Sabtu, Juni 15, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Sejarah Mitsubishi Fuso Canter: Truk, Bus, hingga Elektrifikasi!

by Baghendra Lodra
sejarah mitsubishi fuso canter - 60 tahun

GIIAS 2023 menjadi momen tepat unutk membeberkan sejarah Mitsubishi Fuso Canter yang sudah berusah 60 tahun. Kendaraan niaga legendaris ini dimulai dari tahun 1963 untuk pasar global, serta telah terjual 4,5 juta unit di 70 negara.

Konsumen Indonesia sendiri sudah mulai menggunakan Canter sejak 1970. Bahkan pada 2017, Fuso Canter berhasil mencatat rekor penjualan terbesar dengan 1 juta unit. Istimewa bukan?

Sebagai bukti sekaligus nostalgia, Mitsubishi Fuso menghadirkan lini masa sejarah Canter dari mulai T720 hingga e-Canter New Gen selaku truk listrik. Ada pula truk klasik Canter T91A yang dipajang di GIIAS 2023, ini merupakan Canter generasi kedua yang diproduksi tahun 1968 hingga 1975.

“Di tahun ini, produk andalan kami, Canter merayakan hari jadinya yang ke-60. Senang rasanya bisa menyertakan Anda semua dalam perjalanan Canter. Ini adalah peristiwa penting bagi kita karena kita dapat mereflesikan masa lalu, merayakan masa kini dan melihat ke masa depan,” kata President Director PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Nobukazu Tanaka.

Baca juga  Truk Fuso Laku 6.000 Unit, Padahal Harganya Mahal!

Mitsubishi Fuso Canter Edisi 60 Tahun dan Canter Bus

sejarah mitsubishi fuso canter - canter bus

Varian Canter Bus hadir untuk memperkuat penjualan di Indonesia

Merayakan ulang tahun Canter ke-60, KTB memproduksi sebanyak 60-unit Canter special edition dengan 14 fitur tambahan yang semakin menambah kenyaman, keamanan, dan juga dengan penampilan berbeda. Bicara fitur tambahannya berupa alarm and central lock untuk memberikan rasa aman, e-Mirror berfungsi melihat dan merekam situasi di depan dan belakang truk, hingga driving monitoring system yang bisa memonitor aktivitas dan perilaku pengemudi.

Ada pula stiker 60 tahun Canter Anniversary. Tidak ketinggalan hadir warna hitam di bagian bumper, front grill, dan emblem Fuso yang membuat Canter terlihat lebih gagah.

Di GIIAS 2023, KTB juga meluncurkan Canter Bus. Ini merupakan unit Canter FE 84GBC yang diubah sehingga memiliki ruang kabin lebih luas hingga 19 penumpang dan 1 pengemudi.

Bagasinya juga sangat luas, dapat memuat barang-barang penumpang dengan aman dan nyaman, kursi pada baris akhir lebih fleksibel sehingga dapat digeser dan dilipat sesuai kebutuhan sehingga memberikan ekstra ruang pada bagasi. Hal ini menjadikan Canter Bus merupakan pilihan terbaik khususnya untuk bisnis angkutan penumpang dan pariwisata.

Baca juga  Hino Sambut Era Euro4, Siapkan Teknologi dan SDM

Salah satu konsumen yang sudah menggunakan Canter Bus adalah PT. Bagong Dekaka Makmur. Mereka memakainya sebagai moda angkutan umum di Jawa Timur yaitu Trans Jatim. Hal ini menegaskan bahwa Mitsubishi Fuso senantiasa melayani masyarakat dengan berkontribusi kuat terhadap moda transportasi di Indonesia.

Fuso eCanter Next Generation

sejarah mitsubishi fuso canter - ecanter truk listrik

Fuso eCanter merupakan truk listrik yang siap dijual di Indonesi tahun 2024

Sejarah Mitsubishi Fuso Canter juga kurang lengkap tanpa gambaran di masa depan. Oleh karenanya, KTB menunjukkan sosok Fuso eCanter Next Generation yaitu truk listrik serbaguna.

Next Generation eCanter, untuk pertama kalinya tampilkan di Indonesia lewat ajang GIIAS 2023. Padahal peluncurannya secara global sudah terjadi pada September tahun lalu.

Berbahan bakar 100% listrik, Next Gen eCanter memiliki jangkauan yang sempurna untuk pengiriman di perkotaan, distribusi lokal, dan operasi jarak pendek. Kelebihannya bisa mengadopsi model modular, mulai dari satu sampai tiga baterai bisa dipasang sekaligus tergantung wheelbase.

Oleh karenanya, Mitsubishi Fuso eCanter atau Canter versi listrik tersedia dalam tiga kapasitas baterai: 41 kWh (jarak tempuh 80 km), 83 kWh (140 km), 124 kWh (200 km). Pengecasan dapat dilakukan dengan kecepatan normal lewat steker AC maupun secara kilat (fast charging) melalui steker DC.

Baca juga  Mitsubishi Fuso eCanter Bakal Meluncur Juli 2024!

Mantap bukan? Rencananya Fuso eCanter bakal mulai dipasarkan di Indonesia pada tahun 2024. Itulah tadi sejarah Mitsubishi Fuso Canter yang sudah 60 tahun hadir secara global. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika