Rabu, Mei 29, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

10 Rekomendasi Mobil Rp 30 Jutaan, MPV Hingga Sedan

by Firdaus Ali
Mobil Rp 30 jutaan

Buat kamu yang ingin membeli mobil bekas tapi budgetnya tidak banyak, berikut kami sampaikan beberapa mobil Rp 30 jutaan yang masih layak beli. Memang dari sisi usia, pastinya mobil dengan banderol murah tersebut sudah di atas 20 tahun. Walau demikian, kalau dirawat, sangat mungkin untuk menjadi teman kegiatan sehari-hari.

Pilihan mobil dengan harga Rp 30 juta juga snagat beragam, ada mobil sedan, hatchback, serta MPV (Multi Purpose Vehicle). Meski tua, tidak semua mobil dengan rentang banderl segitu kondisinya buruk. Jika beruntung kamu bisa mendapatkan mobil bekas yang kondisinya masih oke, bahkan ada beberapa dengan kilometer rendah.

“Masih ada mobil Rp 30 jutaan di pasaran mobil bekas. Salah satunya yang banyak dicari Toyota Starlet kotak. Karena mobil tersebut masih enak dilihat, perawatan murah dan mudah serta irit BBM,” ungkap Bobby, salah satu pemilik diler mobil bekas di Cirendeu (11/10/2022).

Di samping Toyota Startlet, pilihannya ada pula Daihatsu Espass untuk berjenis MPV. Kemudian kalau mau dapat sedan, bisa cek Mitsubishi Lancer SL, Honda Accord Executive, dan Toyota Corolla DX.

Nah, biar tidak penasaran lagi, mari kita simak ulasan lengkap 10 rekomendasi mobil Rp 30 jutaan berikut ini:

1. Toyota Starlet Kotak (Rp 31 jutaan)

Mobil Rp 30 jutaan

Starlet kotak

Rekomendasi mobil Rp 30 jutaan yang pertama akan dibahas adalah Toyota Starlet EP70 atau lebih mashur dengan sebutan Starlet kotak. Mobil ini hadir sebagai generasi pertama untuk pasar Indonesia.

Disebut Starlet kotak karena bentuknya yang mengkotak. Fitur Toyota Starlet EP70 terbilang sederhana. Mulai dari masih menggunakan engkol untuk membuka kaca jendela hingga setir yang belum power steering. Untuk pengapiannya sendiri masih mengandalkan platina.

Salah satu yang menarik dari Starlet Kotak ini mesinnya irit dengan dua opsi: 1.000 cc dan 1.300 cc. Jadi pas banget ketika harga BBM melambung tinggi seperti sekarang.

2. Toyota Corolla DX (Rp 37 jutaan)

Mobil Rp 30 jutaan

Corolla DX

Selanjutnya, mobil Rp 30 jutaan juga ada Toyota Corolla DX yang harganya berkisar di angka Rp 37 jutaan. Sama halnya dengan Starlet EP70, mobil dengan model sedan ini juga masih banyak peminatnya.

Toyota Corolla DX pertama kali mengaspal di Indonesia pada tahun 1980. Kehadirannya meneruskan kesuksesan dua sedan Corolla yang mendapat julukan Corbet (Corolla Betawi) dan Corvet (Corolla Veteran).

Baca juga  7 Tips Beli Toyota Avanza Bekas Berkualitas

Toyota Corolla DX punya tampilan eksterior yang kental dengan aura retro. Dimana desain grill yang minimalis dikombinasikan dengan lampu bulat (edisi pertama) dan lampu kotak (edisi facelift) serta bumper berbahan besi.

Menariknya, letak posisi spion berada di atas ban depan untuk menguatkan kesan retronya. Pun begitu juga dengan tampilan bagian belakangnya, mengusung desain dominasi kotak untuk menyelaraskan bentuk mobilnya.

Toyota Corolla DX mempunyai dimensi panjang 4.050 mm, lebar 1.610 mm, serta tinggi 1.385 mm. Sementara untuk wheelbasenya di angka 2.400 mm. Soal fitur, mobil ini hanya ada AC dan radio tape, belum ada power steering.

Corolla DX mengadopsi mesin  berkapasitas 1.300 cc berkode 4K dengan 8 klep serta noken-as tunggal alias SOHC. Di atas kertas mesinnya mampu menghasilkan 74 tenaga kuda serta torsi maksimum 105 Nm dengan suplai bahan bakar karburator.

3. Mitsubishi Lancer SL (Rp 34 Jutaan)

Mobil Rp 30 jutaan

Lancer SL

Mobil Rp 30 jutaan berikutnya adalah Mitsubishi Lancer SL yang merupakan saingan dari Corolla DX. Mobil dengan logo 3 berlian ini hadir peratama kali di Indonesia pada tahun 1981, hal itu ditandai dengan hadirnya seri 1400SL melalui Krama Yudha Tiga Berlian Motor (KTB).

Mitsubihsi Lancer SL mengadopsi mesin berkapasitas 1.400 cc dengan transmisi manual 5-percepatan. Untuk tenaga maksimumnya diklaim mencapai 79 hp dan torsi puncaknya 119 Nm.

Mengenai fitur, mobil sedan ini memang belum dilengkapi power steering, namun sudah ada pengaturan tilt pada setirnya. Kemudian sudah ada AC dan radio tape.

4. Honda Accord Executive (Rp 38 jutaan)

Mobil Rp 30 jutaan

Accord Executive

Mobil Rp 30 jutaan selanjutnya adalah Honda Accord Executive yang hadir di Indonesia pada tahun 1981. Selain Indonesia sedan ini juga dipasarkan di Amerika Serikat (AS).

Model ini memperoleh gearbox otomatis empat percepatan opsional pada 1983 dan mendapatkan mesin dengan perpindahan dari 1.751 cc ke 1.830 cc. Dimana mesin itu diklaim mampu menghasilkan tenaga 86 hp.

Accord Executive mempunyai tampilan lebih modern dibanding generasi sebelumnya ataupun mobil sedan dari Jepang yang hadir di Indonesia kala itu. Meski masih terlihat mengkotak, namun lekukan bodynya terlihat lebih luwes.

Soal fitur, mobil ini sudah dilengkapi power steering untuk lansiran 1983 ke atas. Kemudian ada AC dan radio tape.

Baca juga  Harga Suzuki SX-4 Bekas, SUV Mulai Rp 70 Jutaan!

5. Daihatsu Espass (Rp 38 jutaan)

Mobil Rp 30 jutaan

Daihatsu Espass

Nah, mobil Rp 30 jutaan kali ini adalah model MPV. Yup, mobil tersebut adalah Daihatsu Espass yang lahir di Indonesia pada tahun 1990.

Daihatsu Zebra mengusung mesin 1.300 cc dengan transmisi manual 5-percepatan. Untuk tenaga maksimumnya diklaim mencapai 76 hp dan torsi puncak 114 Nm.

Mobil MPV ini menarik, sebab pintu tengahnya sudah menggunakan model sliding door. Dimana kala itu para pesaingnya belum ada yang mengadopsinya.

Selain itu, Daihatsu Espass juga sudah mengusung fitur power steering, AC dan radio tape.

6. Hyundai Atoz (Rp 33 Jutaan)

Mobil Rp 30 jutaan

Hyundai Atoz

Mobil Rp 30 jutaan selanjutnya yang bisa dipinang adalah City Car asal Korea Selatan yaitu Hyundai Atoz. Saat pertama kali hadir di awal tahun 2000 an, Hyundai Atoz hadir untuk menantang brand asal Jepang Suzuki Karimun.

Soal performa mesin, Hyundai Atoz mengadopsi mesin 1.100 cc dan mampu me­ngeluarkan tenaga 64 hp. Dapur pacu Atoz telah mengadopsi teknologi multi valve dan pasokan bahan bakar injeksi elektronik. Atoz juga sudah dilengkapi fitur power steering, power window bagian depan dan audio kaset dan radio.

Soal dimensi, Atoz mempunyai panjang 3.495 mm, lebar 1.495 mm dan tinggi 1.580 mm. Dimensi yang mungil ini memungkinkan Hyundai Atoz mudah dikendarai dan lincah melaju di jalanan.

7. Toyota Kijang Super (Rp 37 jutaan)

Mobil Rp 30 jutaan

Kijang Super. Foto: Istimewa

Toyota Kijang Super merupakan salah satu mobil Rp 30 jutaan yang sampai saat ini masih punya penggemar. Alasannya jelas, durability mesin yang tangguh, kapasitas penumpang bisa 7 orang dan irit BBM.

Kijang Super merupakan generasi ketiga dari keluarganya. Pada generasi ini Toyota memperkenalkan terobosan terbaru dalam proses produksi, yaitu teknologi full pressed body yang dapat mengurangi 2–5 kg dempul per mobil.

Kijang Super hadir dalam dua versi yaitu sasis pendek (KF40) dan panjang (KF50). Fokus pemasaran dari Kijang Super ini juga mulai bergeser dari konsep niaga menjadi kendaraan keluarga.

8. Suzuki Futura (Rp 34 Jutaan)

Mobil Rp 30 jutaan

Suzuki Futura

Mobil Rp 30 jutaan berikutnya ada minibus Suzuki Futura. Mobil ini masih banyak diburu oleh konsumen karena daya tampungnya yang bisa memuat hingga 9 orang. Selain itu, mesin dan sparepartnya juga murah dan mudah ditemukan.

Baca juga  Review Ford Everest Gen 2, SUV Bandel yang Terjangkau

Mobil ini sudah dilengkapi dengan AC double blower dan dilengkapi radio tape. Tersedia dalam 2 varian yaitu DX dan GX. Soal mesin, mobil minibus ini menggunakan mesin 1.500 cc dengan transmisi manual.

9. Toyota Soluna (Rp 38 Jutaan)

Mobil Rp 30 jutaan

Toyota Soluna. Foto: Istimewa

Toyota Soluna juga bisa menjadi pilihan mobil Rp 30 jutaan. Mobil sedan ini mempunyai desain yang sederhana namun tidak membosankan.

Resmi hadir di Indonesia pada tahun 2000, Toyota Soluna saat itu dihadirkan untuk menantang Honda City dan Suzuki Baleno. Ada tiga varian Toyota Soluna yang ditawarkan, yaitu 1.5 XLi M/T sebagai tipe bawahnya, 1.5 Gli M/T, dan 1.5 Gli A/T.

Soal mesin, Solune menggunakan mesin berkode 5A-FE yang sebelumnya dipakai di Toyota Starlet, cuma kepala silindernya pakai punya Toyota Great Corolla yang sudah dibekali teknologi Twin-cam EFI. Ketangguhan mesinnya juga sudah teruji, yaitu digunakan untuk armada Taxi dari beberapa perusahaan transportasi.

10. Daihatsu Charade Classy (Rp 38 Jutaan)

Mobil Rp 30 jutaan

Daihatsu Charade Classy

Mobil Rp 30 jutaan selanjutnya ada Daihatsu Charade Classy. Mobil sedan ini beredar di Indonesia mulai tahun 1990 sampai 1997 dengan kode G102.

Charade Classy dikembangkan dengan basis Charade Hatchback, sehingga kedua mobil tersebut mempunyai desain yang tidak jauh berbeda. Pada bagian depan terdapat headlamp dengan penggunaan kaca buram yang membentuk trapezium dengan ujungnya sedikit agak membulat.

Daihatsu Charade Classy menggendong mesin berkode HC-C karburator dengan kapasitas 1.300 cc. Mesin tersebut sama dengan yang digunakan Daihatsu winner dan zebra. Dengan menggunakan mesin tersebut, di atas kertas dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 89 Hp pada 6.500 Rpm dan torsi puncak yang dihasilkan mencapai 105 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm.

Pada bagian kabin memang terlihat biasa saja, akan tetapi fitur yang ditawarkan cukup modern dan lengkap di zamannya. Fitur-fitur elektrik yang tersaji di dalamnya antara lain power window, electric mirror, serta power steering.

Moladiners, itulah bahasan mengenai mobil Rp 30 jutaan yang masih bisa dipakai untuk harian atau mengisi waktu libur. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika