Setelah Dicuci Motor Kok Jadi Mogok? Nih Lhooo Penyebabnya

Moladin – Sebagi pengendara motor yang baik, motor hendaknya rutin untuk di cuci, kenapa demikian? Sebab motor seringkali menghadapi hujan dan genangan air. Motor yang bersih tentu akan membuat pengendaranya makin pede dijalan, Sob!!

Tapi Moladiners juga perlu memperhatikan hal ini, karena mencuci sepeda motor tidak boleh asal-asalan, setelah motor bersih justru tidak bisa dihidupkan alias motor mogok.

Memang sih, terbilang gak berbahaya buat kesehatan motor, tapi nantinya terjadi hambatan yang bisa mengganggu, terutama saat sedang terburu-buru. Tiga komponen ini wajib kalian cek setelah cuci motor bila susah dinyalakan.

 

Vespa LX 125

*Angsuran mulai dari

 

Karburator Bisa Saja Kemasukan Air

Komponen yang pertama adalah karburator, terlihat sepele memang. Tapi karburator yang kemasukan air dengan tidak sengaja membuat ruang bakar jadi terhambat, karena lokasi pembakaran bahan bakar bercampur dengan udara dan air.

KarburatorKarburator bisa saja kemasukan air | Foto: Moladin

Solusinya bagaimana kalau sudah begini? Gampang kok, Moladiners cukup membuka mangkuk karburator dengan lebih dulu menutup kran bensin.

 

Perangkat Sistem Pengapian Lembab

Selanjutnya bisa saja bagian elektroda dari busi mengalami kelembaban karena terkena air ketika motor sedang di cuci. Pastikan kalau komponen ini selalu dalam kondisi kering, tak lupa juga untuk cek kondisi kelistrikan.

Sistem pengapianSistem pengapian lembab | Foto: Moladin

Caranya dengan memasang busi pada kop busi, tempelkan ulir busi pada blok silinder atau kepala silinder. Lalu, nyalakan motor dengan kick starter. Kalau ada percikan api yang keluar, maka kelistrikan tidak bermasalah.

 

Kop Busi

Penyebab motor yang mogok setelah di cuci adalah kop busi, biasanya air masuk ke dalam bagian ini. Kop busi jadi elemen sentral kelistrikan, sebab menghubungkan kabel busi dengan busi. Untuk membersihkannya, Moladiners cukup mencopot kop busi dan membersihkannya dengan lap kering.

kop busiCek kop busi jika motor mogok setelah di cuci | Foto: Moladin

 

Suzuki Address Playful

*DP mulai dari

 

Nah, itu tadi hal-hal yang perlu Moladiners cek dan perhatikan ya setelah mencuci motor, sebab komponen tadi merupakan sentral kelistrikan, jadi wajar saja jika terkena atau kemasukan air, motor jadi mogok. Semoga bermanfaat. Ingat Motor! Ingat Moladin

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *