by

Komparasi Nissan Livina Vs Suzuki Ertiga, Mana Lebih Baik?

Di pasar low multi purpose vehicle (LMPV) ada dua produk yang cukup menarik perhatian, yakni Nissan Livina Vs Suzuki Ertiga. Kedua mobil keluarga 7-penumpang asal Jepang itu jadi pilihan banyak masyarakat di Indonesia.

Bekal Nissan Livina dan juga Suzuki Ertiga memang patut diperhitungkan. Mulai dari desain yang modern, fitur lengkap, konsumsi BBM efisien, hingga harga kompetitif di kisaran Rp 200 juta.

Masing-masing produk memang menawarkan sejumlah keunggulan. Namun tak lepas juga dari sejumlah kekurangan. Buat kalian yang penasaran mengenai komparasi Nissan Livina Vs Suzuki Ertiga. Moladin akan membeberkan secara rinci.

Penasaran terkait mobil MPV mana yang paling pas untuk dibeli? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Nissan Livina Vs Suzuki Ertiga Dari Sisi Mesin

Suzuki ertiga sport atau varian tertinggi tampak depan
Desain Suzuki Ertiga sport sepertiak spoiler namanya, beraura sportif dengan bany

Bicara komparasi Nissan Livina Vs Suzuki Ertiga, kedua produk ini ditawarkan dalam pilihan mesin berkubikasi 1.5 liter. Nissan Livina memiliki mesin berkubikasi 1.499 cc, sedangkan Suzuki Ertiga berkapasitas 1.462 cc.

Kapasitas silinder jelas Nissan Livina lebih unggul dibandingkan Suzuki Ertiga. Lalu bagaimana tenaga dan torsi kedua mobil itu?

Di atas kertas Nissan Livina mampu menghasilkan tenaga sebesar 102 Hp di rentang 6.000 rpm. Torsinya lebih besar dibandingkan Suzuki Ertiga, sebesar 141 Nm pada 4.000 rpm.

Sementara untuk Suzuki Ertiga hanya unggul tenaga 1 hp dari Livina, mampu menyemburkan total tenaga 103 Hp dengan torsi 138 Nm. Kedua produk ini juga sama-sama mengandalkan penggerak roda depan alias front wheel drive (FWD).

Menyoal transmisi, Nissan Livina dan Suzuki Ertiga ditawarkan dalam pilihan transmisi 5-percepatan manual dan juga 4-percepatan otomatis.

Baca juga  Suzuki Ertiga Diesel Bekas Jadi Buruan, Apa Kelebihannya?

Khusus transmisi otomatisnya, kedua mobil ini masih menggunakan model konvensional Padahal rival seperti Honda Mobilio telah pakai transmisi CVT yang pendistribusian tenaganya lebih halus.

Menakar Kenyamanan Kabin Livina dan Ertiga

Kabin Nissan Livina
Kabin Nissan Livina lebih besar ketimbang kompetitor

Membahas mengenai Nissan Livina Vs Suzuki Ertiga selanjutnya adalah sektor kabin. Wajar, karena segmen MPV begitu identik dengan imej mampu menampung banyak penumpang.

Di sini Nissan Livina lebih unggul ketimbang Suzuki Ertiga. Di atas kertas, Nissan Livina memiliki panjang 4.510 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.700 mm. Jarak sumbu roda mencapai 2.775 mm.

Suzuki Ertiga cuma punya panjang 4.470 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.690 mm, dan wheelbase 2.740 mm. Dari sini terlihat bahwa luas kabin yang ditawarkan nampaknya Nissan Livina lebih baik untuk mengakomodir kebutuhan 7-penumpang.

Menariknya ground clearance yang ditawarkan pun cenderung Nissan Livina lebih baik. Mengingat mobil MPV Nissan itu mengusung desain MPV ala SUV.

Ground clearance Nissan Livina 205 mm, serupa dengan Mitsubishi Xpander selaku kembarannya. Sementara Suzuki Ertiga hanya setinggi 180 mm. Dengan begitu, ketika mengendarai Livina rasanya tak perlu khawatir bodi bawah bersinggungan dengan jalan saat melewati medan bergelombang sekali pun.

Kelebihan lain dari Livina, bangkunya telah dibalut oleh jok kulit untuk varian tertinggi. Sementara Ertiga masih mengandalkan material kain. Padahal sebagai mobil keluarga, jok kulit sangat penting. Bahan itu memudahkan proses pembersihan ketika terkena tumpahan minuman dan makanan. 

Dari sisi fitur interior,  kelebihan Nissan Livina ada di power outlet yang hadir di tiap baris bangku, sedangkan Suzuki Ertiga cuma di baris pertama.

Baca juga  Isuzu Panther Berhenti Produksi di Usia 30 Tahun

Lalu adakah keunggulan Ertiga? Salah satunya tampak dari penggunaan Head unit layar sentuh yang berukuran lebih besar mencapai 8 inci. Sementara Livina cuma 7 inci.  Ertiga varian tertinggi juga memiliki AC digital, sementara Livina masih model putar layaknya tuas kompor.

Sementara untuk speaker, keduanya sama-sama pakai empat buah speaker yang tersemat di dalam kabin.

Fitur Keselamatan Nissan Livina Vs Suzuki Ertiga

nissan livina vs suzuki ertiga
Kelebihan Suzuki Ertiga Sport punya tampilan sporty dengan tambahan body kit

Menyoal fitur, kedua MPV ini sejatinya sudah cukup lengkap. Namun antara Nissan Livina Vs Suzuki Ertiga sejatinya tidak berbanding jauh. Masing-masing produk menawarkan keunggulan dan juga kekurangan.

Sekarang bicara kesamaannya dulu. Masing-masing mobil MPV sudah dilengkapi anti-lock braking system (ABS) dan electronic brake distribution (EBD). Ada pula hill hold control (HHC/HSA) serta vehicle stability control (VSC/ESP). Tidak ketinggalan dual SRS Airbag hadir.

Fitur hill hold control sangat penting untuk mobil berpenggerak roda depan. Fungsinya mencegah kendaraan mundur saat berhenti di tanjakan. Alhasil mobil bisa mendapat momentum saat melaju naik. Lalu VSC mampu mencegah mobil tergelincir saat bermanuver.

Hanya saja memang Livina punya keunggulan lebih dibanding Ertiga. Ambil contoh mobil keluarga dari Nissan tersebut sudah memiliki brake assist (BA), traction control system (TCS), dan Emergency Stop Signal (ESS).

Sementara untuk fitur keamanannya, Suzuki Ertiga dan Nissan Livina dibekali dengan immobilizer dan keyless. Alhasil mobil jadi lebih sulit dibobol maling, karena hanya remote bawaan pabrik yang bisa dipakai mengaktifkan mesin.

Baca juga  Suzuki Karimun Wagon R Edisi Terbatas Meluncur 10 Oktober

Harga Suzuki Ertiga Lebih Murah Dibanding Nissan Livina?

Nissan Livina
Nissan Livina varian tertinggi atau VL

Komparasi terakhir antara Nissan Livina dan Suzuki Ertiga adalah soal harga. Jika melihat varian termurah, memang mobil keluarga dari Nissan tampak lebih terjangkau. Banderolnya mulai Rp 208, 3 juta (OTR Jakarta). Sementara Ertiga varian paling rendah mulai Rp 210,5 juta (OTR Jakarta).

Hanya saja varian termurah memang paling jarang dilirik konsumen Tanah Air. Pasalnya dari sisi kenyamanan banyak dikurangi, sebut saja tidak ada head unit untuk hiburan di dalam kabin, dan lain-lain.

Oleh karena itu, mobil yang paling banyak dipinang oleh konsumen Indonesia justru varian tertinggi. Di sini berarti Ertiga Suzuki Sport dan Livina VL AT. 

Dalam hal performa mesin, fitur kenyamanan, luas kabin, dan keselamatan memang MPV Nissan lebih unggul. Hanya saja harganya tembus Rp 272,1 juta (OTR Jakarta).

Sementara Ertiga Suzuki Sport sebagai varian tertinggi dijual Rp 266 juta (OTR Jakarta). Kelebihannya adalah tampilan eksterior dengan body kit yang menjadikannya terkesan semakin sporty. Sebut saja sayap belakang, spoiler bawah, hingga desian grill berbeda.

Gimana sekarang sudah tahukan gambaran mengenai komparasi Nissan Livina Vs Suzuki Ertiga? Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian, khususnya yang ingin membeli mobil LMPV. Kalau kamu kira-kira pilih yang mana?

Baca juga:

Terbaru