oleh

Sejarah Kia Sportage, Evolusi SUV Negeri Ginseng

Sejarah Kia Sportage di dunia bermula pada tahun 1993. Mobil dengan segmen Sport Utility Vehicle ini dibangun di atas platform Mazda Bongo.

Untuk di Indonesia sendiri, Kia Sportage resmi mengaspal pada tahun 1998. Kala itu Kia Sportage diimpor secara utuh oleh Importir Umum (IU). Nah, pada artikel berikut ini kami akan mengerucut membahas Sejarah Kia Sportage di Indonesia.

Kia Sportage Generasi Pertama

sejarah kia sportage
Kia Sporage Gen 1

Seperti yang sudah diinformasikan di atas, sejarah Kia Sportage masuk di Indonesia dimulai tahun 1998 melalui importir umum. Sportage yang masuk ke tanah air melalui IU didominasi menggunakan transmisi manual 5-percepatan, meski terdapat pula pilihan transmisi otomatis 4-percepatan.

Kemudian pada tahun 2000, PT Kia Motor Indonesia (KMI) selaku Agen Pemegang Merek (APM) baru meluncurkan Kia Sportage generasi pertama. Kia Sportage yang didatangkan oleh KMI mengusung mesin yang sama dengan Sportage yang diimpor oleh IU, yaitu mesin 4-silinder 1.198 cc DOHC, tapi versi APM dikawinkan dengan transmisi otomatis 4-percepatan.

Kia Sportage generasi pertama versi APM mempunyai dua model. Long wheelbase dan short wheelbase. Menariknya, kedua model tersebut mengadopsi sistem penggerak all wheel drive (AWD).

Selain dimensi, ciri dari Sportage long wheelbase adalah dengan warna body two tone. Kemudian ada juga roof rack, panel AC model geser, sandaran bangku tengah bisa diseting rebah serta sudah disematkan fitur airbag.

Baca juga  Apakah Kia Seltos 7-Seater Siap Masuk Indonesia?

Sementara itu untuk ciri dari Sportage short wheelbase adalah warna body single tone, tidak ada roof rack, fitur airbag, panel AC masih berbentuk knop tombol serta senderan bangku tengah permanen.

Kia Sportage Generasi Kedua

sejarah kia sportage
Kia Sportage Gen 2

Sejarah Kia Sportage kembali berlanjut pada tahun 2004. Di mana Sportage lahir sebagai generasi kedua. Tampilan eksteriornya semakin modern, kesan kaku khas mobil offroad mulai pudar. Sportage generasi kedua ini terlihat lebih modern.

Jika Kia Sportage generasi pertama bekerjasama dengan Mazda, kali ini untuk Sportage Gen 2 bekerjasama dengan saudara senegaranya yaitu Hyundai. Yup, Sportage generasi kedua menggunakan platform yang sama dengan Hyundai Tucson.

Soal mesin, Sportage generasi kedua dihadirkan dengan dua pilihan mesin yaitu 2.0L dan 2.7L V6. Untuk mesin 2.0L diklaim mampu menyemburkan tenaga 141 PS pada 6.000 rom serta torsi puncak 184 Nm pada putaran mesin 4.500 rpm.

Sementara itu untuk mesin 2.7L V6 diklaim mampu mengeluarkan tenaga maksimal di 173 dk dengan torsi puncaknya di 241 Nm.

Sportage Gen 2 sudah dilengkapi dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS), SRS airbag, serta sistem pengereman cakram di semua rodanya. Dimana untuk bagian depannya sendiri menggunakan model ventilated dan solid disc di roda belakang.

Baca juga  Harga Kia Sonet Indonesia Terkuak, SUV Murah Mewah

Masuk ke dalam interiornya, tampilannya lebih fresh dan elegan dari generasi sebelumnya. Dimana hal tersebut bisa dilihat dari desain dashboard yang lebih eye catching.

Kia Sportage Generasi Ketiga

sejarah kia sportage
Kia Sportage Gen 3

Sejarah Kia Sportage masih berlanjut. Generasi ketiga dari Sportage lahir pada tahun 2010. Dimana tampilannya terlihat lebih elegan dan futuristik.

Pada generasi ini, Sportage sudah menjadi SUV urban dengan penggerak empat roda AWD. Varian mesinnya juga semakin beragam termasuk mesin bensin 1.6L, 2.0L, 2.4L, serta mesin turbodiesel 1.7L dan 2.0L.

Meski begitu, untuk di Indonesia Sportage Gen 3 hadir hanya dengan mesin bensin 2.0L Thetta II Dual CVVT yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis 6-percepatan. Hasilnya diklaim mempunyai tenaga maksimal 163 hp pada 6.300 rpm serta torsinya 194 Nm pada 4.600 rpm.

Selain tampilan baru serta pilihan mesin makin beragam. Fitur pendukung mobil ini juga semakin lengkap, termasuk fitur safetynya. Sebut saja sudah ada SRS Airbag, sensor parkir, spoiler kit, spion otomatis dan sensor kunci.

Kia Sportage generasi ketiga ini mempunyai dimensi panjang 4440 mm, lebar 1854 mm, tinggi 1636 mm serta ground clearance 173 mm.

Kia Sportage Generasi Keempat

sejarah kia sportage
Kia Sportage Gen 4

Kia Sportage generasi keempat resmi hadir pada tahun 2015 dengan tampilan yang lebih elegan dan futuristik. Mobil ini menawarkan dua pilihan mesin, yaitu bensin dan diesel.

Baca juga  Plus Minus Kia Seltos Diesel, Layak Beli?

Untuk mesin bensin menggunakan Mesin 2.0 liter MPI. Di atas kertas mempunyai daya sebesar 158 PS dan torsi 192 Nm. Sementara untuk mesin diesel menggunakan mesin DRCi 2.000 cc yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 134 hp dengan torsi maksimal 373 Nm.

Mobil ini dilengkapi dengan safety airbag di bagian pengemudi dan 3 point seatbelt sebagai fitur keselamata standar. Untuk memberikan kestabilan selama berkendara, mobil ini dilengkapi cruise control, sistem pengereman ABS dan juga EBD.

Lalu ada pula fitur Hill Start Assist dan juga Vehicle Stability Management. Kemudian untuk fitur hiburan Sportage generasi keempat sudah mengusung headunit touchscreen 2din dengan DAB Audio yang tersambung ke enam buah speaker di dalam mobil.

Kia Sportage Generasi Kelima

sejarah kia sportage
Kia Sportage Gen 5

Untuk Kia Sportage generasi kelima, mobil ini memang sudah meluncur di beberapa negara seperti Australia. Namun untuk di Indonesia sendiri, unitnya sudah di pajang di event Jakarta Auto Week 2022.

Meski demikian, pihak PT Kreta Indo Artha selaku agen pemegan merek KIA di Indonesia belum membuka keran pemesanan dari Sportage generasi kelima.

Moladiners, itulah ulasan mengenai sejarah Kia Sportage. Untuk informasi otomotif menarik lainnya, simak terus Moladin.com.

Terbaru