by

5 Rekomendasi Mobil Sedan Murah Bekas Taksi

Mobil Sedan Murah Bekas – Sesungguhnya mencari mobil sedan murah dalam kondisi baru sangat sulit, bahkan tidak ada. Hal ini dikarenakan Indonesia menetapkan pajak yang cukup tinggi untuk jenis kendaraan tersebut.

Jadilah, sedan baru dengan harga termurah di Tanah Air mencapai Rp 300 jutaan. Bukan cuma mahal, pemainnya juga tidak banyak. Terhitung untuk kelas entry level cuma ada dua: Toyota Vios dan Honda City.

Maka dari itu, paling masuk akal dalam berburu mobil sedan murah adalah cari kondisi bekas. Kalau benar-benar mau harga yang terjangkau, cek kendaraan bekas taksi. Banderolnya mulai dari Rp 60 jutaan.

Ingin tahu 5 rekomendasi mobil sedan murah bekas taksi yang bisa kamu beli? Simak bahasan berikut:

1. Toyota Limo

mobil sedan murah bekas taksi
Toyota Limo sesungguhnya merupakan kembaran dari Toyota Vios, hanya saja fiturnya dibuat minimalis

Rekomendasi mobil sedan murah bekas taksi yang pertama adalah Toyota Limo. Meski namanya Limo, namun percayalah kendaraan ini punya basis serupa dengan Toyota Vios. Jadi mesin irit dan bandel, sungguh tidak perlu diragukan.

Toyota Limo menggunakan jantung mekanis 1.500 cc yang bisa memuntahkan torsi 14.3 kg pada 4.200 rpm dan tenaga maksimal 107 PS pada 6.000 rpm. Hanya saja, karena ini bekas taksi jadi pilihan transmisi cuma ada manual.

Kemudian untuk fitur kenyamanan juga minimalis. Head unit masih single din, AC, dan belum electric window. Soal harga yang ditawarkan, Toyota Limo bekas taksi ini ada dikisaran Rp 95 juta untuk lansiran 2015.

Blue Bird biasanya menyediakan pilihan upgrade untuk Toyota Limo agar kesan bekas taksi hilang. Sebut saja penggantian logo menjadi Vios, kemudian menyemantan head unit layar sentuh, power window, pelek palang, dan lain-lain. Meski demikian bila dilakukan ubahan, kamu harus membayar lebih.

2. Nissan Almera

mobil sedan murah bekas taksi
Nissan Almera merupakan mobil sedan murah bekas taksi yang punya mesin serupa dengan Grand Livina 1.5 liter, jadi mudah kalau mau kanibal spare part

Pilihan mobil sedan murah selanjutnya adalah Nissan Almera bekas taksi. Soal kapasitas mesin tidak beda jauh dengan Limo, pakai 1.500 cc. Hanya saja keunggulan mobil ini ada di kabin dan bagasi yang lebih luas.

Baca juga  Harga Mobil Toyota Setelah PPnBM 0 Persen, Turun Rp 65 Juta!

Selama masa baktinya, Almera pernah dipakai oleh Blue Bird dan Gamya. Bukan hanya sebagai taksi, mobil ini juga dikenal sebagai kendaraan patrol pihak kepolisian.

Kini Nissan Almera sudah tidak dijual dalam versi baru, jadi wajar ketika tidak banyak yang mengenalnya. Walau demikian, sedan entry level tersebut tetap layak untuk jadi incaran. Apalagi harganya sangat terjangkau, kisaran Rp 65 juta untuk keluaran 2014.

3. Toyota Etios

mobil sedan murah bekas taksi
Etios yang digunakan sebagai taksi berjenis sedan, beda dengan yang dijual umum bergaya hatchback

Toyota Etios armada taksi Express Group mungkin bisa jadi pilihan menarik untuk kamu yang cari mobil sedan murah bekas. Harganya mulai Rp 33 jutaan dengan tahun produksi 2013. Kenapa murah?

Salah satu alasannya karena kondisi mobil yang dijual sudah tidak lagi terawat. Maka dari itu ketika membeli, wajib melakukan perbaikan terutama untuk interior, eksterior, sampai dengan mesin. Kalau soal mesin, setidaknya sebelum beli pastikan dulu bisa hidup.

Ketika melakukan Etios sedan ini, sebaiknya datang bersama montir professional atau orang yang mengerti tentang seluk-beluk kendaraan. Maksudnya supaya saat proses perbaikan nanti, uang yang kamu keluarkan nanti tidak terlalu banyak.

4. Toyota Camry

mobil sedan murah bekas taksi
Meski tahun lama, tapi aura mewah Toyota Camry tidak pernah pudar

Siapa yang tidak tertarik dengan Toyota Camry? Mobil ini ada di segmen premium, banyak dipakai oleh pejabat pemerintahan. Wajar kalau harga barunya mencapai Rp 600 jutaan.

Hanya saja dalam kondisi bekas taksi, harganya jadi sangat terjangkau sekitar Rp 110 jutaan untuk keluaran 2011. Oleh karena itulah, Camry masuk salah satu pilihan mobil sedan murah bekas taksi yang bisa kamu beli.

Di samping punya kabin nyaman, Camry juga enak ditunggangi sendirian. Mobil mewah ini dibekali mesin 2.4 liter berbahan bakar bensin dengan performa mantap. Kemudian transmisinya juga telah otomatis, jadi tidak perlu injak kopling dan ganti gigi.

Baca juga  Berapa Harga Nissan Kicks e-Power? Mobil Listrik Termurah

5. Mercedes-Benz E200 Kompresor

mobil sedan murah bekas taksi
Mercedes-Benz bekas ini dijual cuma Rp 120 jutaan

Rekomendasi mobil sedan murah bekas taksi selanjutnya adalah Mercedes-Benz E200 Kompresor lansiran 2009. Kendaraan ini sudah tidak perlu diragukan lagi kenyamanannya. Hadir dari merek premium asal Jerman, tentu E200 sungguh istimewa.

Ambil contoh, kabin banyak mendapat aksen kayu untuk kenyamanan. Lalu tersedia pula mode berkendara dan jok pengaturan elektrik.

Hal menarik lain dari mobil Eropa ini, pakai kapasitas mesin 1.800 cc dengan teknologi kompresor yang bekerja layaknya supercharged. Alhasil performanya cukup mantap. Jika kamu tertarik, harga Mercedes-Benz E200 Kompresor (W211) ini Rp 120 juta. Murah bukan?

Tips Beli Mobil Sedan Murah Bekas Taksi

tips beli mobil bekas taksi
Kelebihan beli mobil bekas taksi adalah harganya sangat terjangkau

Itulah tadi pilihan mobil sedan murah bekas taksi yang ada di Indonesia. Banderolnya memang sangat terjangkau, tapi ada baiknya ikuti beberapa langkah berikut sebelum melakukan pembelian. Hal ini untuk meminimalkan kemungkinan mendapat mobil yang tidak tepat dan memperoleh kerugian di kemudian hari.

Berikut tips beli mobil bekas taksi yang dapat kamu coba:

Lakukan Test Drive

mobil bekas taksi
Lakukan test drive untuk mengetahui rasa berkendaranya secara komprehensif

Saat membeli mobil bekas taksi, ada baiknya kamu langsung datang sendiri ke pool yang dituju. Misalnya untuk armada Gamya, ada tiga lokasi: Depot S (TB. Simatupang 31, East Jakarta), Depot J (Joglo Raya 31, West Jakarta), dan Depot R (Pahlawan Revolusi 31, East Jakarta).

Sementara untuk taksi Express, kamu bisa datang langsung ke pool mereka yang berada di Cilangkap, Jakarta Timur. Lalu but Blue Bird bisa hubungi (021) 7918 0571 untuk menanyakan lokasi pool terdekat. Pasalnya mereka punya banyak sekali pool yang menjual mobil sedan bekas.

Keuntungan datang ke pool, selain bisa melihat langsung kondisi kendaraan, kamu pun dapat lakukan test drive. Coba aktifkan pula semua fiturnya, mulai dari lampu, AC, wiper, dan lain-lain. Hal ini dilakukan supaya kamu dapat informasi lengkap soal kendaraan yang mau dibeli.

Baca juga  Harga Toyota Kijang Innova Naik, Ada Apa?

Cari Mobil Sedan Populer

mobil bekas taksi
Merek Toyota merupakan pilihan mobil sedan bekas taksi yang cukup direkomendasikan

Tips beli mobil sedan murah bekas taksi selanjutnya adalah cari merek populer. Misalnya Toyota Limo, tentu kendaraan ini sangat disarankan lantaran sampai sekarang pun masih dipasarkan. Ditambah lagi, Limo punya kembarang Vios yang juga banyak beredar di jalan raya Tanah Air.

Dengan demikian, Toyota Limo bekas taksi yang kamu beli ada masalah, tentu bakal lebih mudah untuk mendapatkan spare part penggantinya. Berlimpahnya suku cadang di pasaran, juga membuat harganya otomatis lebih murah, serta banyak teknisi yang dapat memperbaikinya.

Kemudian Nissan Almera, memang mobil sedan ini diperuntukan khusus taksi. Hanya saja kamu perlu tahu bahwa mesin yang dipakai serupa dengan Nissan Grand Livina 1.5 liter. Setidaknya, kalau ada masalah di mesin, kamu bisa kanibal dari punya Livina. 

Siapkan Uang Lebih untuk Perbaikan

beli mobil bekas taksi
Biasanya mobil sedan bekas taksi harus diperbaiki dan dimodifikasi lagi supaya nyaman untuk dipakai jadi kendaraan pribadi

Kemudian yang tidak kalah penting, saat membeli mobil sedan murah bekas taksi adalah siapkan uang lebih buat perbaikan. Maklum, mobil seperti ini biasanya memiliki jarak tempuh sangat tinggi dan kerap digolongkan sebagai mobil lelah.

Oleh karenanya menyiapkan bujet sekitar 10 persen dari harga mobil merupakan hal wajar. Tujuannya adalah untuk melakukan penggantian spare part, servis, dan lain-lain. Permasalahan utama mobil bekas taksi biasanya ada di bagian kaki-kaki. Sebisa mungkin cek shock breaker, roda, ban, dan lain-lain.

Kamu juga dapat pakai uang perbaikan tersebut untuk meningkatkan kenyamanan, maklum mobil bekas taksi biasanya minim fitur modern. Jadi tidak ada salahnya saat berganti peran jadi mobil pribadi, kamu sematkan head unit layar sentuh, power window, serta fitur lain.

Setelah mengetahui rekomendasi dan tips beli mobil sedan murah bekas taksi, apakah kamu tertarik meminang salah satunya?

Terbaru