by

Review Nissan Grand Livina L10 (2012-2013), Masih Mewah!

Review Nissan Grand Livina L10 bekas ini mungkin berguna untuk kamu kamu, terutama yang sedang berburu sebuah kendaraan Low Multi Purpose Vehicle (LMPV). Satu keputusan yang tepat, jika kamu memasukkan mobil tersebut dalam daftar incaran.

Sebagai sebuah LMPV, tentunya mobil Nissan Grand Livina memenuhi segala kriteria mobil keluarga idaman. Selain bisa memuat hingga 7 orang penumpang, Nissan Grand Livina juga tenar akan kenyamanannya.

Bantingan suspensinya empuk. Namun di sisi lain tetap stabil saat dikemudikan di jalan bebas hambatan, membuat penumpang betah berlama-lama di dalam kabin.

Kemudian untuk kamu yang tinggal diperkotaan dengan mobilitas padat, Nissan Grand Livina asik untuk dipakai harian dengan kapasitas bagasinya yang lumayan luas. Tentu tidak merepotkan jika diajak belanja bulanan.

Bicara mobil bekas, Nissan Grand Livina juga memiliki harga yang bersaing kompetitornya seperti Mobilio, Avanza- Xenia. Namun jika bicara interior, Nissan Grand Livina tentunya lebih mewah di banding rival-rivalnya tersebut. Selain itu jika tujuan kamu adalah memiliki mobil yang tidak pasaran, Nissan Grand Livina juga sudah memenuhi kriteria tersebut.

Saat ini kami akan review Nissan Grand Livina XV Ultimate yang meluncur pertama kali pada 2012. Mobil ini merupakan trim tertinggi. Secara fitur mobil ini terbilang lengkap, memiliki anti-lock braking system (ABS). Kemudian hadir dengan desain terbaru di zamannya.

Harganya juga sangat terjangkau. Grand Livina model ini dijual di bawah Rp 100 jutaa. Menarik bukan?

Agar tidak penasaran, yuk kita simak review Nissan Grand Livina L10 bekas varian XV Ultimate (2012-2013):

Baca juga  Nissan Tebar Promo Oktober 2021, Livina dan Kicks Diobral

Ekterior Elegan

Review Nissan Grand Livina L10
Model ini merupakan varian terakhir L10 sebelum Nissan merilis Livina L11 di tahun 2013.

Bicara eksterior, Nissan memang paling jago bikin mobil dengan desain yang timeless. Begitu pun yang terjadi pada Nissan Grand Livina XV Ultimate L10 ini.

Ohya yang kita review Nissan Grand Livina L10 model facelift yang dipasarkan 2012-2013. Adapun ubahannya meliputi pelek, grill, dan bumper depan yang semuanya berdesain baru.

Tampilannya begitu elegan dengan grille depan chrome garis-garis horizontal. Ada pula aksen chrome di rumah fog lamp. Kemudian spion pakai warna yang sama dengan bodi, hadir pula lampu sein di sana.

Bagian belakangnya sederhana dengan lampu rem dan sein kecil di kiri dan kanan bodi. Tidak terlalu banyak aksen, hanya wiper dan defogger.

Model ini bisa dibilang keluaran terakhir, sebelum Grand Livina kembali melakukan penyegaran yang cukup besar di tahun 2013. Bahkan hingga mengubah kode bodi jadi L11.

Mesin 1.500 cc yang Irit Konsumsi BBM

Review Nissan Grand Livina
Mesin Nissan Grand Livina XV Ultimate 2013

Nissan Grand Livina XV Ultimate ini menggunakan mesin berkapasitas 1.498 cc 4-silinder bertenaga maksimal 100 PS yang bekerja pada putaran mesin 6.000 rpm. Sedangkan torsi puncak data pabrikan mencatat 134 Nm pada 4.000 rpm.

Digabungkan dengan transmisi manual 5-percepatan. Ada pula pilihan transmisi otomatis konvensional 4-percepatan. Lalu untuk sistem penggerak pakai roda depan.

Beberapa hasil pengujian mencatat, Nissan Grand Livina 1.5 XV Ultimate ini konsumsi BBM dalam kotanya bisa mencapai 13,2 km/l. Sedangkan penggunaan tol kondisi lancar bisa mencapai 18,2 km/l.

Baca juga  Sejarah Honda Odyssey, Sudah 5 Generasi

Interior Mewah

nissan grand livina xv ultimate l10 2012 001
Ada panel kayu di setri, dashboard, panel pintu, dan transmisi

Selanjutnya adalah review Nissan Grand Livina L10 varian XV Ultimate 2013 ini lebih terlihat lebih mewah dibanding LMPV sekelasnya. Salah satu pembedanya adalah kemunculan panel kayu di pintu, dashboard, setir, hingga konsol tengah.

Pada varian Ultimate ini, interiornya bernuansa hitam dengan jok yang dilapis bahan semikulit. Kemudian yang juga menarik, bagian headrest belakang baris pertama sudah dilengkapi dengan monitor. Alhasil penumpang di jok baris kedua bisa menikmati film yang diputar lewat DVD.

Untuk audio, varian Ultimate juga sudah dilengkapi dengan head unit 2-DIN yang dapat memutar lagu lewat CD player, memory card dan kabel auxiliary.

Selain itu, berbeda dengan pendahulunya, speedometer Grand Livina Ultimate dan tipe lainnya keluaran 2012 berlatar belakang warna putih.

Penyakit Nissan Grand Livina

Review Nissan Grand Livina
Gejala ngelitik biasanya timbul dari masalah filter udara yang kotor, BBM yang bukan rekomendasi pabrikan, atau throttle body.

Tidak ada mobil yang sempurna termasuk Nissan Grand Livina seken. Kami rangkum dari berbagai forum otomotif. Ada yang mengatakan mesinnya ngelitik, AC kurang dingin, hingga mesin kurang bertenaga.

Berikut bahasan lengkapnya:

Mesin Ngelitik

Umumnya Nissan Grand Livina setelah pemakaian beberapa tahun akan¬† timbul gejala ngelitik pada mesin. “Gejala ngelitik biasanya timbul dari masalah filter udara yang kotor, BBM yang bukan rekomendaasi pabrikan, atau throttle body,” kata Putra mekanik mobil di bilangan otista Jakarta Timur.

Putra mengatakan untuk menyelesaikan masalah tersebut baiknya diatasi dengan carbon clean yang berfungsi membersihkan kepala piston dan valvenya.

“Selanjutnya pastikan melakukan tune up mesin agar pengerjaan maksimal,” tambah Putra.

Baca juga  Peluncuran Nissan Leaf di Indonesia, Tahun Ini!

Selain itu Nissan Grand Livina lawas juga rentan terjadi overheat. Hal ini biasanya karena pemilik sebelumnya tidak menggunakan radiator coolant sebagi pendingin, melainkan dengan air sumur.

Selain itu coolant perlu diganti secara berkala agar tidak terjadi pengendapan penumpukan kerak, sebab jika hal ini terjadi maka dapat mempengaruhi kinerja radiator.

AC Sering Panas

Masalah yang sering hinggap lainnya adalah AC yang tidak dingin. Hal ini biasanya karena mobilitas tinggi dan AC bekerja berat.

Hal ini pun menimbulkan resiko selang AC bocor, atau evaporatornya yang bocor. “Untuk pemilik Nissan Grand Livina lawas disarankan untuk melakukan perawatan rutin AC mobil secara berkala.

Oli Cepat Menguap

Pengguna Nissan Grand Livina lawas juga sering mengalami oli menguap atau cepat habis. Hal ini umumnya karena penggunaan oli yang tidak spesifikasi pabrikan, jadi olinya memiliki titik didih rendah, atau kerena mobil sering overheat.

Kurang Bertenaga

Pengguna Livina juga sering mengeluhkan mobilnya yang kurang tenaga. Hal ini lanntaran mobil sudah harus ditune up.

Jika masih bermasalah baiknya lihat settingan ecu Remap atau Piggyback pro. Biasanya mekanik akan memanipuilasi ecu tersebut agar lebih bertenaga.

Demikian ulasan terkait review Nissan Grand Livina L10 lansiran 2012-2013 khususnya varian XV Ultimate. Tertarik meminangnya? Mobil ini kini dijual di bawah Rp 100 jutaan. Bahkan ada yang memasarkannya mulai Rp 85 jutaan.

Simak terus Moaldin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru