by

‘Sayonara’ Mitsubishi Outlander Sport di Indonesia

Pemasaran Mitsubishi Outlander Sport nampaknya bakal dihentikan di Indonesia. Hal ini sejalan dengan menghilangnya Outlander Sport dari situs resmi Mitsubishi Indonesia. Lalu pertanyaannya apakah mobil ini benar-benar tidak lagi dijajakan?

Menggali informasi lebih dalam mengenai Mitsubishi Outlander Sport yang kena suntik mati, kami pun menggali ke sejumlah jaringan dealer Mitsubishi di Jakarta. Hasilnya pun mengejutkan, karena sebagian dealer memang tak lagi menyediakan Outlander Sport.

“Stoknya saat ini di dealer kami sudah habis. Jadi konsumen yang berminat itu agak sulit nyari stok unitnya,” ujar seorang tenaga penjual dealer Mitsubishi kepada Moladin.

Nah, jadi buat kalian yang masih ingin membeli Outlander Sport baru sepertinya sulit. Kalian harus mencari ke sejumlah dealer yang masih punya stok unit. Alternatifnya juga bisa membeli Mitsubishi Outlander dalam kondisi bekas.

Pasalnya jika mengacu pada laman resmi Mitsubishi Indonesia, saat ini mereka fokus menjual Pajero Sport, Xpander, Eclipse Cross, dan sejumlah produk lainnya. Khusus untuk Outlander Sport sepertinya sudah tidak lagi, karena telah hilang dari situs resmi.

Baca juga  Beda Daihatsu Rocky ADS Vs ASA, Beli yang Mana?

Sejatinya kabar mengenai Mitsubishi Outlander Sport yang berhenti dijual tak mengaggetkan. Petinggi PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pun pernah menyampaikan bahwa belum berencana untuk memasarkan Outlander Sport terbaru untuk pasar Tanah Air.

“Jujur saja, kami belum ada rencana untuk meneruskan atau memperkenalkan mobil perkotaan (city car) Mitsubishi Mirage ataupun Outlander Sport baru di pasar Indonesia. Kami sudah memutuskan untuk terus meningkatkan kapasitas produksi Xpander di pabrik perakitan kami,” ujar Direktur Penjualan & Pemasaran PT MMKSI Irwan Kuncoro beberapa waktu lalu.

Sejalan dengan itu, sejatinya penjualan SUV Mitsubishi tak semulus yang dibayangkan. Pasalnya SUV 5-penumpang ini terus mengalami penurunan penjualan setiap tahunnya.

Penjualan Mitsubishi Outlander Sport Merosot Sejak 2013

Mitsubishi Outlander Sport 2012
Salah satu SUV yang memiliki desain mewah dan fitur modern

Berdasarkan catatan kami, sebenarnya penjualan Mitsubishi Outlander Sport di Indonesia tak semanis SUV Mitsubishi lainnya. Terhitung sejak diluncurkan di tahun 2012 lalu.

Outlander Sport berstatus facelift terakhir di tahun 2017. Kala itu MMKSI merilis Outlander Sport Action yang merupakan edisi khusus dari SUV-nya itu.

Baca juga  Kapan Land Cruiser 300 Masuk Indonesia? Ini Jawaban Toyota

Sentuhan penyegaran terjadi pada sisi eksterior dan interior. Sementara mesin masih mengandalkan mesin berkode 4A91 MIVEC 1.5L DOHC 16 Valve yang memiliki tenaga hingga 104 PS dengan torsi maksimum 141 Nm.

Mengacu pada data penjualan Mitsubishi Outlander Sport dari tahun ke tahunnya memang terus mengalami penurunan. Di tahun tahun 2021, Mitsubishi mencatat penjualan SUV ini sebanyak 5.118 unit. Masuk tahun kedua, tepatnya di tahun 2013 penjualannya menurun, jadi 4.706 unit Outlander Sport.

Enam tahun pasca peluncuran, penjualan Outlander Sport tak kunjung membaik. Menembus angka 1.000 unit pun cukup berat rasanya, di mana tahun 2018 penjualan Outlander Sport hanya sebanyak 816 unit.

Keputusan Mitsubishi Indonesia menghentikan pemasaran Outlander bukan tanpa alasan, kalau melihat penjualannya cenderung terus menurun.

Terlebih saat ini pilihan produk sudah diisi dengan Eclipse Cross, yang sama-sama menawarkan konfigurasi 5-penumpang. Namun punya fitur lebih canggih. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Baca juga:

Baca juga  Cuma 3 Hari, 1.000 Unit Suzuki Jimny Ludes Terjual

Terbaru