Friday, February 3, 2023
Banner

Review Suzuki Ignis Facelift, Layak Dibeli?

by Tigor Sihombing
Review suzuki ignis facelift

Kali ini Moladin akan review Suzuki Ignis facelift. Seperti diketahui Suzuki Ignis facelift meluncur di Indonesia pada 2020 lalu. Pada model terbaru ini ada bebarapa ubahan pada di sisi eksterior dan interiornya.

Saat baru peluncuran mobil ini berkonfigurasi 5-penumpang dan ditawarkan dalam 4 varian yakni GL MT, GL AGS, GX MT, dan GX AGS. Tapi untuk saat ini, di laman resmi Suzuki Inodnesia hanya dipasarkan dua varian: Ignis GX MT seharga Rp 207,2 juta (OTR Jakarta) dan varian tertinggi GX AGS, dengan harga jual baru saat ini Rp 217,5 juta (OTR Jakarta).

Dengan harga di atas Rp 200 juta, Ignis memang beda kelas dengan mobil-mobil LCGC. City car Suzuki ini berada satu level di atasnya, bersaing dengan Daihatsu Sirion.

Lantas bagaimana dengan akomodasi, performa mesin, konsumsi BBM, hingga fitur Suzuki Ignis facelift? Apakah mobil ini layak dibeli? Berikut ulasan lengkapnya.

Eksterior Sporty

review Suzuki Ignis facelift

Suzuki Ignis Terbaru juga Sudah menggunakan side spoiler, parking sensor, door visor, rear up spoiler. 

Review Suzuki Ignis facelift yang pertama mengacu pada eksterior. Gril tampil mencolok dengan desain kisi-kisi model ‘U’ yang dihiasi aksen krom. Selain itu pada bagian bumper terlihat sporty dengan adanya diffuser.

Baca juga  Review Suzuki Ertiga Generasi Pertama, Masih Layak Dibeli?

Masih di sektor depan, Ignis facelift fog lamp dengan desain terbaru yang tampil lebih segar. Bagian bumper belakang juga sudah memiliki diffuser, dan bumper sudah dilengkapi lampu reflektor.

Terkait sistem pencahayaan utama sudah menggunakan LED proyektor dengan daytime running light (DRL). Suzuki Ignis punya dimensi 3.700 mm x 1.690 mm x 1.595 mm (PxLxT).

Urban SUV milik Suzuki ini memiliki wheelbase sepanjang 2.435 mm. Suzuki Ignis Terbaru juga Sudah menggunakan side spoiler, parking sensor, door visor, rear up spoiler. Tampilannya juga semakin proper dengan panggunaan ban ukuran 175/65R15.

Performa Mesin Suzuki Ignis

review Suzuki Ignis

Lalu, tim Youtube Moladin juga mengukur performa Suzuki Ignis facelift ini dengan melibas tanjakan curam dengan kemiringan 21 drajat. 

Review Suzuki Ignis berikutnya adalah soal performa mesin. Dimana tim Youtube Moladin mengujinya melalui metode drag race. Sebelumny perlu diketahui jika Suzuki Ignis mengusung kode meisn K12M berkapasitas 1.197 cc VVT. Mesin tersebut bertenaga maksimal 83 hp pada 6.000 rpm dengan torsi 113 Nm pada 4.200 rpm.

Baca juga  Suzuki Landy 2020 Dijual Rp300 Jutaan, Alphard Paket Hemat!

Performa ini lebih kecil dibanding salah satu kompetitorna Daihatsu Sirion yang berkapasitas mesin 1.300 cc. City car berlogo D itu punya tenaga 96 Hp dan torsi 119,6 Nm.

Untuk akselerasinya Suzuki Ignis, dengan metode drag race berjarak 201 meter Suzuki Ignis mempu mencatatkan waktu 12,1 detik. Sedangkan untuk mencapai 0-100km/jam, Suzuki Ignis mencatatkan waktu 13,1 detik.

Terkait konsumsi BBMnya tim Moladin sempat mencoba menggunakan bahan bakar BP dengan RON 92. Hasilnya konsumsi BBM Suzuki Ignis tembus 19,5 km/liter. Cukup irit untuk city car 1.200 cc.

Lalu, tim Youtube Moladin juga mengukur performa Suzuki Ignis facelift ini dengan melibas tanjakan curam dengan kemiringan 21 drajat. Dimana mobil diisi oleh 5 orang penumpang dengan total bobot 450 Kg. Hasilnya mobil ini dengan mudah melibas tanjakan.

Termasuk ketika berhenti di tengah-tengah tanjakan lalu kembali pedal gas dibejek, dan ternyata meski perlahan mobil bisa naik dengan sempurna.

Akomodasi dan Fitur

review Suzuki Ignis

Suzuki Ignis memiliki power window di semua baris. Pada spion Suzuki Ignis sudah elektrik, AC sudah digital serta heater, power outlet.

Berikutnya soal akomodasi dan fitur. Mobil yang ini terasa sempit di belakang, jika diisi 3 orang penumpang dewasa. Ditambah lagi Suzuki cuma memberi Ignis dengan dua head rest di jok belakang. Hal tersebut membuktikan bahwa memang, Ignis paling nyaman dipakai untuk total 4-orang.

Baca juga  1500 Mobil Ramaikan Jambore Suzuki Club 2022, Piknik Bareng!

Lalu bagaimana dengan leg room dan head room? Ignis masih cukup oke untuk pemilik tinggi badan sekitar 170 cm duduk di belakang, karena masih menyisahkan 2 jari untuk ruangan. Begitu pun dengan head room yang masih menyisahkan sekitar satu kepal tangan.

Di bagain belakangnya, ada bagasi seluas 260 liter yang bisa digunakan untuk mengangkut koper dan beberapa barang yang tidak begitu besar.

Untuk fitur Suzuki Ignis memiliki power window di semua baris. Pada spion Suzuki Ignis sudah elektrik, AC sudah digital serta heater, power outlet. Suzuki Ignis facelift juga sudah dilengkapi dengan fitur start/stop button, keyless entry, tilt steering, control steering wheel with switch audio control dan bluetooth phone connection.

Tersedia juga fitur 60:40 rear seat fold down, dan tampilan speedometer yang sporty. Mobil ini juga menyediakan fitur keselamatan yang baik, mulai dari ABS, EBD, BA, lalu dual airbag, Side Impact Beam, ISOFIX, Immobilizer, Pretensioner front seat belt, serta adanya fitur konektivitas USB juga tersedia untuk memutar musik dan video.

Demikian ulasan terkait review Suzuki Ignis facelift. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika