Monday, October 3, 2022

Sanksi Pelanggar Ganjil Genap di Tol Saat Mudik Lebaran 2022, Tilang?

by Firdaus Ali
sanksi pelanggar ganjil genap di tol

Pemberlakuan sistem ganjil genap sudah resmi diketok palu oleh pihak-pihak terkait. Nah, bagaimana sanksi pelanggar ganjil genap di tol saat mudik lebaran 2022?

Seperti diketahui, Korps Lalu Lintas Polri beserta pihak-pihak terkait telah melakukan uji coba rekayasa lalu lintas dengan sistem ganjil genap di jalan tol Trans Jawa mulai 25 April 2022. Adapun penerapan uji coba itu berdasarkan keputusan bersama Korlantas Polri, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Badan Usaha Jalan Tol.

Uji coba tersebut rencananya dilakukan selama 3 hari. Yaitu Senin (25/4/2022) jam 11 sampai jam 1 siang. Dimulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 47 (Karawang Barat) s.d GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 70.

Kemudian Selasa (26/4/2022) jam 11 sampai jam 1 siang. Dimulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 47 (Karawang Barat) s.d GT Palimanan Utama Jalan Tol Cipali Km 188. Serta selanjutnya Rabu (27/4/2022) dari jam 10 sampai jam 5 sore dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 47 (Karawang Barat) s.d GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang Km 414.

Kembali ke pembahasan mengenai sanki pelanggar ganjil genap di tol saat libur lebaran 2022. Apa sanksinya?

Sanksi Pelanggar Ganjil Genap di Tol

sanksi pelanggar ganjil genap di tol

Pelanggar ganjil genap di tol akan diarahkan keluar GT tol terdekat

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengungkapkan bahwa sanksi pelanggar genjil genap di tol saat mudik lebaran 2022 tidak dengan tilang selama periode arus mudik lebaran tahun 2022. Yaitu mulai 25 April sampai 1 Mei 2022.

Meski begitu, mobil yang tidak sesuai tanggal tetap akan diarahkan keluar melalui pintu tol terdekat.

“Tidak ada tilang bagi pelanggaran ganjil genap pada saat one way di tol. Ketika menemukan ada kendaraan yang tidak sesuai tanggal, maka akan dikeluarkan,” ungkap Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (24/4/2022).

Meski tidak ada pos penyekatan, pihak kepolisian mengungkapkan bahwa mobil atau kendaraan yang tidak sesuai tanggal ganjil genap dari arah Jakarta akan diarahkan keluar gerbang tol karawang Barat dan Cikarang Barat.

Kemudian jika masih ada yang meloloskan diri, petugas juga bisa mengeluarkan mobil di Cibatu (Km 34), Cikarang Timur (Km 37), dan Karawang Barat (Km 47). Sementara itu, pelanggar yang dari arah sebaliknya atau ke Jakarta akan dikeluarkan di tol Kapyak, Jatingaleh, dan Srondol.

Moladiners, itulah ulasan mengenai sanksi pelanggar ganjil genap di tol saat libur lebaran 2022. Buat kamu yang berniat mudik jangan lupa cek kondisi mobil terlebih dahulu ya.

Selain itu jangan lupa juga untuk menjaga kondisi fisik saat mengemudi, istirahat jika sudah merasa Lelah. Tak lupa juga pastikan plat nomor mobil sesuai dengan tanggal pas kamu berangkat mudik.

Oh ya, jika kamu berniat menjual atau membeli mobil bekas yang berkualitas dengan harga kompetitif serta informasi otomotif yang menarik, simak terus Moladin.com.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika