by

Sejarah Toyota Yaris di Indonesia, Ada Bakpao, Lele, Joker

Sejarah Toyota Yaris menarik untuk diulas, sebab mobil dengan segmen hatchback ini mengalami beberapa kali transformasi dan kesemuanya mendapat respon positif oleh market di Indonesia.

Sejarah Toyota Yaris di Indonesia berangkat dari tahun 2006. Yaris yang masuk ke Indonesia adalah generasi kedua dari Yaris yang dipasarkan secara global. Sedangkan generasi awalnya hadir di tahun 1999 namun tidak dijual di Indonesia.

Mendapat respon positif, pada tahun 2014 Toyota Indonesia memutuskan untuk mulai merakit Yaris di Indoensia (CKD) dengan kandungan komponen lokal pada awalnya sebanyak 60 persen.

Pada saat pertama kali kemunculannya, Yaris bersaing ketat dengan Honda Jazz yang juga punya massa fanatik di Indonesia. Meski demikian, Yaris nyatanya mampu bersaing hingga sekarang dan bahkan lawan utamanya tersebut sudah resmi disuntik mati beberapa waktu lalu. Sedangkan Yaris malah merilis model sport yaitu GR Yaris yang jumlahnya terbatas di 2021.

Nah, untuk lebih mengetahui sejarah Toyota Yaris di Indonesia, mari kita simak ulasan berikut ini.

Toyota Yaris Bakpao Hadir Tahun 2006

Sejarah Toyota Yaris
Toyota Yaris 2006

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, Toyota Yaris pertama kali mengaspal di Indonesia mulai dari tahun 2006 hingga tahun 2009 dengan status CBU dari Thailand.

Toyota Yaris generasi pertama di Indonesia ini, mengusung tampilan bulat layaknya kue bakpao. Makanya Yaris gen 1 lebih mashur dikenal dengan Yaris bakpao.

Mobil ini mengusung mesin 1NZ-FE 1.500 cc VVT-I DOHC. Tenaga maksimumnya di atas kertas mencapai 107 hp pada 6.000 rpm. Sementara untuk torsi puncaknya mencapai 142 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm.

Soal dimensi, Yaris bakpao mempunyai panjang 3.750 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.530 mm. Sementara itu untuk wheelbasenya di angka 2.460 mm dan ground clearance mencapai 140 mm

Pada edisi perdananya ini Yaris menawarkan  empat varian, yaitu varian E manual, E otomatis, S otomatis dan S Limited dengan transmisi otomatis.

Soal fitur, Toyota Yaris generasi pertama sudah dilengkapi ABS, EBD, dual SRS Airbag, reclining seats, power door lock, electric folding mirrors.

Oh ya, untuk varian S Limited selain fitur di atas, ternyata juga sudah mengadopsi teknologi fitur engine start/stop button dan steering wheel audio. Hal tersebut menjadikan Yaris unggul dibandingkan kompetitornya seperti Honda Jazz, Suzuki Swift dan Hyundai Grand Avega.

Facelift Tahun 2009

Memasuki tahun 2009, yaris mengalami facelift dan menghadirkan tipe J sebagai varian entry level, dan TRD Sportivo sebagai varian tertinggi dengan tambahan body kit yang lebih sporty. 

Yaris Lele Meluncur Tahun 2014

Sejarah Toyota Yaris
Toyota Yaris 2014

Sejarah Toyota Yaris di Indonesia dilanjutkan dengan generasi kedua dan lebih dikenal dengan “Yaris lele”. Mobil ini resmi mengaspal mulai tahun 2014 hingga tahun 2018. Hadir dengan tiga varian, yaitu E, G serta TRD Sportivo sebagai varian tertingginya.

Tampilannya lebih sporty dibandingkan generasi sebelumnya. Hal tersebut bisa terlihat dari bagian lampu depan terlihat tajam yang dipadukan dengan desain grill yang simpel dengan logo Toyota dibagian tengahnya serta desain bumper dengan lekukan agresif. Sekilas desain bagian depannya mirip kepala ikan lele. Karenanya Yaris generasi kedua ini mendapat julukan “Yaris lele.”

Jantung pacunya mengusung mesin yang sama dengan Yaris generasi pertama. Kemudian pada tahun 2016 Yaris mendapat ubahan pada bagian mesin dengan menggunakan 2NR-FE DOHC dual VVTi namun dengan kapasitas mesin yang sama.

Toyota Yaris generasi kedua atau Yaris lele mempunyai dimensi lebih lebar dan panjang dari generasi sebelumnya. Dimana Yaris lele mempunyai panjang 4.115 mm, lebar 1.700 mm, serta tinggi 1.475 mm.

Soal fitur, Yaris generasi kedua sudah dilengkapi dengan dual SRS Airbag, ABS, EBD, Brake Assist, alarm system, power retractable mirror, tilt steering, engine start/stop button, serta steering whell audio control switch. Untuk fitur hiburan sudah disediakan head unit layar touch screen dengan ukuran 7 inch serta 6 speaker.

Hadir Yaris Heykers dan Yaris CVT Pada 2018

sejarah toyota yaris
Yaris Heykers

Oh ya, pada tahun 2018, Toyota Indonesia resmi merilis Toyota Yaris Heykers yang mengusung tampilan layaknya mobil Crossover.

Sekilas tampilan Yaris Heykers mirip dengan Yaris lele, namun jika diperhatikan ada beberapa perbedaan, seperti disematkannya roof rail dan over vender berwarna hitam untuk memperkental aura tampilan crossover.

Selain Heykers, tipe Yaris standar juga tersedia dalam transmisi CVT. Sistem ini menggantikan transmis otomatis konvensional.

Yaris Joker Meluncur 2020

sejarah toyota yaris
Yaris Joker

Perjalanan Yaris masih berlanjut dengan melakukan ubahan minor alias facelift pada tahun 2020. Ubahan tersebut mencakup bagian desain bumper dan grill serta lampu depan dan foglamp yang sudah menggunakan jenis LED.

Mendapat julukan ‘Yaris Joker’ karena desain grill yang menyatu dengan bumper yang terlihat seperti mulut Joker, tokoh antagonis di film Batman.

Toyota Yaris GR Sport Meluncur 2021

Sejarah Toyota Yaris
Toyota Yaris GR Sport

Sejarah Toyota Yaris kembali terukir di tahun 2021 dengan hadirnya Toyota Yaris GR Sport. Yup, Yaris GR Sport hadir untuk menggantikan varian TRD Sportivo.

Yaris GR Sport tampilannya tidak berbeda jauh dengan varian TRD Sportivo. Hanya saja logo TRD Sportivo diganti logo GR Sport.

Yaris GR Sport mengadopsi fitur keselamatan yang lengkap. Sebut saja anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), dan brake assist (BA), vehicle stability control (VSC) dan hill start assist (HSA).

Toyota Jual GR Yaris Secara Terbatas

Sejarah Toyota Yaris
Toyota GR Yaris

Sejarah Toyota Yaris masih berlanjut di tahun 2021 dengan hadirnya Toyota GR Yaris yang jumlahnya terbatas alias limited edition.

GR Yaris dirancang sebagai mobil reli yang spesifikasinya sesuai aturan World Rally Championship (WRC). Salah satu syarat homologasi yakni mobil WRC wajib menggunakan basis bodi yang sama seperti mobil produksi massal yang setidaknya diproduksi 25 ribu unit setahun.

Ini yang mendasari Toyota mengembangkan GR Yaris produksi massal untuk dijual ke konsumen dengan kuota terbatas. Di Indonesia, GR Yaris hanya dijual sebanyak 125 unit saja dan sekarang sudah ludes terjual alias sold out.

Moladiners, itulah ulasan mengenai sejarah Toyota Yaris di Indonesia. Untuk informasi otomotif menarik lainnya, simak terus Moladin.com.

Terbaru