Review Yamaha YZF-R25 – Aura MotoGP Jalanan

Halo sobat Jinny, kali ini Jinny mau nge-review motor sport fairing Yamaha R25 terbaru yang mempunyai garis keturunan dari Yamaha R series. Memiliki mesin 2 silinder linier yang juga disematkan pada MT 25 yang keduanya dirakit di Indonesia. Yamaha YZF-R25 merupakan salah satu sport fairing 250cc dari Yamaha yang cukup menarik dan banyak diminati selain R15.

Yamaha YZF-R25
Yamaha YZF-R25

 

Sejak pertama kali diperkenalkan ke publik, motor sport 250cc besutan Yamaha ini memiliki livery alias stripping ala MotoGP. Bagaimana tidak, dengan paras yang “racy” abis ini keren banget meski notabene Yamaha YZF-R25 ini merupakan motor jalanan.

Yamaha YZF-R25

*DP mulai dari

Performa dan Handling Yamaha YZF-R25

sektor mesin yamaha r25
Sektor Mesin Yamaha YZF-R25

 

Suara mesin saat idle terdengar halus dan minim vibrasi terutama pada stang hampir tidak terasa getaran. Mesin parallel twin silinder yang diusung Yamaha R25 ini memiliki ledakan tenaga yang “bengis”, powernya berisi disetiap putaran RPM bawah hingga atas. Pantas saja, power yang dimuntahkan si bengis ini mencapai 35 Dk pada 12.000 RPM.

Baca Juga Review Yamaha MT 25 Disini!

Sayangnya pada saat masuk gigi 1, bunyi perpindahan gear terdengar cukup kasar “bletak” namun setelah masuk gigi 2 dan seterusnya terdengar wajar. Untuk topspeed yang pernah Jinny raih yaitu 150 KM/h di 13.000 RPM, belum sampai gigi 6 hanya sampai di gigi 5 karena keterbatasan trek lurus dan alasan safety.

rangka yamaha r25
Rangka Yamaha YZF-R25

 

Soal handling Yamaha R25 terasa kurang kalo menurut Jinny. Pasalnya suspensi si bengis ini terasa lebay, empuk banget. Nyaman kalo digeber pada kecepatan rendah hingga sedang, ayunan suspensinya pas. Efek buruknya, dengan suspensi yang terlampau empuk malah timbul gejala ngayun dan kurang stabil ketika high speed di permukaan jalan yang kurang mulus (beton). Nilai plusnya, dipake manuver di tikungan bahkan saat melakukan hard braking, motor ini gampang nurut. Ayunan suspensi yang lembut membuat sensasi menikung lebih mantap.

Cek cicilan untuk Yamaha R25 Terbaru

Desain Yamaha YZF-R25

sisi depan yamaha yzf-r25
Headlamp Yamaha YZF-R25

 

Desain Yamaha YZF-R25 kalo dilihat dari depan menurut Jinny kurang eye catching dan sederhana. Harus mengambil angle tertentu untuk bisa mengagumi ketampanan sport fairing 250cc Yamaha satu ini. Pada bagian Tangki yang menggunakan kondom, sebagian orang termasuk Jinny merasa terganggu. Saat area ini tertekan, menimbulkan bunyi-bunyian yang aneh “kriett..kriet” seperti ada beberapa part yang bergesekan. Namun dengan adanya kondom tangki ini, shape pada permukaan tangki lebih mudah dibentuk. Masalah cat, tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

kondom tangki Yamaha r25
Tangki Yamaha YZF-R25

 

Namun perlu digaris bawahi, selera setiap individu berbeda-beda dalam hal desain tidak dapat dijadikan tolak ukur jika dibandingkan dengan sport fairing setara. Well, harapan Jinny semoga segera muncul Yamaha YZF-R25 facelift ataupun Yamaha R25 2018 dalam waktu dekat ini.

Suzuki Smash FI New

*DP mulai dari

Kenyamanan Berkendara dengan Yamaha R25

Sport fairing yang satu ini memiliki posisi stang yang tidak terlalu membungkuk seperti Honda CBR 250 RR. Feel berkendara lebih rilex untuk sekelas motor sport fairing. Jok yang dimiliki Yamaha R25 ini terbilang empuk dan nyaman meskipun penampakannya terlihat tidak terlalu tebal. Posisi duduk boncengers juga tidak terlalu tinggi sehingga pembonceng tidak terlalu berat menumpu beban di punggung.

Kelebihan Yamaha YZF-R25

  1. Seat Height (780mm) yang cukup ramah untuk mayoritas orang Indonesia
  2. Handling cukup mudah
  3. Beberapa part dapat disubtitusi dengan milik MT25
  4. Vibrasi mesin minim

Kekurangan Yamaha YZF-R25

  1. Perakitan kondom tangki terasa kurang solid
  2. Suspensi belum menggunakan monocross link

Kesimpulan

Motor sport fairing tanpa didukung oleh suspensi yang mumpuni Jinny rasa hal tersebut merupakan kekurangan yang patut dijadikan perhatian. Efeknya bukan hanya pada kenyamanan berkendara, juga berimbas pada unsur safety. Fitur yang disematkan pada Yamaha R25 terbaru kurang lengkap dibanding adiknya Yamaha R15. Namun harga Yamaha R25 yang ditawarkan rupanya cukup logis apabila fitur yang diusung dibilang pas-pasan, coba bandingkan harga motor sekelasnya. Finally, Jinny berharap kedepannya Yamaha YZF-R25 setidaknya memiliki suspensi yang lebih mumpuni serta fitur Assist & Slipper Clutch seperti yang disematkan pada All New R15.

Gimana guys, dengan budget Rp. 57 jutaan untuk versi Yamaha R25 Standart, dan Rp. 63 jutaan untuk versi ABS nya, cukup worth bila kalian boyong si “Baby M1” ini ke rumah. Sport Fairing dengan OTR termurah saat ini

Suzuki Address FI

*DP mulai dari

Yuk beli Yamaha R25 Sekarang! Nikmati DP rendah dengan cicilan ringan cuma di Moladin

Share this!

3 thoughts on “Review Yamaha YZF-R25 – Aura MotoGP Jalanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *