Riding Ketika Hujan, Wajib Cek Empat Komponen Ini!

Riding Ketika Hujan – Hujan mulai sering turun di wilayah Jabodetabek akhir-akhir ini, dari yang intensitasnya rendah hingga tinggi. Tentu bagi pengendara motor ini bukanlah kabar baik, apalagi buat mereka yang aktivitas hariannya hampir tak pernah absen menggunakan motor. Nah, Moladiners yang mengalami hal serupa, wajib nih memberi perhatian lebih pada motornya.

Sebelum riding ketika hujan, ada beberapa komponen yang sebaiknya dilakukan pengecekan untuk memastikan keamanan pengendara ketika riding. Dikutip dari laman suzuki.co.id, empat komponen inilah yang wajib jadi perhatian Moladiners.

Riding ketika Hujan, Perhatikan Kondisi Ban

riding-ketika-hujan-wajib-cek-empat-komponen-iniBan wajib memiliki alur atau kembangan yang cukup

Hal pertama yang perlu diperhatikan Moladiners adalah ban. Ban perlu dipastikan apakah kondisinya masih bagus, itu artinya kondisi ban tidak boleh aus dan harus memiliki alur atau kembang yang cukup untuk bisa mengalirkan air.

Hal ini sangatlah penting karena akan berbahaya jika menggunakan ban yang kondisinya sudah botak, khususnya saat hujan karena tidak ada alur untuk buangan air yang ada di permukaan jalan. Kalau memang sudah menyentuh batas TWI (Tread Wear Indicator) sebaiknya ban segera diganti.

Prodak Kelebihan Harga
Suzuki GSX R 150 Mesin Impresif di Putaran Atas Cek Promonya di Sini
Suzuki GSX S 150 Harga Lebih Terjangkau Cek Promonya di Sini

Baca Juga :

Cek Kampas Rem

cek kapas remPastikan kampas rem dalam kondisi yang masih tebal

Riding ketika hujan, Moladiners juga harus mengecek kondisi kampas rem. Komponen yang satu ini menjadi lebih vital ketika musim hujan, karena fungsinya untuk menghentikan laju kendaraan. Harus dipastikan kampas rem motor masih tebal dan masih layak pakai di kondisi jalanan yang basah.

Riding Ketika Hujan Wajib Cek Minyak rem

minyak rem harus selalu terisiMinyak rem harus selalu terisi, tidak kurang juga lebih

Minyak rem juga tak boleh ketinggalan untuk selalu di cek ya Moladiners. Agar pengereman menjadi lebih maksimal saat kondisi jalanan basah, selain kampas rem yang masih prima, jangan lupa juga pastikan minyak rem masih cukup dan tidak kurang, cek secara berkala.

Oli Jangan Sampai Bocor

oli jangan sampai bocorOli jangan sampai bocor

Hal selanjutnya, riding ketika hujan tidak boleh dilakukan dengan kondisi oli bocor. Bila terjadi kebocoran oli di kondisi jalanan yang basah tentu akan berbahaya, membuat aspal jadi makin licin. Berisiko tinggi kecelakaan pastinya.

So, buat Moladiners selalu cek empat komponen ini ya sebelum riding di kondisi hujan. Meski empat komponen di atas sudah dipastikan dalam kondisi prima, ada baiknya saat musim hujan selalu berkendara dengan aman. Jangan memacu kendaraan terlalu kencang, dan selalu jaga jarak aman.

Buat kamu yang tertarik membeli Motor Terbaru dengan DP ringan dan berbagai promo lain, langsung saja klik link ini!

Baca Juga:

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *