Sejarah Toyota Supra, dari Celica ke BMW!

by Tigor Sihombing
sejarah Toyota Supra

Kali Moladin akan membahas sejarah Toyota Supra. Ini adalah sedan sport Jepang yang banyak digandrungi, karena kemampuan mesin yang mudah dimodifikasi, serta desainnya sporty.

Toyota Supra adalah mobil sport legenda yang diproduksi oleh Toyota Motor Corporation. Mobil ini dihormati karena prestasi dan nilai historisnya di berbagai kejuaran balap dunia, terutama di arena drag dan turing.

Salah satu yang paling populer adalah Toyota Supra MK IV atau A80. Mobil ini terkenal dalam balap drag, karena mesinnya yang mudah dimodifikasi. Mesin 2JZ-GTE milik Supra generasi keempat tersebut, sanggup dimodifikasi hingga memperoleh tenaga 1000 hp lebih tanpa kendala.

Kemudian yang menarik dari perjalanan Toyota Supra, generasi terbarunya atau GR Supra A90 menggunakan platform dari mobil BMW Z4. Banyak yang menyayangkan keputusan pabrikan berlogo T, walau kenyataanya Supra MK V berubah jadi semakin istimewa. Bahkan dipakai dalam balap GT4 dan balap GT3.

Untuk lebih lengkapnya yuk simak sejarah Toyota Supra dari masa ke masa.

Berawal dari Celica Supra 1978 – 1981

sejarah Toyota Supra - Celica Supra

Toyota Celica Supra

Menurut laman resmi Toyota di Toyota.co.uk, Supra generasi pertama juga dikenal dengan sebutan Celica Supra, diproduksi dari tahun 1978 hingga 1981. Supra generasi pertama dibangun berdasarkan platform Toyota Celica, tetapi memiliki desain yang lebih besar dan lebih kokoh, serta mesin yang lebih bertenaga.

Dengan kode bodi MA47, Toyota Celica Supra juga punya nama lain Celica XX di Jepang. Dilengkapi mesin inline-6 2.6 liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 110 hp dan torsi 196 Nm. Mesin ini dilengkapi dengan sistem pengabutan bahan bakar yang disebut Electronic Fuel Injection (EFI), yang membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar dan kinerja mesin.

Baca juga  Harga Toyota Prius PHEV 2023, Siap Masuk Indonesia?

Supra generasi pertama juga dilengkapi dengan fitur-fitur modern pada masanya, seperti sunroof, power windows, power locks, dan air conditioning. Toyota juga menawarkan opsi penggunaan transmisi manual atau otomatis pada mobil sport ini.

Tampilan yang khas, dengan lampu bulat di depan dan buritan belakang yang meruncing. Desain ini memberikan Supra generasi pertama tampilan yang sporty dan modern pada masanya.

Toyota Supra Generasi kedua 1981 – 1986

sejarah Toyota Supra - Supra A60

Supra A60

Toyota Supra generasi kedua (A60) adalah model Supra yang diproduksi dari tahun 1981 hingga 1986. Supra dengan kode bodi MA61 ini masih masuk ke keluarga Celica. Salah satu ciri khasnya, penggunaan lampu depan pop up.

Supra A60 dilengkapi dengan dua pilihan mesin, yaitu mesin 2.0 liter inline-6 dan mesin 2.8 liter inline-6. Inilah generasi terakhir Supra yang masih pakai embel-embel Celica.

Toyota Supra Generasi Ketiga 1986 – 1992

sejarah Toyota Supra

Toyota Supra MK III

Toyota Supra generasi ketiga atau MK III diproduksi dari tahun 1986 hingga 1992. Supra dengan kode bodi A70 ini memiliki desain yang lebih aerodinamis dan modern, serta mesin yang lebih kuat dari pendahulunya.

Dilengkapi dengan mesin inline-6 3.0 liter yang dilengkapi dengan turbocharger. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 232 hp dan 254 lb-ft torsi pada model Turbo, sedangkan pada model non-turbo menghasilkan tenaga sebesar 200 hp dan 196 lb-ft.

Baca juga  Toyota Patenkan Nama Innova Hycross, Bermesin Hybrid?

Supra generasi ketiga juga dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur modern pada masanya, seperti sistem audio premium, sistem pencahayaan yang lebih baik, dan kontrol iklim otomatis.

Salah satu fitur menarik dari Supra generasi ketiga adalah penggunaan rem ABS (Anti-lock Braking System) yang sudah menjadi standar pada model Turbo. Selain itu, Supra generasi ketiga juga dilengkapi dengan suspensi aktif yang dapat disetel sesuai kebutuhan pengendara.

Supra generasi ketiga memiliki tampilan yang lebih aerodinamis dan modern dibandingkan dengan model sebelumnya, dengan desain yang khas di bagian depan dan belakang. Model ini juga dikenal dengan nama “Mark III” di Jepang.

Supra MK IV Paling Legendaris 1993 – 2002

sejarah Toyota Supra - mk iv

Supra MK IV

Toyota Supra generasi keempat diproduksi dari tahun 1993 hingga 2002. Supra dengan kode bodi A80 ini merupakan model yang paling terkenal dan sukses dalam sejarah Toyota Supra.

Supra MK IV dilengkapi dengan mesin inline-6 3.0 liter yang dilengkapi dengan turbocharger dan intercooler, yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 320 hp dan 315 lb-ft torsi pada model Turbo. Supra generasi keempat juga dilengkapi dengan transmisi manual 6-speed dan sistem kontrol traksi elektronik.

Supra generasi keempat juga dilengkapi dengan fitur-fitur modern pada masanya, seperti sistem audio premium, sistem navigasi GPS, dan kamera mundur. Selain itu, model ini juga dilengkapi dengan rem ABS dan suspensi yang dapat disetel sesuai kebutuhan pengendara.

Baca juga  Harga Toyota Hiace Terbaru Naik Banyak, Fiturnya Tambah!

Tampilan Supra generasi keempat sangat berbeda dari model sebelumnya, dengan desain yang lebih agresif dan modern. Dikenal pula dengan nama “Mark IV” di Jepang dan sering kali dianggap sebagai salah satu mobil sport Jepang terbaik yang pernah dibuat.

Toyota Supra generasi keempat diproduksi hingga tahun 2002 dan menjadi model terakhir dari Toyota Supra sebelum kemunculan kembali Supra generasi kelima pada tahun 2019.

Toyota GR Supra Pakai Basis Mobil BMW 2019 – Sekarang

sejarah Toyota Supra

Supra generasi kelima dikenal dengan nama “A90” dan sering kali dianggap sebagai mobil sport Jepang terbaik di tahun 2019.

Toyota GR Supra hadir sebagai generasi kelima. Diluncurkan pada tahun 2019, hasil kerja bareng BMW, dengan platform yang sama dengan BMW Z4. Di sinilah patahan sejarah Toyota Supra dimulai.

Supra dengan kode bodi J29 ini dilengkapi dengan mesin inline-6 3.0 liter yang dilengkapi dengan turbocharger, yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 335 hp dan 365 lb-ft torsi. Supra MK V juga dilengkapi dengan transmisi otomatis 8-speed dan sistem kontrol traksi elektronik.

Toyota pun memberinya fitur-fitur modern, seperti sistem audio premium, sistem navigasi GPS, dan kamera mundur. Selain itu, model ini juga dilengkapi dengan rem ABS dan suspensi yang dapat disetel sesuai kebutuhan pengendara.

Tampilan Supra generasi kelima terinspirasi dari desain Supra generasi keempat, dengan desain yang lebih modern dan aerodinamis. Supra generasi kelima dikenal dengan nama “A90”.

Demikian ulasan sejarah Toyota Supra. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika