by

5 Rekomendasi Merek Busi Mobil Terbaik, Pilih Mana?

Ada beberapa rekomendasi merek busi mobil terbaik. Dalam hal memilihnya tentu saja harus menyesuaikan dengan karakteristik mesin mobil dan kebutuhannya.

Busi merupakan suatu komponen penting dalam kinerja sebuah mesin mobil. Tugasnya adalah untuk mengubah energi listrik tegangan tinggi, dari ignition coil menjadi percikan api. Karenanya memilih merek busi terbaik dan tahan lama tentu penting agar kinerja mesin menjadi optimal.

Selain itu, fungsi lain dari busi adalah sebagai cadangan listrik pengganti aki, sebagai pembakar bensin, sebagai penghasil listrik pada mobil, membuat mesin mobil menjadi lebih stabil, serta untuk menyalakan mobil agar bisa digunakan.

Sebelum membahas mengenai rekomendasi merek busi mobil terbaik, ada baiknya mengetahui jenis busi yang berbeda karakternya berdasarkan heat resistance, yaitu busi panas dan busi dingin.

Busi berdasarkan heat resistance

  • Busi panas

rekomendasi merek busi mobil terbaik

Busi panas memiliki suhu yang relatif lebih panas ketika bekerja. Selain itu Busi panas memiliki daya hantar panas lebih kecil jika dibandingkan dengan busi dingin.

Hal tersebut agar proses pembakaran mesin selalu terjaga. Di samping itu, busi panas juga memiliki ciri isolator yang berbentuk keramik dalam jumlah banyak. Oh ya, isolator tersebut berguna untuk membuat panas dari elektroda tidak langsung dihantarkan ke blok mesin.

Baca juga  NGK Rilis Busi LKAR6AGP, Untuk 'Mobil Sejuta Umat'

“Busi panas lebih cocok untuk mesin mobil yang digunakan sehari-hari, karena dapat membuat proses pembakaran pada mesin menjadi lebih maksimal. Sebab, busi panas akan menjaga suhu kerja mesin agar ideal,” ungkap Tony, salah satu pemilik toko sparepart mobil di bilangan Blok M. (9/10/2021).

Sebagai informasi, busi platinum mempunyai mekanisme dalam akselerasi mesinnya naik turun atau tidak stabil. Material platinum ini sendiri berbentuk logam putih dengan tekstur padat.

Busi dengan bahan platinum mampu menahan panas hingga 21% dan umurnya lebih lama jika digunakan dengan sesuai. Sebab daya tahan material yang digunakan tahan terhadap korosi dan suhu panas.

Selain itu, kelebihan lain busi platinum yaitu dapat mencegah proses karbon, sehingga kinerja semua komponen mesin kendaraan bisa optimal.

  • Busi dingin

Busi dingin mempunyai karakter lebih mudah melepaskan panas dibandingkan busi panas. Hal tersebut bisa dilihat secara kasat mata dari jumlah insolator keramik yang lebih sedikit dibandingkan busi panas, sehingga penyaluran panas ke blok mesin lebih baik.

Beberapa orang lebih mengenal busi dingin dengan nama busi racing. Bukan tanpa alasan, busi dingin mampu bertahan di dalam kinerja yang ekstrim atau mobil dengan kompresi tinggi.

Baca juga  5 Tanda Busi Mobil Harus Ganti, Jangan Sepelekan!

“Beberapa merek mempunyai dua pilihan jenis busi, baik busi dingin atau busi panas. Umumnya dibedakan dari bentuknya, sekilas memang sama namun berbeda. kalo busi panas insolatornya lebih banyak, busi dingin lebih sedikit. Umumnya busi panas merupakan jenis busi platinum, ” terang Tony.

Lalu yang masuk ke busi dingin adalah busi iridium. Kemampuan akselerasinya lebih agresif dibandingkan busi panas. Bentuk ujung elektroda pada busi ini meruncing, bertujuan agar percikan api yang dihasilkan bisa merata.

Pilihan merek busi mobil terbaik

1. Autolite APP104 double platinum

rekomendasi merek busi mobil terbaik

Rekomendasi Merek Busi Mobil Terbaik yang pertama adalah APP104 double platinum. Merk busi mobil yang satu ini patut untuk diperhitungkan, karena memiliki kemampuan dalam menahan pengoperasian mesin yang lebih panjang dan lama.

2. Denso PK20TT platinum TT spark plug

rekomendasi merek busi mobil terbaik

Rekomendasi Merek Busi Mobil Terbaik selanjutnya adalah Denso PK20TT platinum TT spark plug.

Busi mobil Denso PK20TT platinum TT spark plug dirancang dengan twin tipplatinum 11 mm pusat elektroda dan 11 mm titanium, ditingkatkan ground elektroda mampu meningkatkan efisiensi percikan api yang ditimbulkan.

Hasilnya busi akan memiliki start-up yang lebih cepat, akselerasi, serta peningkatan ekonomi bahan bakar.

Baca juga  Mengenal Kelebihan Busi Iridium dan Cara Merawatnya

3. ACDelco 41-993 Professional Iridium Spark Plug

rekomendasi merek busi mobil terbaik

ACDelco 41-993 Professional Iridium Spark Plug dirancang khusus agar mampu bertahan lebih lama dari inti tembaga biasa, serta beberapa busi berlapis platinum.

Bukan tanpa alasan, busi yang satu ini menggunakan jenis material iridium, yang membuat membuat mesin idling menjadi lebih stabil, akselerasi menjadi lebih mulus, serta usia pemakaian yang jauh lebih lama.

4. Autolite APP104 Double Platinum

rekomendasi merek busi mobil terbaik
SONY DSC

Daya tahan dari busi Autolite APP104 Double Platinum terus meningkat secara drastis. Dengan catatan, platinum harus penuh terletak pada pusat konduktor lengkungan elektroda samping.

Selain itu juga menembak lebih bersih dan lebih cepat, lebih sedikit menggunakan tegangan untuk start-up, penggunaan bahan bakar yang lebih baik, serta akselerasi menjadi lebih cepat.

5. Bosch FGR8DQI Platinum IR Fusion

Rekomendasi Merek Busi Mobil Terbaik selanjutnya adalah Bosch FGR8DQI Platinum IR Fusion. Busi ini mempunyai elektroda pusat iridium dan platinum infused yang dapat menciptakan konduktor yang sangat baik, untuk percikan yang lebih cepat dan kinerja yang semakin baik.

Moladiners, itulah ulasan mengenai rekomendasi merek busi mobil terbaik. Tertarik yang mana?

Untuk informasi otomotif menarik lainnya simak terus Moladin.com.

Terbaru