by

6 Mobil Sedan Terbaik yang Ramah Lingkungan

Sesungguhnya pilihan mobil sedan terbaik di pasar otomotif Indonesia cukup banyak. Namun kalau mencari yang harganya juga murah, agak sulit. Hal ini lantaran kendaraan jenis sedan punya pajak lebih besar, bahkan dibanding versi hatchback atau sedan buntung.

Tidak percaya? Saat ini mobil sedan dalam kondisi baru yang paling murah, dijual mulai Rp 300 jutaan. Pilihannya juga cuma ada dua: Toyota Vios dan Honda City.

Oleh karena pajak tinggi tersebut, kebanyakan pabrikan lebih tertarik memasarkan sedan untuk kelas menengah dan atas. Harganya pun lebih mahal lagi, tapi dari sisi fitur dan teknologi cukup menarik.

Bicara mobil sedan terbaik, sebenarnya opsinya cukup banyak. Jika kamu mencari kenyamanan, maka bisa pilih Mercedes-Benz S-Clas dan BMW Seri-7. Lalu kalau mengincar performa, bisa cari BMW M dan Mercedes-AMG.

Hanya saja dalam mencari mobil sedan terbaik, di sini kami menggunakan rekomendasi berupa ramah lingkungan. Jadi lewat tulisan ini, produk-produk yang disajikan memiliki teknologi menarik yang membuat emisi gas buang lebih rendah, konsumsi BBM irit, namun tidak mengorbangkan performanya.

Mau tahu pilihan mobil sedan terbaik di Indonesia berdasar rekomendasi moladin? Berikut enam daftarnya:

1. Honda Civic Turbo

mobil sedan terbaik
Salah satu yang menarik dari Honda Civic, kapasitas mesinnya dikecilkan supaya lebih hemat bahan bakar, namun ada turbo yang membuat performanya tidak menurun.

Mobil sedan terbaik yang pertama adalah Honda Civic Turbo. Kenapa kami memilihnya? Salah satu alasan terkuat, kendaraan ini pakai mesin berkubikasi kecil cuma 1.500 cc. Alhasil konsumsi BBM Civic Turbo bisa sangat irit. Di dalam kota bisa tembus 14 Km/Liter, sementara untuk luar kota yang jalananya lebih lengang dapat 20 Km/Liter.

Walau irit, namun soal performa tidak perlu diragukan. Mesin Civic Turbo, sesuai namanya mendapat induksi turbo. Alhasil di atas kertas torsi puncak mencapai 220 Nm pada 1.700 – 5.500 rpm dan tenaga maksimal 173 PS pada 5.500 rpm.

Bicara fitur kenyamanan serta keselamatan, mobil Honda ini cukup istimewa. Di kabinnya ada head unit layar sentuh, kamera parkir, one push ignition system, auto AC, dan lain-lain. Kemudian soal keselamatan, ada hill start assist (HSA) yang dapat mencegah mobil mundur saat berhenti di tanjakan. Kemudian untuk pengereman sudah tersedia anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), dan brake assist (BA). Tidak ketinggalan hadir 6 airbags.

Baca juga  Spesifikasi Toyota Alphard Gold, Berlapis Emas Rp600 Jutaan

Dengan semua kelebihan tersebut, harga Honda Civic Turbo mencapai Rp 533 juta (OTR Jakarta). Banderol tersebut sekaligus mendaulatnya sebagai mobil sedan terbaik yang paling murah.

2. Toyota Corolla Altis Hybrid

mobil sedan terbaik
Kelebihan Corolla Altis sudah dilengkapi teknologi hybrid dan Toyota Safety Sense

Pabrikan yang paling fokus menghadirkan mobil-mobil ramah lingkungan di Indonesia adalah Toyota, salah satu produknya Altis Hybrid. Keunggulannya mengombinasikan mesin bensin 1.798 cc dengan motor elektrik. Alhasil soal performa tidak perlu diragukan.

Jika keduanya digabungkan, mobil sedan terbaik ini bisa memuntahkan torsi hingga 305 Nm dan 149 hp. Menariknya lagi ada mode berkendara yang menjadikannya sepenuhnya cuma bergerak pakai motor elektrik. Tentu teknologi tersebut menjadi konsumsi BBM Corolla Altis Hyrbid lebih hemat. Catatannya sekitar 20 Kpl untuk dalam kota. Bila luar kota bisa 26 Kpl.

Terkait keselamatan, telah tersedia Toyota Safety Sense yang menggabungkan pre collision system (PCS), adaptive cruise control, lane departure alert with steering, automatic high beam (AHB), rear cross traffic allert (RCTA), dan blind spot monitor (BSM).

Guna PCS untuk mencegah resiko tabrakan dengan kendaraan di depan. Adaptive cruise cotnrol menjaga kecepatan mobil supaya berada di jarak aman dengan kendaraan di depan. Lane departure alert with steering control, berguna menginformasikan ketika berpindah jalur tanpa sengaja. Fitur AHB membuat perpindahan dari lampu jauh ke dekat dilakukan secara otomatis agar kendaraan di depan tidak merasa silau. Kemudian rear cross traffic alert dan blind spot monitor berfungsi mendeteksi kendaraan lain yang tidak tampak di spion.

Kalau kamu tertarik, harga Toyota Corolla Altis Hybrid mencapai Rp 582,25 juta (OTR Jakarta). Satu lagi yang jadi kelebihan mobil hybrid dari pabrikan berlogo T, baterainya diisi ulang secara otomatis. Jadi kamu cukup isi bensin saja seperti biasa.

3. Toyota Camry Hybrid

mobil sedan terbaik
Punya teknologi yang ramah lingkungan dengan tingkat kenyamanan istimewa baik sebagai pengemudi dan penumpang, itulah kelebihan Toyota Camry Hyrbid.

Selain Altis Hybrid, Toyota juga punya Camry Hybrid. Mobil sedan terbaik ini kelasnya ada di atas Altis. Ciri khasnya punya dimensi lebih bongsor, kabin lebih nyaman, dan performa mesin semakin mantap. Wajar kalau kendaraan ini banyak dipakai oleh pejabat di Tanah Air.

Baca juga  7 Keunggulan Honda BR-V, Calon Konsumen Wajib Tahu!

Bila kamu sebagai penumpang, Toyota Camry Hyrbid memberi banyak sekali fitur kenyamanan. Ambil contoh di konsol tengah bangku belakang tersedia tombol pengaturan jok, volume lagu, ganti channel radio, suhu kabin, dan masih banyak lagi. Kemudian mobil ini juga telah terintegrasi sound system JBL yang tentu sangat memanjakan telinga.

Di atas kertas, Camry hybrid pakai kubikasi 2.487 cc dengan kombinasi motor elektrik. Jantung mekanisnya berkode A25A-FXS sanggup menghasilkan tenaga 178 ps pada 5.700 rpm dengan torsi 22,5 kgm pada 3.600-5.200 rpm. Motor listriknya sangup melontarkan torsi 20.6 kgm. Toyota mengklaim mesin ini tidak hanya sekadar halus, tetapi juga memiliki performa yang sangat impresif dan bertenaga. Jika kamu tertarik, mobil Toyota ini dibanderol Rp 842,15 juta

4. Mercedes-Benz A 200 Saloon

mobil sedan terbaik
Ini merupakan mobil sedan Mercedes-Benz dengan mesin terkecil.

A 200 Saloon merupakan sedan dengan mesin terkecil yang dipunya Mercedes-Benz. Kubikasi jantung mekanisnya cuma 1.332 cc namun dengan induksi turbo. Alhasil soal irit bisa tembus 19 Kpl menurut klaim pabrikan mobil mewah asal Jerman tersebut.

Meski irit performanya tidak kalah hebat. Di atas kertas bisa memuntahkan torsi puncak 250 Nm pada 1.620 – 4.000 rpm dan tenaga maksimal 163 hp pada 5.500 rpm. Padanannya sistem transmisi 7G-DCT (otomatis).

Bicara fitur, Mercedes-Benz memberi active parking assist dengan parktronic, kamera parkir, active brake assist, dan MBUX multimedia system yang bisa diaktifkan via suara. Harga A 200 Saloon ini Rp 800 juta (off the road).

5. Mercedes-Benz E300e EQ Power

Mercedes-Benz E300e EQ Power
Pakai teknologi plug-in hybrid membuat konsumen bisa mengisi ulang baterainya di SPLU layaknya mobil listrik.

Mobil sedan terbaik selanjutnya adalah Mercedes-Benz E300e EQ Power. Pasalnya kendaraan ini masuk kelas plug-in hybrid. Kamu bisa mengandalkan isi bensin di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dan charger baterai di stasiun pengisian listrik umum (SPLU)

Bila melihat spesifikasinya, ada dua mesin yang jadi penggeraknya yaitu 2.000 cc turbocharger yang menghasilkan tenaga 211 Hp dengan torsi 350 Nm. Mesin tersebut dipadukan dengan motor elektrik bertenaga 122 hp dengan torsi 440 Nm. Alhasil kalau keduanya digabungkan, kemampuan berlarinya mirip mobil sport. Dari kondisi diam hingga 100 Kpj bisa tembus 5,7 detik saja.

Baca juga  Apa Kelebihan BMW 6 GT M Sport? Sedan Rp1,5 Miliar

Konsumsi bahan bakarnya pun sangat irit, mencapai 55 Km/Liter dengan emisi gas buang 41g CO2/km. Soal fitur pun tidak perlu diragukan, Mercedes-Benz E-Class ini punya teknologi keselamatan segudang, sebut saja kamera 360 derajat, active brake assist, active line keeping assist, dan sebagainya. Bicara kenyamanan ada ambient lighting premium, head unit dengan konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto, Burmester surround sound system, wireless chargin, serta lain-lain.

Dengan berbagai kelebihan itu, Merecedes-Benz E300e EQ Power selaku salah satu mobil sedan terbaik dijual Rp 1,92 miliar (off the road).

6. Hyundai Ioniq, Mobil Sedan Terbaik Asal Korea Selatan

Hyundai Ioniq
Harga murah jadi kelebihan Hyundai Ioniq sebagai mobil listrik buatan pabrikan Korea Selatan

Pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai cukup serius menggarap mobil ramah lingkungan. Hal ini terungkap melalui lahirnya Ioniq selaku mobil listrik. Memang sampai sekarang Hyundai Ioniq belum meluncur resmi, namun sudah bisa dipesan dengan harga Rp 569 juta (off the road) sejak Januari 2020.

Oleh karena penggeraknya mengandalkan motor elektrik secara penuh, berarti Hyundai Ioniq hanya bisa diisi ulang baterainya di stasiun pengisian listrik umum (SPLU). Inilah yang masih jadi kendala di Indonesia, karena jumlah SPLU belum banyak.

Padahal potensi Ioniq sebagai mobil sedan terbaik sungguh istimewa. Motor listirknya bisa menghasilkan torsi hingga 295 Nm dan tenaga 134 hp. Lalu dalam kondisi baterai terisi penuh, mobil Hyundai tersebut mampu berjalan hingga 373 km.

Jika kamu tidak sabar ingin merasakan berada di dalam kabin Hyundai Ioniq, bisa langsung memanfaatkan layanan taksi online, GrabCar. Namun taksi listrik itu hanya tersedia di terminal 3 dan terminal 2 bandara Soekarno Hatta.

Itulah tadi pilihan mobil sedan terbaik yang dijual di Indonesia. Tentunya rekomendasi itu kami berikan berdasar teknologi ramah lingkungan Adakah dari keenam mobil tersebut yang membuat kamu tertarik?

Summary
6 Mobil Sedan Terbaik yang Ramah Lingkungan
Article Name
6 Mobil Sedan Terbaik yang Ramah Lingkungan
Description
Sesungguhnya pilihan mobil sedan terbaik di pasar otomotif Indonesia cukup banyak. Berikut merupakan rekomendasi untuk versi ramah lingkungan
Author
Publisher Name
Moladin.com
Publisher Logo

Comment

Leave a Reply

Terbaru