Thursday, October 6, 2022

Rekomendasi Ban Eco Terbaik, Harga Murah dan Hemat BBM Mobil!

by Tigor Sihombing

Berikut Moladin sampaikan deretan rekomendasi ban Eco terbaik yang harganya murah dan bisa bikin BBM mobil lebih hemat. Seperti yang kita ketahui ban Eco saat ini tersedia banyak ragamnya di pasaran.

Jenis ban ini populer dan diminati lantaran harganya yang rata-rata lebih terjangkau. Maka tidak heran jika ban Eco banyak digunakan mobil-mobil kelas menengah baik untuk LSUV, LMPV kisaran harga Rp 200 jutaan. Untuk harga ban Eco di pasaran mulai dari harga Rp 500 ribuan hingga 1 jutaan.

Ban Eco sendiri berasal dari akronim ekonomis, yang berarti hemat atau juga bisa berarti Eco green memiliki makna ramah lingkungan. Namun pada mobil kata Eco yang dimaksud adalah mampu menekan penggunaan BBM alias mampu membuat berkendara lebih hemar bahan bakar.

“Karena ban mobil Eco umumnya dirancang dengan meminimalisisr rolling resistance (tahanan laju). Sehingga membuat mobil mudah melaju tanpa harus menggunakan tenaga mesin berlebihan, dan minim hambatan,” kata Ahmad Sobirin, pedagang ban di bilangan Matraman Jakarta Timur.

Rolling resistance ini bisa ditimbulkan oleh jalan atau permukaan terhadap ban kendaraan untuk menahannya dari menggelinding. Hal tersebut muncul saat ada gesekan ban dengan permukaan jalan.

“Jika hambatan gulir rendah, ban akan lebih mudah meluncur di jalan. Sebaliknya jika rolling resistance tinggi, ban lebih sulit digerakkan di permukaan jalan,” tambahnya.

Baca juga  6 Cara Ganti Ban Mobil untuk Pemula, Pasti Bisa!

Kemudahan ban meluncur di jalan, berpengaruh terhadap kinerja mesin. Kalau ban mudah dibawa melaju, mesin tidak perlu bekerja keras. Dengan demikian, pengiritan BBM akan terjadi.

Jika hambatan gulirnya tinggi, ban lebih susah melaju. Akibatnya mesin harus bekerja ekstra, sehingga memerlukan bahan bakar lebih banyak. Itulah yang membuat konsumsi BBM malah meningkat.

Selain itu, label Eco pada ban juga merepresentasikan pembuatan ban yang lebih ramah lingkungan. Bridgestone menyebut pembuatan ban mobil Eco harus memenuhi kriteria seperti tidak menimbulkan pencemaran, tidak mengandung bahan fosil, jika di-recycle tidak menimbulkan polusi yang besar, tidak terbuat dari karet sintetis, dan ketika bergesekan dengan jalan tidak menimbulkan polusi.

Langsung saja berikut rekomendasi ban Eco terbaik yang harganya murah dan bisa bikin mobil hemat BBM:

1. GT Radial Champiro Ecotec

Ban Eco Terbaik

Meskipun Champiro Ecotec mempunyai hambatan gulir rendah dan dapat membantu menghemat bahan bakar, namun ban ini diklaim tetap mampu menghasilkan stabilitas mengemudi yang baik, daya cengkram dan pengereman yang optimal.

Ban Eco terbaik di pasaran yang pertama adalah GT Radial Champiro Ecotec. Ban buatan PT Gajah Tunggal Tbk ini didesain dengan teknologi Advanced Nano Compound terbaru yang diklaim dapat lebih memudahkan ban bergulir sehingga konsumsi bahan bakar lebih efisien.

Baca juga  Goodyear Bikin Ban Mobil Listrik, Ini Spesifikasinya

Keunggulan lain dari Champiro Ecotec ini adalah dari segi konstruksi desain terbaru yang diklaim mampu meningkatkan kenyamanan berkendara, memperbaiki kinerja ban dengan optimal untuk keamanan berkendara, dan juga disaat yang bersamaan dapat mengurangi getaran serta kebisingan.

Meskipun Champiro Ecotec mempunyai hambatan gulir rendah dan dapat membantu menghemat bahan bakar, namun ban ini diklaim tetap mampu menghasilkan stabilitas mengemudi yang baik, daya cengkram dan pengereman yang optimal.

GT Radial Champiro Ecotec hadir dalam 29 ukuran mulai dari velg 13 inci hingga 17 inci dan di peruntukkan untuk berbagai jenis mobil penumpang.

Menariknya, GT Radial Champiro Ecotec ini dipercaya menjadi ban OEM dari mobil terbaru dari APM Toyota & Daihatsu, yaitu Toyota Raize dan juga Daihatsu Rocky.

Ban GT Radial Champiro Ecotec dibandrol dipasarkan dengan harga mulai Rp 400 – 1 jutaan ribuan.

2. Accelera Eco Plush

ban Eco terbaik

Accelera Eco Plush tersedia dalam berbagai ukuran. Dan dipasarkan mulai harga Rp 400 – 600 ribuan.

Ban yang satu ini tidak hanya ramah lingkungan, tapi juga bisa membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih irit dan menekan kadar CO2. Adalah Accelera Eco Plus yang diklaim memiliki rolling resistance ban yang rendah membuat kinerja mesin jadi lebih ringan, otomatis membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih minim dan bisa mereduksi kadar CO2. Karena kemampuan bergulirnya lebih jauh.

Baca juga  5 Penyebab Setir Mobil Berat, Jangan Anggap Enteng!

Bukan hanya harus memiliki rolling resistance yang rendah, ban tersebut juga diklaim pabrikan memiliki wet grip yang baik dan road noisenya rendah. Sebagai ban yang telah memenuhi syarat Eco, Accelera Eco Plush juga sudah menggunakan bahan baku yang ramah lingkungan. 

Accelera Eco Plush tersedia dalam berbagai ukuran. Dan dipasarkan mulai harga Rp 400 – 600 ribuan.

3.Dunlop Enasave EC300+ 

ban eco terbaik

Ban Dunlop Enasave EC300+ saat ini hadir dari berbagai ukuran untuk merek kendaraan seperti Toyota All New Kijang Innova, Sienta, Toyota Grand New Veloz, Toyota Grand New Avanza. Honda BR-V, Honda New Mobilio dan Daihatsu Great New Xenia.

Ban Eco terbaik berikutnya adalah Dunlop Enasave EC300+ (Plus). Ban mobil ramah lingkungan ini dikembangkan dengan teknologi untuk meningkatkan kenyamanan tapi tetap mampu menghemat bahan bakar.

Untuk kenyamanan, Dunlop Enasave EC300+ dirancang memiliki desain asimetris yang diklaim mampu mengurangi kebisingan ban di dalam kabin, serta desain profil telapak yang membulat mampu menyerap daya kejut permukaan jalan lebih baik.

Sementara dari usia pakai, lewat optimalisasi kontak telapak dan tekanan kontak, membuat Dunlop Enasave EC300+ mampu meningkatkan daya tahan ban terhadap tingat keausan sehingga usia pakai bertambah sebanyak 10 persen dibanding model sebelumnya.

Ban Dunlop Enasave EC300+ saat ini hadir dari berbagai ukuran untuk merek kendaraan seperti Toyota All New Kijang Innova, Sienta, Toyota Grand New Veloz, Toyota Grand New Avanza. Honda BR-V, Honda New Mobilio dan Daihatsu Great New Xenia.

Dunlop Enasave EC300+ dipasarkan dengan harga kisaran Rp 400 – 700 ribuan.

Demikian ulasan terkait ban Eco terbaik. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomtotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika