oleh

Recall Toyota Terkait Airbag Kembali Dilakukan

Belum lama ini mobil Toyota di Indonesia terpaksa ditarik kembali karena ada masalah pada komponen motor fuel pump. Tidak berhenti sampai di situ, recall Toyota terkait airbag juga diberlakukan di India untuk model Urban Cruise dengan melibatkan sebanyak 9.498 unit.

Kabar ini dilaporkan melalui laman Gaadiwaadi, yang menjelaskan terkait ada yang tidak beres pada sistem airbang tersebut. Mereka menjelaskan bahwa airbag yang bermasalah berada pada sisi kemudi, di mana tidak mengembang sehingga dikhawatirkan memberikan dampak serius kepada pengemudi.

Recall Toyota terkait airbag ini sama seperti yang pernah melanda pabrikan mobil Honda. Saat itu, recall tersebut disebabkan ada komponen dalam airbag yang tidak mengembang setelah berbenturan. Namun pada recall kali ini Toyota belum membuka suara terkait perihal tersebut.

Mengenai produksi yang terdampak untuk direcall adalah model Toyota Urban Cruise yang diproduksi antara 28 Juli 2020 sampai 11 Februari 2021.

Toyota Urban Cruise yang disinyalir terdampak adalah model yang dirakit di pabrik Toyota di India. Fasiliitas produksi tersebut menjadi satu dengan milik Suzuki Maruti India Limited (MSIL). Secara dasarnya, Toyota Urban Cruise ini adalah model yang direbadge dari Suzuki Vitara Brezza.

Baca juga  Kia Sonet Masuk Indonesia, Harga Rp 200 Jutaan?

Menariknya, meski dibangun di pabrik yang sama, namun untuk produk saudara kembarnya, Suzuki Vitara Brezza, tidak ditemukan masalah cacat produksi pada sistem airbag. Recall Toyota terkait airbag sudah mulai diberlakukan dan memanggil konsumen untuk melakukan pengecekan.

Jika pada inspeksi recall Toyota terkait airbag benar ada masalah, maka prinsipal akan melakukan penggantian secara cuma-cuma kepada pelanggan. Hal ini sebagai langkah antisipasi terkait keselamatan berkendara kepada konsumennya.

Spesifikasi Toyota Urban Cruise yang Kena Recall

Recall Toyota terkait Airbag
Spesifikasi Toyota Urban Cruise

Recall Toyota atas Toyota Urban Cruise dikarenakan masalah airbag. Persoalan serupa juga pernah terjadi di Indonesia tepatnya pada 2018. Total ada 24.662 unit mobil yang terkena mulai dari Alphard, Corolla, Fortuner, Kijang Innova, hingga Hilux.

Kemudian pada 2019 juga terjadi recall Toyota untuk Toyota Rush dengan jumlah lebih dari 60.000 unit. Lalu kembali lagi soal recall yang terjadi di India. Persoalan ini terjadi di Toyota Urban Cruise yang merupakan kembaran dari Suzuki Vitara Brezza.

Baik Suzuki Vitara Brezza dan Toyota Urban Cruise mengusung mesin yang sama. Berbekal jantung mekanis berkubikasi 1.5 liter, kedua model ini mampu memproduksi tenaga sebesar 105 hp dan torsi maksimum sebesar 138 Nm. Dari tenaga terebut, pabrikan juga sudah membekalinya dengan sistem transmisi manual lima speed dan automatic empat speed.

Baca juga  Bocor Sosok MG HS i-Smart, Secanggih Wuling Almaz RS?

Secara tampilan, Toyota Urban Cruise ini hadir dengan desain yang mirip dengan Toyota Fortuner berkat pengadopsian aksen krom silver yang diletakkan di dekat headlight. Di samping itu, untuk sistem penerangannya sudah mengadopsi LED sehingga pencahayaannya lebih baik.

Beberapa fitur keselamatan yang sudah dibenamkan, berdasarkan informasi dari prinsipal adalah sistem pengereman ABS, EBD, pengingat sabuk pengaman depan, sensor parkir belakang, serta disediakan kamera parkir di bagian belakang.

Untuk informasi otomotif terkini simak terus moladin.com

Terbaru