by

Panduan Modifikasi Agya, Ganti pelek Sudah Cukup?

Bicara mobil modifikasi memang tidak ada habisnya. Apalagi modifikasi Agya yang tetap bisa digunakan untuk harian. Penasaran? Simak dalam ulasannya berikut ini.

Setidaknya, untuk melakukan modifikasi, pemilik mobil harus mengetahui lebih dulu perihal tema apa mana yang akan dipilih. Bukan sembarangan mengaplikasikan part aftermarket saja, tetapi ada satu kesatuan bagian harus dipenuhi agar modifikasi Agya menjadi lebih maksimal.

Sebagai contoh, jika ingin membuat Toyota Agya modifikasi sport, maka mulai dari konsep hingga pengaplikasiannya harus sesuai dengan pakem atau batasan yang ada pada aliran tersebut. Jangan sampai, ingin melakukan modifikasi Agya sport, justru menggunakan velg dengan nuansa elegan.

“Masih banyak hal-hal kaya gitu yang salah paham. Artinya, mereka harus tahu dulu seperti apa modifikasi sport, modifikasi elegan, modifikasi chamber, dan lain sebagainya. Jadinya kan temanya sama secara keseluruhan,” jelas Ruby, modification enthusiast dari Jakarta ini.

Tapi, kebanyakan modifikasi Agya yang sering dipilih adalah yang minimalis. Seperti contohnya hanya melakukan modifikasi velg, atau beberapa peranti eksterior lainnya. Dalam hal ini, untuk modifikasi street racing, velg yang cocok buat Agya adalah yang memiliki profil palang lima seperti yang diluncurkan Volk Rays.

Dengan penggunaan velg bernuansa street racing, sering kali pengguaan komponen ini membuat pusing perihal mana yang cocok atau tidak. Namun, yang harus dipahami adalah ketika memilih aliran street racing atau gaya lainnya, modif velg Agya ring 15 akan sangat memberikan hasil yang maksimal.

Baca juga  Toyota Fortuner Facelift Meluncur 4 Juni 2020?

Pasalnya, untuk ukuran standarnya atau bawaan pabrik, Toyota Agya dibekali dengan ukuran velg ring 14 inci. Alhasil, jika melakukan modifikasi untuk penggunaan velg yang lebih lebar, ukuran 15 inci bisa diaplikasikan tanpa khawatir nyerot atau bertabrakan dengan fender.

Biaya Modifikasi Agya

Modifikasi Agya
Modifikasi Agya bisa menerapkan banyak gaya

Setelah menentukan tema yang akan dipilih, maka persiapan selanjutnya untuk merubah tampilan mobil ini adalah mempersiapkan dana. Sejatinya, untuk melakukan modifikasi tidak bisa dinilai berdasarkan berapa besar pengeluarannya.

Namun, penggunaan part yang maksimal serta tepat guna, akan meminimalisir pengeluaran dana untuk menekan budget. Biasanya, mengenai biaya modifikasi Toyota Agya yang dikeluarkan berkisar antara Rp 20 juta sampai Rp 100 juta dengan rombakan yang menyeluruh.

Di samping itu, biaya tersebut juga berlaku untuk beberapa jenis aliran. Pada dasarnya, modifikasi yang bisa diadopsikan pada Agya memang tidak terlalu banyak. Apalagi bicara modifikasi yang tetap bisa dipakai untuk harian.

Adapun contohnya adalah modifikasi Agya dengan rally look. Beberapa komponen yang sering dipasang dan menguatkan esensi rally look antara lain adalah penggantian velg, penambahan mud flap atau biasa disebut kepet, sampai penggunaan beberapa lampu tambahan yang begitu identik dengan nuansa rally jaman dulu.

Baca juga  Mitsubishi Pajero Sport Vs Toyota Fortuner, Mana Lebih Baik?

Mengenai penggunaan velg yang cocok buat Agya dengan gaya rally look adalah dengan menggunakan velg OZ Racing Compomotive. Modif velg Agya ring 15 juga berlaku pada pemilihan tema ini, karena ukuran yang biasa digunakan memang mengadopsi diameter 15 inci.

Untuk mengetahui berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk memboyong velg jenis ini, biasanya dijual dengan rentang harga mulai dari Rp 4 jutaan sampai Rp 26 jutaan untuk satu set. Harga yang harus ditebus ini tidak termasuk dengan ban yang harus menggunakan profil gravel.

Ragam Modifikasi Agya yang Sering Dipilih

Modifikasi Agya
Rally look sering kali jadi bahan inspirasi untuk modifikasi Toyota Agya

Dari beberapa aliran modifikasi yang sering diterapkan oleh pemiliknya untum Toyota Agya, memang seperti yang sudah disebutkan di atas seperti sport, street racing, sampai rally look, kerap menjadi pilihan pemilik. Selain dikarenakan eye catchy, pilihan modifikasi tersebut dipilih juga karena ketersediaan part yang melimpah di pasaran.

“Alasannya ya kalau untuk modifikasi street racing, pilihannya banyak. Komponen yang jual juga bisa didapat dengan mudah. Lain lagi rally look, memang kebanyakan part ini sama seperti yang dipakai pada mobil rally. Barangnya juga istilahnya masih gampang dicari,” tambah Ruby, menjelaskan.

Namun, dari modifikasi tersebut ada juga modifikasi yang sering dipakai adalah konsep minimalis. Dalam hal ini, konsep tersebut lebih bermain aman dalam artian tidak banyak penggunaan part tetapi memaksimalkan tampilan yang ada. Seperti halnya memberikan sentuhan poles cat, ruang mesin yang bersih, sampai penggunaan perintilan aksesoris lainnya yang simple.

Baca juga  Toyota Fortuner Legender Resmi Meluncur, Apa Istimewanya?

Untuk Toyota Agya modifikasi simple, selain meminimalisir penggunaan komponen yang berlebihan, juga bisa menghemat budget pengeluaran. Hal ini disebabkan tidak banyak perubahan yang dilakukan. Namun, untuk pemilihan modifikasi Agya dengan gaya tersebut juga harus dibarengi dengan tampilan mobil yang proper dan bersih untuk meningkatkan daya tarik.

Selain itu, dalam hal menghemat budget para pemilik mobil sering kali memberikan sentuhan lain seperti Toyota Agya modifikasi ceper yang akan memangkas pengeluaran. Jelas, untuk melakukan modifikasi tersebut, tidak banyak yang diperlukan, hanya bermain pada sektor suspensi sehingga mobil menjadi lebih ceper dan kadang dibuat camber agar menarik untuk dilirik.

Untuk penggunaan komponen terkait tema street racing, modifikasi Agya ini bisa menggunakan beberapa part seperti towing strap, velg dengan palang lima, penggunaan bonnet pin, sampai penggantian knalpot yang menghasilkan suara racing.

Nah, bagaimana pendapat kamu? Pilih modifikasi yang mana agar merepresentasikan diri kamu?

Untuk informasi otomotif terkini simak terus moladin.com

Terbaru