Kamis, April 18, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Review Toyota bZ4X 2023, Mobil Listrik Layak Beli?

by Firdaus Ali
Review Toyota bZ4X

Berikut akan kami ulas mengenai review Toyota bZ4X 2023. Di mana mobil listrik ini harganya tembus hingga Rp 1,19 miliar OTR Jakarta.

Toyota bZ4X merupakan mobil listrik yang dihadirkan untuk pasar Indonesia demi bersaing dengan Hyundai Ioniq 5. Dari sisi harga, Toyota bZ4X memang terpaut jauh lebih mahal dibanding Hyundai Ioniq 5.

Jika pabrikan otomotif asal Jepang itu mematok harga Rp 1,19 miliar, beda halnya dengan pabrikan asal Korea Selatan yang membanderol Ioniq 5 di rentang Rp 748 juta hingga Rp 859 juta.

Jarak harga yang jauh jelas terlihat, namun Toyota tetap percaya diri karena brand Toyota sudah sangat kuat melekat di benak masyarakat Indonesia. Ditambah, kualitas mobil dan layanan after salesnya juga tidak perlu diragukan lagi. Bisa dibilang, berhadapan dengan Ioniq 5 tidak menjadi masalah bagi bZ4X meski harganya jauh lebih mahal.

Nah, dengan harga di atas Rp 1 miliar, seperti apa desain, fitur dan performa dari Toyota bZ4X, apakah lebih baik dari Hyundai Ioniq 5? Biar tdak penasaran, berikut review lengkap Toyota bZ4X.

Desain Eksterior Agresif

Review Toyota bZ4X

Desain eksterior lebih agresif jika dibandingkan Ioniq 5

Review Toyota bZ4X 2023 yang pertama adalah dari sisi desain eksteriornya. Mobil listrik ini mengadopsi gaya mobil SUV, sama dengan rivalnya Ioniq 5. Namun begitu, secara keseluruhan, bZ4X tampilan eksteriornya lebih atraktif.

Dimana hal itu bisa terlihat dari kombinasi desain bagian depan, samping dan belakangnya yang dipenuhi dengan lekukan yang cukup agresif untuk kalangan mobil listrik yang umumnya tampil simpel mencerminkan futuristik.

Untuk dimensinya, Toyota Bz4x mempunyai panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm, tinggi 1.650 mm, serta jarak sumbu roda 2.850 mm. Dimensi tersebut tidak beda jauh dengan Hyundai Ioniq 5 yang panjangnya 4.635 mm, lebar 1.890 mm, tinggi 1,647 mm, dan jarak sumbu roda 3.000 mm.

Baca juga  7 Beda Toyota Avanza Vs Veloz FWD Terbaru, Mending Mana?

Kemudian untuk ground clearance Toyota bZ4X lebih tinggi dengan 210 mm. Lebih tinggi dibanding Hyundai Ioniq 5 yang hanya 160 mm. Alhasil, memiliki bZ4X akan lebih confidence saat mengendarai di jalanan yang berlubang. Oh ya, untuk bagian velg, Toyota bZ4X menggunakan ukuran 18 inch.

Desain Interior Atraktif

Review Toyota bZ4X

Tampilan interior lebih atraktif dibandingkan mobil listrik lain yang identik dengan simpel

Review Toyota bZ4X selanjutnya adalah bagian kabin interior yang terlihat atraktif. Yup, sekali lagi jika dibandingkan rivalnya seperti Ioniq 5, tampilan mobil listrik bZ4X jauh lebih “ramai” dibandingkan dengan mobil listrik asal Korea Selatan tersebut.

Dibagian tengah dashboard terdapat head unit touchscreen berukuran 12,3 inchi yang bia mengakomodir kebutuhan audio, peta navigasi, kamera parkir dan kebutuhan fitur mobil lainnya. Kemudian, dibagian tengah antar jok depan ada konsol yang berfungsi sebagai storage dan wireless charging serta hand rest.

Oh ya, head unit di bZ4X juga telah dilengkapi teknologi Toyota Audio Multimedia with Human Machine Interface (HMI). HMI sendiri merupakan platform infotainment baru yang dirancang oleh Toyota mendukung Apple CarPlay dan Android Auto agar bekerja lebih baik.

Caranya dengan menekankan proses sensorik utama seperti penglihatan, sentuhan, dan suara. HMI juga memiliki kelebihan lebih cepat 5 kali untuk pemrosesan, pengguna juga bisa mengoprasikan dengan layar dengan cara sitem cubit untuk zoom.

Baca juga  MG Comet EV, Kembaran Wuling Air EV yang Lebih Murah!

Untuk mendukung sistem audio, bZ4X mengadopsi 9 speaker JBL. Dan untuk menambah kesan lega di kabin serta kesan mewah, terdapat panoramic roof.

Ada Fitur Advance Park

Review Toyota bZ4X

Fitur Advance Park

Review Toyota bZ4X 2023 tentu kurang lengkap tanpa membahas kelengkapan fitur-fiturnya. Di bZ4X, tersemat fitur unggulan yang tidak dimiliki rivalnya, yaitu fitur Advance Park.

Fitur advanced park ini bisa membuat mobil mencari lahan parkir dan melakukan parkir secara otomatis, baik parkir mundur mau pun parallel.

Setelah mobil mendeteksi adanya lahan parkir, cukup dengan menekan tombol parkir otomatis di konsol tengah dan memilih posisi parkir yang diinginkan dan menekan tulisan start, maka mobil akan bergerak sendiri untuk parkir. Mengandalkan seluruh sensor sonar parkir yang ada di mobil, Toyota bz4X akan mengendalikan setir, pedal gas serta rem dan pilihan transmisi dengan otomatis.

Performa & Akselerasi Agresif

Review Toyota bZ4X

Performa mumpuni

Berbicara peforma dan akselerasi dari mobil listrik bZ4X, kami melakukan tes nanjak, drag race konsumsi baterai dan bermanuver dalam review Toyota bZ4X. Dalam tes kali ini, kami menyandingkan dengan Ioniq 5.

Saat melakukan tes nanjak, bZ4X tidak ada hambatan sama sekali alias mudah menaklukan kontur jalan yang miring (21 derajat), meski awalnya sedikit mengalami wheel spin.

Kemudian, saat melakukan drag race sejauh 201 m, bZ4X cuma butuh waktu 9,9 detik. Sementara Ioniq 5 butuh 10 detik. Lalu saat pengujian akselerasi 0-100 km/jam, Toyota bZ4X juga bisa melaju 7,3 detik. Lebih unggul dibandingkan dengan Ioniq 5 yang akselerasinya 7,4 detik.

Baca juga  Perbedaan Alphard dan Vellfire, Mana Lebih Mewah?

Untuk konsumsi listrik Toyota bZ4X, tercatat dalam kota menghabiskan 6,3 km/kWh dengan kata lain dalam kondisi baterai penuh cuma bisa melaju 449 Km. Sementara untuk di jalan tol, baterainya cuma bisa menghemat 5,6 km/kWh atau setara perjalanan 399 km. Di jalan tol, mobil listrik memang lebih boros, lantaran tidak terlalu banyak mendapat energi dari regeneratif braking.

Bila dibandingkan dengna kompetitor, maka review Toyota bZ4X ini membuktikan bahwa mobil ini lebih boros dari Hyundai Ioniq 5. Tidak percaya? Dari review kami, mobil listrik H miring bisa menghemat konsumsi listrik di dalam kota 7,5 km/kWh dan jalan tol 6,8 km/kWh.

Akomodasi Barang Kurang Maksimal?

Review Toyota bZ4X

Bagasi kurang maksimal

Review Toyota bZ4X selanjutnya adalah dari sisi kapasitas bagasi. Yup, sebagai sebuah SUV kompak listrik murni, harusnya didukung dengan kapasitas bagasi yang besar. Hal ini penting, agar mobil tersebut multi fungsi. Tapi tidak dengan Toyota bZ4X, yang memiliki kapasitas bagasi di ruang belakang hanya 452 liter, atau hanya sedikit lebih besar dari Toyota Yaris yang berkapasitas 441 liter.

Menurut kami, kapasitas bagasi Toyota bZ4X kurang maksimal, lantaran kompetitor seperti Hyundai Ioniq 5 punya daya penyimpanan yang lebih besar. Sebut saja bagasi belakangnya mampu menampung barang hingga 527 liter. Belum lagi ada tambahan bagasi depan di Ioniq 5 yang bisa memuat barang 52 liter. Sementara di bZ4X tidak ada bagasi depan.

Itulah tadi bahasan review Toyota bZ4X 2023. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

 

 

 

 

 

 

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika