Sabtu, Juni 15, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

6 Rekomendasi Lampu LED Mobil Terbaik, Versi Aftermarket!

by Firdaus Ali
Rekomendasi lampu LED mobil terbaik

Berikut akan kami informasikan beberapa rekomendasi lampu LED mobil terbaik yang beredar di pasaran. Mulai dari Autovision, Philips, Osram, hingga Signature Vision. Menariknya, dari deretan lampu LED tersebut, ada lampu LED mobil yang tembus hujan.

Sebagaimana kita ketahui, saat ini penggunaan lampu LED pada mobil sudah semakin populer. Sebelumnya, mobil-mobil mengadopsi lampu bohlam halogen.

Namun begitu, seiring dengan kemajuan teknologi saat ini banyak produsen yang beralih menggunakan lampu LED sebagai lampu utamanya (headlamp). Bahkan sudah banyak produsen mobil yang menyematkan lampu LED ini pada bagian lampu rem dan lampu sein.

Sebagai catatan, saat berencana untuk membeli lampu LED mobil paling terang, hal yang perlu diperhatikan adalah memeriksa satuan ukur lumen untuk mengetahui tingkat kecerahan yang dihasilkan. Lumen sendiri adalah satuan pengukuran untuk jumlah cahaya yang dapat dihasilkan oleh sebuah sumber cahaya seperti lampu.

Sedangkan warna yang dihasilkan dari LED akan ditentukan dari suhu warna yang dihasilkan oleh lampu tersebut dengan satuan kelvin. Berikut beberapa rekomendasi lampu LED mobil terbaik yang kami dapatkan dari berbagai platform toko online.

1. Autovision LED LX8

Rekomendasi lampu LED mobil terbaik

Autovision LED LX8

Rekomendasi lampu LED mobil terbaik yang pertama adalah Autovision LED LX8 yang dibanderol kisaran Rp 1 juta sampai Rp 2 jutaan. Di atas kertas, lampu LED mobil ini mampu menghasilkan cahaya yang terang hingga mencapai 4.000 lumen dengan temperatur warna mencapai 6500 kelvin. Sedangkan untuk daya dan voltasenya hanya menggunakan 12-24 volt 25 watt.

Baca juga  Penyebab Lampu Mobil Mati dan Biaya Perbaikannya

Menariknya, desain lampu ini juga sudah dilengkapi casing kedap air dan anti panas serta kipas pendingin sehingga bisa lebih awet. Pihak produsennya sendiri sudah mengklaim bahwa masa penggunaan Autovision LED LX8 dapat bertahan hingga mencapai 30.000 jam.

2. Philips X-treme Ultinon LED (H4)

rekomendasi lampu led mobil terbaik

Philips X-treme Ultinon LED (H4)

Rekomendasi lampu LED mobil terbaik selanjutnya adalah Philips X-treme Ultinon LED (H4) yang dijual kisaran Rp 2,9 jutaan. Philips X-treme Ultinon LED (H4) menggunakan daya voltase rendah yaitu 12 volt dan dapat digunakan untuk semua jenis mobil mulai dari mobil MPV seperti Toyota Avanza, city car, hingga SUV.

Menariknya, lampu LED  Philips X-treme Ultinon LED (H4) ini memiliki dua fungsi utama yaitu sebagai lampu sorot dan juga lampu tembak atau high-beam. Untuk tingkat intensitas cahaya sendiri dapat dikatakan cukup tajam dan terang mencapai 1000/1350 lumen dengan temperatur warna 6.000 kelvin. Dengan demikian, lampu LED dari Philips ini mampu mengeluarkan warna putih yang terang dan tembus hujan.

Baca juga  Cara Atur Ketinggian Lampu Mobil, Penting!

3. Signature Vision LED E4

rekomendasi lampu led mobil terbaik

Signature Vision LED E4

Selanjutnya, rekomendasi lampu LED mobil terbaik ada Signature Vision LED E4 yang dijual kisaran Rp 2,1 jutaan. Kelebihan dari lampu LED ini adalah menggunakan chip GX-4 dan CREE USA, sehingga mampu menghasilkan cahaya yang sangat terang.

Selain itu cahaya yang dikeluarkan bisa fokus dengan intensitas mencapai 20.000 lumen dan suhu warna mencapai 6000 kelvin. Meskipun sangat terang, pola cahaya yang dikeluarkan oleh Signature Vision LED E4 ini persis seperti lampu halogen sehingga tidak akan menyilaukan pengendara mobil lain yang berada di arah berlawanan.

4. Osram LEDriving (H4)

rekomendasi lampu led mobil terbaik

Osram LEDriving (H4)

Rekomendasi lampu LED mobil terbaik berikutnya ada Osram LEDriving (H4) yang dijual kisaran Rp 1,2 jutaan. Lampu LED ini memiliki 3.000 lumen yang dipadankan dengan temperatur warna hingga 6.000 kelvin sehingga warna yang dihasilkan lebih putih dan terang.

Konsumsi listrik yang digunakan juga tidak terlalu besar, yaitu 12-24 Volt dan 14 watt. Lampu LED ini bisa digunakan sebagai lampu jauh maupun dekat. Selain itu, penggunaan yang wajar umurnya dapat mencapai 5 tahun.

5. Hikari Cree XHP50

rekomendasi lampu led mobil terbaik

Hikari Cree XHP50

Hikari Cree XHP50 juga menjadi salah satu rekomendasi lampu LED mobil terbaik. Adapun untuk harganya dibanderol kisaran Rp 600 ribuan.

Baca juga  Arti Lumens dan Kelvin di Lampu LED Mobil, Wajib Tahu!

Lampu LED mobil ini dapat menghasilkan cahaya dengan intensitas 9600 lumen dengan suhu warna 6000 kelvin. Dengan spesifikasi tersebut, lampu LED ini dapat memberikan visibilitas yang baik ketika berkendara di malam hari bahkan dengan tingkat pencahayaan yang rendah.

Menariknya, meskipun dapat menghasilkan cahaya yang terang namun cahaya tidak akan menyilaukan pengguna jalan yang lain.

6. Hypersonic LED H11

rekomendasi lampu led mobil terbaik

Hypersonic LED H11

Hypersonic LED H11 merupakan salah satu rekomedasi lampu LED mobil terbaik dengan harga yang terjangkau, yaitu kisaran Rp 300 ribuan. Meski harga yang tergolong murah, lampu LED ini dapat menghasilkan intensitas cahaya yang cukup terang.

Voltase daya yang dibutuhkan oleh Hypersonic LED H11 hanya 12 volt dan 55 watt sehingga cocok untuk digunakan mobil tua yang ingin beralih menggunakan lampu LED. Adapun suhu warna cahayanya adalah 4.800 kelvin dengan sorot cahaya putih kebiruan dan 2.800 kelvin dengan sorot cahaya kuning. Sayangnya, lampu LED merk Hypersonic H11 ini tidak memiliki daya tahan yang kuat terhadap air.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika