Friday, February 3, 2023
Banner

Sedan Daihatsu Kembaran Vios, Siap Meluncur Tahun Ini?

by Tigor Sihombing

Sedan Daihatsu kembaran Vios digadang-gadang akan meluncur di Indonesia. Kabarnya dari sisi harga juga akan jadi sedan termurah di Indonesia.

Kehadiran Daihatsu model sedan ini terpantau dari laman resmi pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI). Di sana terlihat, Daihatsu secara resmi mengajukan hak paten untuk mobil berbentuk sedan dengan nomor permohonan A00202204663 dan disebutkan sebagai alat transportasi.

Paten sedan baru Daihatsu itu terdaftar di Direktorat Hak Cipta dan Desain Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM. Lalu untuk pemohonnya adalah Daihatsu Motor Co., LTD,beralamat di Osaka, Jepang.

Selain itu, laman PDKI juga mencantumkan dua foto tiga dimensi yaitu tampak samping dari depan dan belakang. Terlihat dari gambar yang beredar, mobil sedan Daihatsu tersebut tampil dengan desain hasil rendering. Secara lekuk bodinya, tampak menyerupai Toyota Vios terbaru atau Vios Gen-4.

Apakah mungkin nantinya sedan Daihatsu tersebut tampil menggunakan body Vios dan menjadi sedan kembar bersama Toyota? Hal tersebut bisa saja terjadi. Jika begitu, kolaborasi mobil kembar Daihatsu-Toyota akan bertambah. Sebelumnya ada Avanza dan Xenia, Raize dan Rocky, serta Rush dan Terios.

Baca juga  4 Mobil Mewah Bekas Taksi, Murah Banget!

Sedan Daihatsu, Harganya Termurah di Indonesia!

Sedan Daihatsu kembaran Vios

Gambar Sedan Daihatsu yang terdaftar di DJKI

Sebelumnya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, pabrikan mobil Daihatsu pernah memerkan sosok sedan concept bernama DN F-Sedan. Menurut hasil riset Daihatsu, mobil tersebut tidak begitu mendapatkan respons positif di masyarakat.

Tujuan awal Daihatsu menampilkan sedan konsepnya, tidak lain adlaah untuk cek ombak. Ketika masyarakat kurang minat, maka DN-F Sedan tidak sampai ke tahap produksi massal. Hasil survey dari Daihatsu saat itu, masyarakat Indonesia lebih banyak tertarik pada mobil jenis tujuh penumpang. Selain itu, Daihatsu menyakini masyarakat butuh mobil dengan ground clearance tinggi, karena banyak jalan rusak dan banjir. Jadi, bukan sedan!

Lain dulu, lain sekarang. Bukan tidak mungkin DN-F Sedan bakal hadir di tahun 2023 seiring dengan berbedanya kondisi pasar otomotif di Indonesia. Khusus sedan, harganya bisa lebih murah. Pasalnya kini tidak lagi dikenakan pajak barang mewah. Dengan begitu, konsumen jadi kembali tertarik memiliki sedan.

Baca juga  Penjualan Xenia Naik, Purplish Silver Jadi Warna Favorit

Kehadiran sedan Daihatsu kembaran Vios semakin masuk akal, lantaran Vios Gen-4 sendiri sesungguhnya menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Dengan kata lain, sedan Toyota itu adalah jelmaan dari DN-F Sedan. Jadi, kalau pabrik Daihatsu di Indonesia ingin memproduksi kembaran Vios, tentu tidak sulit. Bahkan semakin menarik, kalau ternyata Vios nantinya juga diproduksi di pabrik yang sama. 

Jika benar Daihatsu bakal meluncurkan sedan di Indonesia, tentu ini kabar yang sangat menggembirakan. Apalagi kemungkinan besar dari sisi harga jual, sedan Daihatsu bakal jadi sedan termurah di Tanah Air.

Sebagaimana kita ketahui, mobil Daihatsu selalu dijual lebih murah dari produk Toyota. Ambil contoh Xenia pasti lebih murah dari Avanza. Begitu juga Rocky dengan Raize, serta Terios dengan Rush.

Lalu kira-kira berapa harga sedan Daihatsu kembaran Vios tersebut? Paling mudah dengan melihat harga Vios yang kini dijual mulai Rp 314,9 juta (OTR Jakarta). Banderol tersebut saja, sudah paling murah dibanding kompetitor seperti Honda City, MG 5 GT,Kelebihan MG 5 GT, Sedan Rp 300 Jutaan yang Sering Dianggap Miliaran! dan Mazda 2 Sedan. Maka sedan Daihatsu bisa dijual di angka Rp 200 jutaan. Menarik bukan?

Baca juga  7 Daftar Mobil LCGC Terbaik untuk Sehari-hari

Demikian ulasan terkait sedan Daihatsu kembaran Vios. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika