanya tersedia dalam dua varian jantung mekanis: bensin 2.0 liter dan diesel 2.4 liter. Keduanya punya performa cukup.

Di atas kertas jantung mekanis bensinnya mampu mengeluarkan torsi 183 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga 139 PS pada 5.600 rpm. Sementara untuk versi diesel lebih beringas lagi, mampu melontarkan torsi 342 Nm pada 1.200-2.800 rpm dan tenaga 149 PS pada 3.400 rpm.

Baca juga  Toyota Agya Facelift Siap Meluncur, Pakai Start/Stop Engine?

5. Peningkatan Fitur Kenyamanan

interior toyota fortuner legender
Bukan tidak mungkin, interior Toyota Innova dibuat mirip dengan Fortuner Legender

Terakhir yang tidak luput dari prediksi Toyota Innova terbaru 2020 adalah peningkatan kenyamanan. Saat ini memang fitur Innova sudah cukup oke. Ada head unit layar sentuh dengan konektivitas smartphone, AC digital, hingga monitor untuk penumpang belakang.

Hanya saja bukan berarti tidak bisa ditingkatkan. Sebut saja wireless charger dan activated kick door. Kedua fitur ini telah dipakai oleh Fortuner terbaru. 

Fungsi wireless charger untuk memudahkan pengisian baterai smartphone saat di perjalanan. Sementara activated kick door mampu membuka bagasi hanya dengan ayunan kaki. Fitur tersebut sangat penting, terlebih ketika ingin memasukkan barang ke bagasi saat dalam kondisi tangan penuh.

Prediksi Toyota Innova Terbaru 2020, Kapan Meluncur?

Toyota Innova
Wujud Toyota Innova yang dijual saat ini

Lalu kapan prediksi Toyota Innova terbaru 2020 bakal meluncur di Indonesia? Dari informasi yang kami dapat, seharusnya mobil ini mengaspal tidak lama lagi. Hanya saja, pandemi Virus Korona yang menerpa Indonesia memang berefek ke segala hal. Industri otomotif juga terkena imbas.

Maka, bukan tidak mungkin peluncuran mobil keluarga 7-penumpang ini tertunda hingga tahun depan. “Terus terang saya belum bisa memberi komen banyak mengenai produk baru,” kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy dalam diskusi online beberapa waktu lalu.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 comments

Terbaru