oleh

7 Rekomendasi Mobil Dengan Mesin Boxer, Pilih Mana?

Meski jarang, sampai saat ini nyatanya masih ada mobil dengan mesin boxer. Yup, mesin yang dikenal juga dengan istilah flat engine ini masih dapat ditemui pada merek mobil Porsche, Subaru dan Toyota.

Sedikit mengulas mengenai mesin boxer. Mesin boxer (flat engine) pertama kali ditemukan oleh salah satu insinyur kenamaan asal Jerman yaitu Karl Benz pada tahun 1896. Kata ‘boxer’ sendiri lahir muncul dari pergerakan piston yang menyerupai gerakan petinju yang sedang memukul lawannya.

Flat Engine berbeda dari mesin V-Twin yang memiliki posisi silinder saling berseberangan dengan posisi sama-sama berdiri dan seolah membentuk konfigurasi V, mesin boxer menampilkan posisi piston berseberangan dengan posisi horizontal atau sama-sama rebahan.

Beberapa tahun setelah penemuan mesin boxer oleh Karl Benz. Ferdinand Porsche dan Erwin Komenda mendapat mandat dari Adolf Hitler untuk membuat mobil rakyat. Alhasil Ferdinand Porsche mengadopsi mesin boxer tersebut pada Volkswagen Beetle.

Sebagai informasi, peluncuran Volkswagen Beetle sendiri dilakukan pada April tahun 1938 yang sekaligus juga menjadi kado ulang tahun Adolf Hitler ke 49 tahun. Selang beberapa waktu, Ferdinand Porsche kembali menggunakan mesin boxer untuk mobil Porsce 365.

Singkat cerita, mesin boxer kini bukan hanya digunakan oleh Volkswagen dan Porsche. Namun juga merambah ke pabrikan otomotif di Jepang yaitu Subaru dan Toyota. Bahkan, di era kendaraan elektrifikasi seperti sekarang ini, mesin boxer masih terus dikembangkan oleh Porsche, Subaru  dan Toyota.

Nah, mau tahu apa saja mobil dengan mesin boxer. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Toyota FT 86

mobil dengan mesin boxer
Toyota 86

Mobil dengan mesin boxer yang pertama adalah Toyota FT 86. Mobil ini menggunakan mesin berkode FA20 atau 4U-GSE yang memiliki ukuran bore dan stroke 86 mm x 86 mm dan berkapasitas 1.998 cc dengan menggunakan teknologi injeksi bahan bakar Toyota D-4S.

Di atas kertas, Toyota 86 mampu mengeluarkan daya maksimum sebesar 200 hp dan torsi puncak di 205 Nm. Menariknya, mobil ini pernah dipasarkan di Indonesia, terakhir mendapatkan facelift pada 2016 dan dijual hingga awal 2021.

Walau demikian, saat ini di laman resmi Toyota, FT 86 tertulis sold out. Dengan demikian, kalau kamu mau punya, harus beli versi bekasnya.

Kemudian Toyota juga punya GR 86. Yup, mobil ini merupakan pengembangan dari Toyota 86.

Di mana masih mengadopsi mesin boxer, namun kapasitasnya naik menjadi 2.387 cc serta bore dan stroke menjadi 94 mm x 86 mm. Sedangkan kompresi mesin, Toyota GR 86 masih sama dengan Toyota 86 yaitu 12,5:1.

Soal tenaga dan torsi, mesin Toyota GR 86 jelas lebih istimewa. Toyota GR 86 bisa menghasilkan tenaga 235 hp di putaran 7.000 rpm dan torsi 250 Nm di putaran 3.700 rpm.

2. Subaru Forester

subaru forester
Subaru Forester pakai mesin boxer 2.0 liter untuk pasar Indonesia

Rekomendasi mobil dengan mesin boxer lain yang dijual di Indonesia adalah Subaru Forester. SUV ini pakai kubikasi 2.000 cc dan meluncur pada 18 Juni 2022.

Kelebihan dari mobil-mobil Subaru, bukan cuma mesin boxer. Forester juga memiliki penggerak all wheel drive. Ada pula fitur keselamatan eyesight.

3. Subaru BRZ

mobil dengan mesin boxer
Subaru BRZ

Masih dari pabrikan otomotif asal jepang. Kali ini mobil dengan mesin boxer adalah Subaru BRZ.

Subaru BRZ mengusung mesin boxer 2.4 liter direct injection. Di atas kertas mobil sedan dua pintu ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 228 hp dan torsi puncak di angka 250 Nm.

Output mesin ini dikirim ke roda belakang melalui transmisi manual 6-percepatan dan transmisi otomatis 6-percepatan. Tenaga dan torsi tersbut diklaim oleh Subaru lebih unggul dari Mini Cooper S, Mazda Miata dan Honda Civic Sport.

4. Subaru WRX

mobil dengan mesin boxer
Subaru WRX

Mobil dengan mesin boxer berikutnya adalah Subaru WRX. Mobil sedan dengan desain sporty ini menggunakan mesin boxer 2.4 liter turbocharged.

Hasilnya, Subaru WRX diklaim mampu mengeluaran tenaga maksimum sebesar 271 hp serta torsi puncak di angka 349 Nm pada putaran mesin 2.000 – 5.200 rpm.

Menariknya, Subaru WRX jug dilengakapi dengan Teknologi EyeSight Driver Assist milik Subaru.

5. Subaru Impreza

mobil dengan mesin boxer
Subaru Impreza

Masih dari Subaru, mobil dengan mesin boxer selanjutnya adalah Subaru Impreza. Mobil ini menggunakan mesin boxer 2.0 liter dan tenaga maksimumnya diklaim mencapai 152 hp dan torsi puncak di 197 Nm.

Beberapa fitur modern sudah tersedia di mobil ini. Diantaranya adalah fitur Automatic Pre-Collision Braking dan Throttle Management, Lane Keep Assist, Lane Departure, dan Sway Warning, serta Lead Vehicle Start Alert.

6. Subaru Crosstrek (Subaru XV)

mobil dengan mesin boxer
Subaru Crosstrek (Subaru XV)

Subaru Crosstrek menggunakan mesin boxer 2.5 liter direct-injection yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 182 hp. Oh ya, Subaru Crosstrek ini sudah hadir di Malaysia dengan nama Subaru XV.

Mobil ini sudah dilengkapi dengan teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS). Dimana teknologi ini menaungi beberapa fitur keselamatan aktif seperti Adaptive cruise control with and stop & go, Pre-collision Braking, Pre-collision Throttle Management, Lead Vehicle Start Alert, Lane Sway Warning, Lane Departure Warning.

7. Porsche 718 Cayman GT4 RS

mobil dengan mesin boxer
Porsche Cayman GT4 RS

Mobil dengan mesin boxer selanjutnya dari daratan Eropa. Yup, mobil tersebut adalah Prosche 718 Cayman GT4 RS. Dimana Porsche 718 GT4 RS ini menggunakan mesin flat-six 4.0 liter.

Di atas kertas, mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimum 493 hp dan torsinya 449 Nm. Oh ya, mobil ini diklaim mampu sprint 0-60 mil/jam (100 km/jam) dalam waktu 3,2 detik.

Moldainers, itulah ulasan mengenai beberapa mobil dengan mesin boxer. Untuk merek Subaru dan Porsche, hampir mayoritas lini porduknya menggunakan mesin model boxer alias flat engine.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru