by

Review Toyota Camry XV40, Mobil Menteri Era SBY

Cek review Toyota Camry XV40 sebelum membeli, penting untuk dilakukan. Hal ini supaya kamu mendapat informasi yang jelas terkait fitur, spek mesin, harga pasaran, bahkan kendala yang bisa hinggap pada Toyota Camry generasi keenam ini.

Mobil mewah kelas menengah ini memang identik dengan mobil menteri di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono periode 2006-2012. Walau usianya sudah tidak muda, namun sampai sekarang aura premiumnya masih terasa.

Ditambah lagi, Saat ini harga pasaran mobil bekas Toyota Camry generasi keenam type G, V dan Q sangat terjangkau. Banderolnya sekitar Rp 90-150 jutaan, tergantung tahun dan kondisi. Menarik bukan?

Supaya tidak salah dalam melakukan pembelian, berikut bahasan lengkap review Toyota Camry XV40:

Desain Toyota Camry XV40

Review Toyota Camry XV40
Desain modern Desain Toyota Camry XV40 masih terlihat mewah hingga sekarang.

Toyota Camry VX40 memiliki desain mewah yang tak lekang jaman. Tampilan gril yang lebar mendominasi bagian depan, serta dilapis chrome menambah kesan elegan mobil ini.

Tidak haya itu bagian headlamp juga memiliki konsep modern dan foglamp yang dikelilingi dengan warna chrome. Pada bagian belakang Toyota Camry VX40 juga memiliki lekuk body belakang yang stylish di tambah desain lampu stop lamp modern menyempurnakan kesan mewahnya.

Fitur dan Interior Toyota Camry XV40

Review Toyota Camry XV40
Interiornya cukup mewah pada zamannya, pakai aksen kayu

Menyandang sebagai kendaraan pejabat negara, tentunya Toyota Camry VX40 punya segenap kelebihan pada fitur dan teknologi. Misalnya pada varian tertinggi 3.5 Q, mobil ini sudah dibekali Multi Information Display, cruise control, dan tombol audio di kemudi.

Produk mobil sedan mewah tersebut juga dibekali fitur stability control, keyless entry, dan Adaptive Front-light System. Untuk memudahkan penumpang di dalamnya, sedan ini juga dibekali sistem komunikasi via Bluetooth.

Baca juga  Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Mobil Bekas, Wajib Tahu!

Lainnya adalah 2 memori pengaturan bangku dan kemudi, serta sunroof yang menambah kemewahannya. Pada baris dua ada kursi elektrik lengkap dengan beragam tombol pengaturan di armrest, lokasi yang mudah dijangkau.

Pilihan Mesin Camry Bekas Generasi keenam

Review Toyota Camry VX40
Mesin Toyota Camry VX40 2.4 L

Jika kamu ingin berburu mobil bekas ini wajib tahu juga spesifikasi mesinnnya. Toyota Camry XV40, mula-mula hadir dalam tiga varian G, V, dan Q.

Untuk versi G dan V menggunakan mesin 2.4 liter berkode 2AZ-FE berkapasitas 4 silinder 16 katup VVT-i 2.400 cc. Mesin tersebut memiliki tenaga maksimal 167 Hp dengan torsi mencapai 224 Nm yang mampu dipacu dalam putaran mesin 4.000 rpm.

Toyota juga menyediakan mesin yang lebih bertenaga, berkode 2GR-FE 3.5 Liter. Di atas kertas memiliki daya maksimal 227 Hp dengan torsi puncak mencapai 346 Nm.

Masalah yang Sering Hinggap di Toyota Camry VX40

review toyota camry xv40
Camry XV40

Meski identik dengan mobil mewah tunggangan pejabat negara, bukan berarti Toyota Camry VX40 bekas tidak memiliki masalah. Hal ini wajar mengingat usia Toyota Camry VX40 sudah lebih dari 10 tahun sejak di luncurkan pertama kali pada tahun 2006.

Menurut Putra, mekanik mobil di bilangan Otista, Jakarta Selatan berpendapat, penyakit Toyota Camry generasi keenam tersebut tidak ada yang aneh. Biasanya karena faktor umur.

“Maka itu pantas dijadikan mobil menteri pada era Presiden SBY,” kata Putra.

Bushing Pecah

Jika perawatannya sudah baik, ada pun masalahnya biasanya hanya pada kaki-kaki mobil. Salah satunya, bushing yang rusak karena usia pakai dan medan jalan yang bergelombang yang sering dilalui penguna.

Baca juga  3 Kekurangan Mobil Kembar Raize-Rocky Dibanding Rival

“Terutama di bagian bushing dan support-nya,” kata Putra.

Jika terjadi kerusakan, penggantian bushing Toyota Camry XV40 ini tidaklah mahal. Di pasaran, harganya sekitar Rp 150 – 200 ribuan. Umumnya jika sudah rusak, bushing kondisinya pecah.

Keluhan Bensin Boros

Konsekuensi penggunana mobil berkubikasi mesin yang besar adalah konsumsi bensin yang terasa boros, termasuk di Camry XV40. Walau sesungguhnya, borosnya Camry masih sebanding dengan tenaga yang dimilikinya.

Secara logika, mesin 2.400 cc butuh asupan bensin yang lebih banyak daripada mobil 1.300 cc yang cuma setengah kapasitasnya. Beberapa pengujian mencatat Toyota Camry XV40 mesin 2.4 liter memiliki konsumsi bahan bakar di kisaran 6-8 km/liter dalam kota. Sementara untuk luar kota, sekitar 7-10 km/liter.

Cara membuat BBM Camry lebih irit, salah satunya dengan teknik berkendara eco driving. Lalu melakukan servis secara berkala juga bisa membuat kondisi mesin selalu prima dan tidak banyak BBM yang terbuang percuma selama proses pembakaran.

Tensioner Fan Belt Bermasalah

“Salah satu yang harus diwaspadai dari Toyota Camry VX40 lawas adalah tensioner fan beltnya sudah harus diganti,” kata Putra.

Umumnya gejala jika tensioner fan belt bermasalah adalah terdengar suara krek-krek yang berasal dari fan belt dan pulley.

Tensioner Fan Belt atau sendiri adalah adalah pulley yang berperan penting dalam mendukung kinerja fan belt. Fungsi utamanya adalah untuk menjaga ketegangan v-belt atau fan belt yang memutarkan alternator, kompresor AC, pompa air, dan pompa power steering.

Jika bagian ini rusak harus diganti. Di pasaran harga tensionel fan belt berkisar Rp 1 jutaan, untuk yang baru. Sementara kondisi bekas rekondisi harganya di kisaran RFp 300-400 ribuan.

Baca juga  Toyota Fortuner Facelift 2020 Rilis Oktober, Ini Bocorannya!

Dashboard Mudah Bergelombang

Dashboard Toyota Camry terbuat dari meterial soft touch. maka dari itu perlu perawatan ekstra. Jika terlalu sering terkena sinar matahari atau minim perawatan, dashboard Toyota Camry XV40 mudah bergelombang.

Maka dari itu jika kamu ingin berburu Tohyota Camry VX40 coba diperhatikan bagian dashboard secara seksama. Karena dashboard bergelombang tentu tidak enak dipandang.

Untuk biaya service dashboard bergelombang berada di kisaran Rp 1 – 1,6 jutaan.

Engine Mounting Toyota Camry VX40 Getas

Engine Mounting berfungsi sebagai peredam getar mesin, tujuannya supaya getaran yang dihasilkan mesin tidak dirasakan pengemudi dan penumpang di dalam kabin.

Masalah engine mounting ini biasa menimpa bagian engine sebelah kanan yang sudah getas. Kamu juga bisa merasakannya dari getaran tidak biasa di dashboard bagian supir.

Jika bagian ini bermasalah baiknya di ganti. Harga engine mounting Camry VX40 dikisaran Rp 3 jutaan untuk satu set depan belakang atas kanan kiri. Sedangkan kondisi bekas rekondisi di kisaran Rp 500 – 700 ribuan.

Waspada Sensor-sensor 

Hal yang umum terjadi pada mobil-mobil mewah adalah masalah sensor. Pada Toyota Camry XV40, sensor-sensornya riskan rusak termakan usia.

Sensor-sensor itu meliputi sensor untuk VVT-I dan noken as. Sebagai gambaran, harga sensor tersebut dibanderol pada kisaran Rp 250 ribu.

Demikian ulasan terkait review Toyota Camry XV40. Jika kamu ingin membeli Toyota Camry XV40 bekas jangan lupa pertimbangkan hal-hal yang telah kami sampaikan di atas.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif. 

Terbaru