by

5 Prediksi Yamaha R25 V3, Berubah Total!

Prediksi Yamaha R25 V3 – Dunia maya sedang ramai membicarakan soal Yamaha R25 terbaru atau V3. Disebut V3 karena versi anyar ini dianggap siap hadir sebagai generasi ketiga.

Revisi yang dilakukan pabrikan garputala tidak lagi setengah-setengah, seperti sebelumnya. Bocoran datang dari blogger Jepang dan Indonesia. Mereka kompak mengatakan, perubahan hadir bukan cuma dari sisi tampilan.

Yamaha R25 terbaru diharapkan juga punya fitur-fitur dan mesin yang lebih hebat. Hal ini wajar, apalagi melihat kompetitor yang telah lebih dulu berbenah. Ambil contoh Kawasaki, di kelas 250 cc mereka punya Ninja ZX-25R yang memiliki meisn empat silinder. Kemudian yang paling anyar, Honda CBR250RR SP resmi meluncur dengan performa lebih mantap dan fitur quick shifter pada akhir Juli 2020.

Dengan para rival yang semakin istimewa, apa iya pabrikan Garpu Tala rela berdiam diri? Pastinya tidak. Mau tahu prediksi Yamaha R25 V3 selengkapnya? Apa saja perubahannya? Simak bahasan berikut:

1. Tampilan Semakin Mirip R1 dan R6

Yamaha R6
Yamaha R6 bakal jadi inspirasi untuk tampilan R25 terbaru

Prediksi Yamaha R25 V3 yang pertama adalah tampilan semakin mirip R1 dan R6. Hal tersebut wajar mengingat motor sport 250 cc ini merupakan R-series.

Desain motor yang dipasarkan saat ini cukup jauh dari mirip. Terutama lampu depannya masih terlalu besar. Padahal kalau melihat R1 dan R6, ciri khasnya ada di lampu daytime running light (DRL) sipit menyerupai lampu depan.

Lalu lampu depan yang asli, letaknya agak ke bawah berbentuk bulat. Kalau benar demikian, maka tampilan motor ini bakal benar-benar beda dari Honda CBR250RR dan Kawasaki Ninja 250 selaku kompetitor.

Daftar Harga Yamaha YZF R25

Produk Kelebihan Harga
Yamaha YZF R25 Harga lebih terjangkau Cek Harga Promo di Sini
Yamaha YZF R25 – ABS Sudah pakai ABS Cek Harga Promo di Sini
Baca juga  Motor Terbaru Honda: CBR250RR 2020 atau CBR1000RR-R?

2. Fitur Keyless

Fitur Keyless
Kawasaki Ninja 250 selaku rival sudah pakai keyless

Sejauh ini kekurangan motor 250 cc keluaran pabrikan garputala tersebut ada di fitur. Maka prediksi Yamaha R25 V3, harus punya banyak fitur baru.

Berbagai revisi harus dilakukan Yamaha, salah satunya untuk kunci kontak. Percaya tidak percaya, motor 250 cc ini masih mengadopsi kunci tanpa pengaman. Bahkan fitur pengaman magnet saja tidak punya.

Kalau mau ada penyegaran, maka sudah seharusnya kontak dibuat lebih baik. Paling tidak menyamai kawasaki Ninja 250 yang sudah ada opsi keyless. Fitur keyless dijamin menyulitkan maling, lantaran terintegrasi immobilizer.

Baca juga:

3. Prediksi Yamaha R25 V3 Pakai Mesin Tiga Silinder atau Empat Silinder?

12 2
Yamaha R25 V2 atau versi yang dijual saat ini

Performa mesin juga jadi salah satu yang dikeluhkan di R25 yang dijual saat ini. Bila mau menang dari rival, harusnya Yamaha memberi mesin dengan performa lebih mantap untuk versi V3.

Desas-desusnya bahkan siap pakai jantung mekanis tiga silinder. Hanya saja kemungkinan itu ditepis oleh salah satu blogger Jepang.

“Kemungkinan YZF-R25 baru akan menjadi tiga silinder tampaknya sangat kecil, menurut saya pribadi,” seperti dikutip dari kojintekibikematome.blog.jp.

Oleh karena itu prediksi Yamaha R25 V3 untuk mesin, kemungkinan masih pakai basis lama yaitu dua silinder. Meski demikian, sepertinya performa bakal ditingkatkan. Bisa jadi dengan memberi teknologi katup variabel (VVA). Dapat pula dengan memaksimalkan fungsi ram air.

Baca juga  BMW M 1000 RR, Motor Seri-M Pertama di Dunia

Buat memudahkan kamu, kami beri perbandingan performa mesin Yamaha R25 yang dijual saat ini dengan para kompetitor. YZF-R25 dengan jantung mekanis dua silinder, bisa mengeluarkan torsi 23,6 Nm pada 10.000 rpm dan tenaga 35,5 hp pada 12.000 rpm.

Performa R25 sungguh kalah jauh dari CBR250RR SP dan Ninja 250, terutama untuk tenaga. Tidak percaya? Coba cek kemampuan mesin Honda CBR250RR SP yang mampu menggelontorkan torsi 25 Nm pada 11.000 rpm dan tenaga 40,2 hp pada 13.000 rpm. Sementara untuk Kawasaki Ninja 250 bisa memuntahkan torsi 23,5 Nm pada 10.000 rpm dan tenaga 38.2 hp pada 12.500 rpm.

Setidaknya prediksi Yamaha R25 V3 untuk mesin, harus punya tenaga buas yang bahkan mampu melebihi Honda CBR250RR SP dan Kawasaki Ninja 250. 

Rumor Yamaha R25M dengan Mesin Empat Silinder

mesin empat silinder 250 cc
Yamaha R25M kemungkinan bakal pakai mesin empat silinder untuk menghadang kemunculan Ninja ZX-25R

Di samping siap mengembangkan Yamaha R25 V3, pabrikan Garpu Tala disebut-sebut merencanakan kemunculan Yamaha YZF-R25M. Penambahan huruf M di belakang namanya,ternyata bukan tanpa alasan. Rumor yang beredar, R25M bakal menggunakan mesin empat silinder.

Isu ini menyeruak setelah kehadiran Kawasaki Ninja ZX-25R. Bila benar-benar pakai mesin empat silinder, tentu karakter Yamaha R25M dan R25 V3 bakal berbeda. Seperti yang kita ketahui bersama, mesin empat silinder sangat istimewa di putaran mesin atas. Kemudian suara jantung mekansinya juga sangat istimewa.

Bagaimana dengan performa mesinnya? Pasti tenaga Yamaha R25M bakal sangat mantap. Sebagai patokan, kalian bisa cek performa mesin ZX-25R. Motor Kawasaki ini memiliki torsi puncak 22,9 Nm pada 14.500 rpm dan tenaga 51 PS pada 15.500 rpm. Harusnya kompetensi mesin Yamaha R25M tidak beda jauh dari ZX-25R. 

Baca juga  Rekomendasi Motor 2 Silinder Murah untuk Harian

Sebenarnya bukan cuma Yamaha saja yang diisukan menyiapkan motor 250 cc empat silinder. Honda pun dikabarkan tidak tinggal diam. pabrikan berlogo sayap mengepak itu kemungkinan siap mewujudkan Honda CBR250RR-R dengan mesin empat silinder.

4. Rangka Deltabox?

prediksi yamaha r25 v3
Bagian belakang juga bakal mengalami revisi sehinga tampilannya semakin sportif

Selanjutnya mengenai prediksi Yamaha R25 V3, ada di rangka. Tidak salah kalau pabrikan garputala mulai memikirkan pakai deltabox.

Apalagi kalau melihat saudaranya sesama R-Series yang lebih dulu mengaplikasikan deltabox. Sebut saja R15, R6, dan R1.

Kelebihan dari rangka deltabox, menghadirkan kestabilan berkendara saat motor dipacu dalam kecepatan tinggi. Sementara rangka teralis punya bobot lebih ringan.

Meski begitu, buat pengendara harian sebenarnya ini tidak terlalu masalah. Cuma memang tampilan deltabox lebih gagah untuk motor full fairing.

5. Prediksi Peluncuran Yamaha R25 V3

alasan beli yamaha r25
Fitur di Yamaha R25 V2

Yamaha R25 V2 sebenarnya meluncur belum lama, usianya baru mau menginjak dua tahun. Jadi kemungkinan besar, prediksi peluncuran Yamaha R25 V3 tidak dalam waktu dekat.

Paling cepat mungkin pada akhir tahun depan. Bisa jadi kelahirannya bahkan mundur sampai 2022. Hal senada juga diungkapkan oleh blogger Jepang.

“Saya pribadi berpikir itu (Yamaha R25 V3) akan menjadi model 2021 yang diumumkan pada tahun 2021 atau model 2022,” seperti dituliskan Kojintekibikematome.blog.jp. Jadi, harap sabar ya!

Lalu bagaimana dengan Yamaha R25M, kemungkinan peluncuran versi empat silinder dari R25 ini juga masih jauh. Setidaknya model dua silindernya wajib keluar lebih dulu. Barulah yang empat silinder bakal menampakkan diri.

Kalau kamu tertarik memiliki Yamaha R25 dengan DP ringan dan berbagai promo menarik lain, cek Moladin.com

Comment

Leave a Reply

Terbaru