Selasa, Maret 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

12 Rekomendasi Mobil Eropa Murah di Indonesia Tahun 2021

by Baghendra Lodra
rekomendasi mobil eropa murah

Apakah ada mobil Eropa murah? Jangan pesimis dulu, pasar otomotif Indonesia ternyata memberi cukup banyak pilihan. Mulai dari Mini Countryman, VW Tiguan All Space, MG ZS, sampai dengan Renault Triber.

Mobil-mobil tersebut punya harga terjangkau, lantaran berbagai alasan. Sebagian karena sudah dirakit secara lokal di Indonesia. Ada pula yang merupakan produksi India.

Kemudian alasan lain, mobil itu memang dirancang untuk memperluas pangsa pasar ke negara-negara berkembang. Jadi kelasnya memang entry level. Walau demikian, dari sisi teknologi dan fitur tetap tidak kalah modern dibanding kendaraan merek Benua Biru lain.

Soal harga, yang disebut murah tentu relatif. Hanya saja kisaran mobil baru yang kami rekomendasikan mulai dari Rp 100 juta hingga Rp 700 juta. Buat mobil Eropa, harga Rp 700 juta termasuk murah. Pasalnya mayoritas dipasarkan dengan banderol di atas Rp 1 miliar.

Ingin tahu apa saja rekomendasi mobil Eropa murah yang dijual di Tanah Air? Untuk Jawabannya, simak bahasan berikut:

1. Renault Triber (Rp 196,8 juta)

renault triber

Triber merupakan salah satu mobil Eropa termurah yang dijual di Indonesia.

Harga Renault Triber mulai Rp 196,8 juta (OTR Jakarta). Banderol tersebut sekaligus membuatnya sebagai salah satu mobil Eropa paling murah di Indonesia.

Apa yang membuat Triber begitu terjangkau? Salah satu alasannya, mobil ini dibuat di India meski pakai merek Perancis. Penyebab lain, MPV ini cuma pakai kapasitas mesin 1.000 cc.

Walau murah, Triber tetap punya banyak kelebihan. Sebagai contoh di varian tertingginya tersedia head unit layar sentuh dengan konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay. Tidak hanya itu, ada pula fitur keyless, panel instrument digital, serta charger smartphone di setiap baris bangku.

Kapasitas kabin Renault Triber juga jadi keunggulan tersendiri. Mobil Eropa murah ini sanggup menampung 7-orang di dalam kabin. Selain itu, konfigurasi bangkunya juga sangat variatif. Bahkan jok paling belakang bisa dicopot ketika tidak dipakai.

2. VW Polo (Rp 315 juta)

Vw Polo

Mobil merek Jerman ini bisa murah karena dirakit di India. Bisa jadi alternatif dari Toyota Yaris dan Honda Jazz

Mobil Eropa murah selanjutnya yang bisa kamu beli di Indonesia adalah VW Polo, harganya mulai Rp 315 jutaan. Sama seperti Triber, Polo juga dibuat di India. Bedanya, mobil ini berjenis hatchback dan diperuntukkan untuk konsumen berjiwa muda.

VW Polo memiliki mesin 1.200 cc dengan teknologi turbo. Keistimewaan lain ada di sistem transmisi 7-percepatan dual-clutch automatic gearbox (DSG). Mesin tersebut bisa mengeluarkan torsi puncak 175 Nm pada 1.500 rpm – 4.100 rpm dan tenaga maksimal 106 hp pada 5.000 rpm. Performa tersebut bisa dikatakan mirip dengan hatchback 1.500 cc asal Jepang, seperti Toyota Yaris dan Honda Jazz.

Kemudian soal kenyamanan, mobl merek Jerman ini sudah ada head unit layar sentuh. Tidak ketinggalan memiliki audio steering switch untuk mengatur audio dari lingkar kemudi. Ada pula fitur cruise control untuk kemampuan berkendara yang lebih nyaman saat di jalan bebas hambatan.

3. Mercedes-Benz A 200 Sedan (Rp 700 juta)

merdes-benz a 200

A 200 merupakan sedan Mercedes-Benz paling murah di Indonesia. Mobil ini menggunakan mesin 1.3 liter dengan penggerak roda depan.

Jika yang dicari mobil Eropa merek Mercedes-Benz, maka A Class jadi produk termurahnya. Harga A 200 Sedan Progresive Line cuma Rp 700 jutaan.

Mobil ini dilengkapi mesin 1.332 cc dengan konfigurasi empat silinder. Jantung mekanis tersebut bisa mengeluarkan torsi 250 Nm pada 1.620 – 4.000 rpm dan tenaga maksimal 163 hp pada 5.500 rpm. Kemudian untuk transmisinya pakai 7G-DCT Automatic.

Klaim Mercedes-Benz, A 200 Sedan bisa melesat dari posisi diam hingga 100 Kpj dalam 8,1 detik. Lalu untuk kecepatan maksimalnya 230 Kpj.

Soal fitur, mobil Eropa murah asal jerman ini dilengkapi banyak fitur modern. Sebut saja active parking assist dengan parktronic, dynamic select, pengaturan jok elektrik, kamera parkir, dan touchpad. Kemudian yang tidak kalah menarik adalah active brake assist untuk mencegah terjadi kecelakaan depan, caranya mengaktifkan pengereman secara otomatis.

4. Peugeot 3008 (Rp 710 juta)

peugeot 3008 - mobil eropa murah

SUV ini cuma bisa menampung 5-orang

Merek mobil Peugeot masih eksis di Indonesia, dan menjual mobil dengan harga cukup terjangkau. Salah satu yang menarik adalah Peugeot 3008. SUV kelas menengah ini memiliki tampilan eksterior gagah dan interior nyaman.

Hanya saja memang, di kabin cuma bisa menampung total 5-orang. Kelebihannya ada fitur-fitur berlimpah seperti panoramic sunroof, built-in gps, dan peugeot i-cockpit.

Kemudian mesin yang digunakan berkubikasi 1.598 cc. Jantung mekanis ini bisa mengeluarkantenaga 165 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 240 Nm pada 1.400 rpm.

Jika kamu tertarik, harga Peugeot 3008 Rp 710 jutaan.

5. Renault Kwid Climber (Rp 170,8 juta)

mobil eropa murah renault kwid

Mobil merek Perancis ini dijual dengan harga mulai Rp 149 jutaan. Bisa jadi alternatif untuk kamu yang bosa dengan city car asal Jepang.

Mobil Eropa murah selanjutnya adalah Renault Kwid Climber. Lagi-lagi pabrikan asal Perancis menjual murah produknya. Banderol Kwid mulai Rp 170,8 juta (OTR Jakarta) atau jadi mobil Eropa termurah di Indonesia.

Harganya beda tipis dengan kendaraan LCGC, seperti Toyota Agya, Honda Brio, dan Daihatsu Ayla. Dengan demikian, Kwid benar-benar bisa jadi alternatif buat kamu yang ingin mencari city car murah.

Kwid Climber memiliki mesin 3-silinder berkapasitas 1.000 cc. Jantung mekanis itu mampu menghasilkan tenaga 68 ps dengan torsi sebesar 91 Nm. Soal sistem transmisi, tersedia pilihan manual 5-percepatan, sementara Climber hanya tersedia AMT.

Bicara soal fitur kenyamanan, city car ini dilengkapi head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang telah terintegrasi Android Auto atau Apple CarPlay. Ada pula arm rest di bangku baris kedua. Lalu soal keselamatan, tersedia Dual SRS Airbags, ABS+EBD, serta empat buah sensor parkir di belakang. 

6. MG ZS (Rp 261,8 juta)

MG ZS

Mobil merek Inggris ini punya desain mirip Mazda CX-3

Buat kamu yang belum tahu MG, ini merupakan merek mobil asal Inggris. Hanya saja memang sudah ada campur tangan Negeri Tirai Bambu untuk produksinya. Di Indonesia, MG baru menjual satu model saja yaitu ZS.

Kalau melihat tampilannya, MG ZS merupakan jenis SUV yang agak mirip dengan Mazda CX-3. Salah satu kelebihan MG ZS, harganya murah mulai Rp 261,8 juta (OTR Jakarta).

Dengan banderol tersebut, kamu sudah mendapat fitur keselamatan yang cukup lengkap. Ada pula performa mesin 1.500 cc yang cukup oke. Di atas kertas, torsi yang dihasilkan bisa mencapai 150 Nm pada 4.500 rpm dan tenaga maksimal 114 ps pada 6.000 rpm. Jantung mekanis MG ZS dipadankan dengan transmisi otomatis 4-percepatan.

7. Peugeot 5008 (Rp 765 juta)

peugeot 5008 - mobil eropa murah

Ini merupakan kembaran Peugeot 3008, hanya saja dimensi 5008 lebih besar dan bisa menampung 7-orang di kabin

Kalau kamu lihat sekilas, maka Peugeot 3008 dan 5008 tidak beda jauh. Maklum, basis keduanya memang serupa. Begitu pula harga mobil Eropa murah ini, masih dikisaran Rp 700 jutaan.

Banderol untuk Peugeot 5008, tepatnya ada di angka Rp 765 jutaan. Menarik karena dimensinnya lebih besar, kemudian kabinnya juga mampu menampung penumpang lebih banyak hingga 7-orang. Pada bangku baris kedia, tersedia dua kursi tambahan, walau memang tidak untuk orang dewasa.

Soal fitur dan mesin, kurang lebih mirip dengan Peugeot 3008. Tertarik memilikinya?

8. Mini Countryman Cooper

mini countryman

Countryman sudah dirakit di Indonesia

Bila mencari mobil eropa murah keluaran Mini, bisa pilih Countryman Cooper seharga Rp 700 juta. Salah satu keistimewaannya adalah dirakit di Indonesia. Oleh karena itu bisa dijual murah.

Meski semua mobil Mini bentuknya hampir sama, namun perlu kamu ketahui ciri Countryman dapat diliat dari bodinya yang lebih bongsor. Kemudian ground clearance juga cukup tinggi. Hal ini dikarenakan Countryman merupakan mobil SUV dari Mini.

Jadi selain nyaman diajak berkendara di dalam kota, Countryman pun dapat diandalkan saat melalui perjalanan luar kota dengan medan yang beragam. Kabinnya yang luas juga memastikan 5-orang nyaman berada di dalam.

Soal performa, Mini Countryman Cooper menggunakan mesin 1.5 liter 3 silinder dengan teknologi TwinPower Turbo. Performa yang bisa dihasilkan adalah tenaga 136 hp dan torsi hingga 220 Nm.

9. VW Tiguan All Space

mobil eropa murah vw tiguan

Harga VW Tiguan All Space cuma Rp 615 jutaan

Salah satu yang menarik dari mobil Eropa murah, VW Tiguan All Space adalah sudah dirakit di Indonesia. Oleh karena itulah harganya bisa sangat terjangkau, cuma Rp 615 jutaan.

Kendaraan ini berjenis SUV dengan dimensi cukup bongsor. Alhasil mampu memuat banyak penumpang di dalam kabin. Soal fitur modern, tidak perlu diragukan. Ada sistem pencahayaan Full LED, konektivitas head unit dengan Apple CarPlay dan Android Auto, serta navigasi.

Soal kenyamanan dan keselamatan, VW Tiguan All Space memiliki park assist dan area view. Lalu mobil merek Jerman tersebut juga menawarkan pembuka bagasi dengan kaki. Ada pula Dynaudio untuk kenyamanan telinga saat mendengar musik.

Bicara mesin, VW Tiguan rakitan dalam negeri dilengkapi kapasitas 1.4 liter TSI. Jantung mekanis empat silinder tersebut bisa mengeluarkan torsi hingga 250 Nm dan tenaga maksimal 150 hp. Padanannya adalah transmisi otomatis 6-percepatan dengan kopling ganda.

10. Audi A3

mobil eropa murah audi a3 sportback

Hatchback merek Jerman ini dilengkapi mesin turbo berkapasitas 1.200 cc.

Mobil Eropa murah yang terakhir adalah Audi A3 Sportback, harganya Rp 700 jutaan. Banderolnya terjangkau karena cuma pakai mesin 1.2 liter dengan teknologi Turbo FSI. Walau mungil, tapi performanya sungguh istimewa.

Di atas kertas, mesin hatchback merek Jerman tersebut bisa memuntahkan torsi hingga 175 Nm pada 1.400 – 4.000 rpm dan tenaga maksimal 110 hp pada 4.600 – 5.600 rpm. Jantung mekanis itu dipadankan dengan transmisi 7-percpetan S-Tronic.

Walau merah, kenyamanan berada di kabinnya tidak lantas ditelantarkan. Audi memberi delapan speaker untuk memanjakan telinga. Kemudian tersedia head unit layar sentuh, paddle shift, 2 zone air conditioner, dan audio steerting swtich. Tidak ketinggalan sistem pencahayaan sudah full LED.

Soal keselamatan, Audi A3 Sportback memiliki enam airbag dengan rem tangan elektrik dan hill hold assist.

11. MG HS (Rp 375,8 juta)

mobil eropa murah - mg hs i-smart

MG HS kini dilengkapi teknologi i-Smart yang membuatnya istimewa

Mobil merek Inggris yang harganya terjangkau adalah MG HS. Di Indonesia, SUV ini dijual mulai Rp 375,8 juta (OTR Jakarta).

Dimensinya lebih bongsor dari MG ZS selaku sang adik. Kemudian performa mesinnya juga lebih mantap. Ada teknologi turbo yang menyertai MG HS sehingga sanggup melontarkan trosi hingga 250 Nm pada 1.700-4.400 rpm dan tenaga 162 PS pada 5.600 rpm. Padanannya adalah transmisi dual clutch 7-percepatan.

Kehadiran mesin turbo itu, mampu membuat performanya istimewa. Lalu rasa berkendara sporty juga hadir lewat jok ala mobil sport, serta lingkar kemudi dengan bobot tepat.

Lebih istimewa lagi, MG HS kini punya varian tertinggi atau magnify yang sudah pakai teknologi i-Smart. Kehadirannya mampu membuat MG HS i-Smart lebih nyaman dan selamat saat dikendarai.

12. Renault Koleos (Rp 588 juta)

New Renault Koleos - mobil eropa murah

Koleos istimewa karena punya fitur yang bisa membuat mobil parkir secara otomatis

Pilihan mobil Eropa murah yang terakhir adalah Renault Koleos. SUV ini sesungguhnya kembaran dari Nissan X-Trail. Hanya saja memang di bawah brand Renault, Koleos tampak lebih mewah.

Kamu bisa lihat kemewahan dari tampangnya yang lebih keren, dengan lampu LED di paras berbentuk mirip huruf C. Lalu interiornya juga memiliki head unit layar sentuh besar.

Ditambah lagi, Renault Koleos memiliki fitur yang bisa memarkirkan kendaraan sendiri. Tertarik punya? Harga SUV merek Perancis ini mulai Rp 588 jutaan.

Mobil Eropa Murah Bekas, Harganya Lebih Terjangkau

MINI Countryman rakitan lokal

Mini Countryman bekas, banderolnya bisa lebih terjangkau. Bisa jadi alternatif untuk kamu yang menginginkan kendaraan merek Eropa

Usai mengetahui rekomendasi mobil eropa murah yang kami berikan, kira-kira kendaraan apa yang paling buat kamu tertarik? Kalau ternyata bujet kamu tetap tidak cukup, coba pilih dalam kondisi bekas.

Pastinya mobil Eropa bekas dijual lebih murah lagi. Ambil contoh VW Polo bekas lansiran 2015, banderolnya berkisar Rp 150 jutaan. Kemudian Mini Countryman 2015, harganya cuma Rp 500 jutaan.

Hanya saja ketika membeli mobil Eropa murah dalam kondisi bekas, perlu lakukan test drive terlebih dulu. Wajib untuk perhatikan eksterior, interior, sampai dengan rasa berkendaranya. Pasalnya selain tahun produksi, kalau kondisi mobil bekas kurang baik bakal mempengaruhi harga.

Kemudian kendaraan merek Benua Biru juga identik dengan kelistrikan yang rumit. Tidak ketinggalan, kamu perlu memperhatikan komponen ini lebih detail. Tujuannya tidak lain, supaya ketika mobil bekas tersebut jadi milik kamu, tidak akan ada banyak masalah untuk perbaikan.

Itulah tadi tips membeli mobil Eropa bekas dari kami, semoga bisa bermanfaat!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika