Review Yamaha MX King 150 – Bebek Underbone Flagship Yamaha

Yamaha MX King 150
Yamaha MX King 150

Kali ini Jinny pengen nyobain motornya Komeng si bebek Underbone Yamaha MX King 150. Bebek satu ini udah akrab dimata masyarakat dengan bintang iklan yang diperankan Komeng sejak pertama kali diperkenalkannya MX gen pertama. Konsep bebek Underbone yang diwariskan oleh Jupiter MX tidak begitu banyak mengalami perubahan dari segi tampilan.

Yamaha Jupiter MX King

*Angsuran mulai dari

Mesin yang diadopsi pun mendapat peningkatan performa dari mesin berkubikasi 135 cc menjadi 150 cc. Tidak hanya mengalami peningkatan dapur pacu, New MX King juga mempunyai fitur-fitur canggih seperti saudara kembarnya Yamaha MX 150. Varian yang ditawarkan oleh Yamaha ada 2 pilihan yaitu MX King dengan livery alias striping standar dan MX King Yamaha Movistar dengan selisih harga yang tidak terlalu jauh.

Performa & Handling Yamaha MX King 150

Suara lembut mesin MX King 150 saat pertama kali terdengar membuat Jinny agak skeptis tentang performa si bebek Underbone ini. Jika melihat spesifikasi pada brosur, mesin SOHC (Single Overhead Camshaft), berkubikasi 150 cc over-stroke dengan perbandingan kompresi 10,4 : 1 dan hanya memiliki 5 gigi percepatan yang membuatnya terkesan biasa aja dibanding dengan bebek 150 cc sekelasnya.

Mesin MX King 150
Sisi mesin MX King 150

Nah, pas diajak jalan, baru dah tuh performa mesin sang “raja jalanan” ini terbukti. Ternyata akselerasinya lumayan juga nih, tendangan dari power mesin cukup powerfull untuk sebuah motor bebek. Gigi 1 mampu meraih kecepatan hingga 45 – 50 Km/jam jika digeber sampai redline. Kebayang kan misal Yamaha MX King 150 terbaru dibekali dengan 6 percepatan, bisa nyalip R15 nih kayaknya.

Baca Juga Review Motor Lainnya Disini!

Karakter bebek Underbone yang mempunyai bobot ringan serta mudah dikendalikan semuanya dimiliki oleh si kuda besi ini. Terbukti saat dipake “miring” di tikungan rasanya motor satu ini nurut banget meskipun posisi motor sudah agak rebah. Kelebihan lainnya ada pada tapak ban yang lebih lebar  dibanding generasi MX lawas, daya cengkram ke aspal lebih besar menambah unsur safety meskipun melibas jalanan licin.

Desain Yamaha MX King 150

Yamaha MX King 150

Konsep yang dibawa masih sama dengan gen lawasnya, namun bodi keseluruhan mendapat sentuhan baru terlebih pada bagian buritan Yamaha MX King 150 dengan adanya Stoplamp yang bentuknya mirip banget sama model Stoplamp punya R25. Seksi banget, cocok banget sama ban tapak lebarnya.

Honda CB150 Verza

*Angsuran mulai dari

Dari samping nampak tidak begitu berbeda dari generasi sebelumnya, sporty dan terlihat mewah dengan sein yang lebih sipit. Namun hal yang berbeda Jinny temui pada bagian depan, Yamaha MX King 150 ini mempunyai lampu senja LED yang membuat motor ini terlihat makin keren. Hal tersebut berbeda dengan kembarannya yaitu MX 150 yang tidak punya lampu senja.

Kenyamanan Berkendara dengan Yamaha MX King 150

Motor yang satu ini memiliki suspensi depan yang paling pas menurut Jinny, tidak terlalu keras gak juga empuk-empuk banget. Momentum dapat diredam dengan sempurna saat hardbraking pada kecepatan tinggi. Peran shock breaker depan juga mempengaruhi handling sebab gejala limbung saat melibas tikungan dapat diminimalisir.

Suspensi belakang MX King 150
Suspensi Belakang MX King 150

Sedangkan penggunaan model monoshock pada suspensi belakang empuk banget, terkadang sok belakang bisa sampai ambles apabila dipake boncengan. Tidak ada reaksi bouncing alias mantul-mantul yang berlebihan.

Kelebihan Yamaha MX King 150 :

  1. Ergonomis
  2. Suspensi yang empuk
  3. Speedometer analog digital
  4. Ban belakang dengan tapak lebar
  5. Aksesoris untuk MX King lumayan banyak

Kekurangan Yamaha MX King 150 :

  1. Headlamp masih menggunakan bohlam biasa
  2. Sok belakang terkadang mendem saat berboncengan

Kesimpulan

Kesan saat pertama kali test ride cukup banyak mendapat nilai plus dari Jinny, pasalnya performa mesin dan handling yang bagus untuk sekelas motor bebek Underbone membuat Yamaha MX King 150 sangat pantas disebut “Raja” di kelasnya. Dan buat kalian yang lebih suka performa motor dengan akselerasi yang responsif namun tetap nyaman dan fungsional khas motor bebek motor ini sangat Jinny rekomendasikan.

Kawasaki W 175

*Angsuran mulai dari

Sampai disini dulu penjelasan menurut Jinny tentang Yamaha MX King kali ini, kalian juga bisa cek harga dan spesifikasi Yamaha MX King 150 secara lengkapnya di website moladin.com disini.

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *