Skutik Rp 20 Jutaan, Pilih Yamaha Lexi atau Freego?

Skutik Rp 20 Jutaan – Yamaha memiliki dua skutik berkapasitas mesin 125cc di harga Rp 20 jutaan. Kedua skutik ini punya model bodi yang bongsor, yang bisa menjadi pilihan teman berkendara Moladiners. Dua skutik Rp 20 jutaan, yaitu: Yamaha Lexi dan Freego.

Skutik masih menjadi pilihan bagi banyak orang untuk digunakan berpindah dari satu tempat ke tempat lain, alasannya karena mudah dioperasikan, disamping itu biaya perawatannya tidak terlalu mahal, dan terakhir skutik sangatlah nyaman menghadapi kondisi jalanan perkotaan yang macet.

Berikut ini kita akan bahas komparasi dari skutik Rp 20 jutaan lansiran dari Yamaha, yaitu; Yamaha Lexi dan Freego. Sama-sama menggendong mesin 125cc, kedua matic ini hadirkan performa juga fitur yang berbeda pastinya. Mau tahu seperti apa? Yuk simak!

 

Desain

Lexi punya desain mewah, Freego lebih futuristik

Berbicara desainnya dulu nih Moladiners. Yamaha Lexi jelas punya desain yang mewah, berkat adanya emblem berwarna gold di kedua sisi bodinya. Posisi bodi salah satu keluarga MAXI Yamaha ini dibuat memanjang dengan bentukan yang sedikit agak lebar, sementara bagian headlamp dibuat menyatu dengan sein.

Lain halnya dengan Yamaha Freego yang punya bentuk bodi yang gemuk dan terlihat lebih ringkat, berkat ukuran pelek 12 inci untuk bagian depan dan belakangnya. Sementara untuk bagian headlampnya terlihat futuristik, berkat posisi lampu sein yang menyatu dengan bagian bodi samping.

 

Fitur

Panel instrumen digital

Ngomongin soal fitur untuk kedua skutik Rp 20 jutaan ini. Yamaha Lexi jelas lebih kaya akan fitur bila dibandingkan Yamaha Freego. Lexi menggunakan sistem pencahayaan LED, sudah disematkan lampu hazard lengkap dengan speedometer full digital. Sayangnya, meski berbodi agak bongsor kapasitas bagasinya kecil, hanya 12,8 liter.

Dilengkapi dengan Stop & Smart System (SSS) yang berfungsi untuk mengurangi konsumsi BBM yang tidak perlu saat motor sedang berhenti. Uniknya, motor ini menggunakan Smart Motor Generator (SMG) yang bikin suara motor lebih halus. Untuk tipe termahalnya juga sudah dilengkapi sistem pengereman ABS (Anti-Lock Braking System).

Lexi memiliki ruang pijakan yang luas dan nyaman, ditambah dengan seat yang berukuran lebih panjang dengan desain yang elegan mendukung kenyamanan berkendara baik invidu maupun berboncengan.

Yamaha Freego juga memiliki fitur yang tidak kalah dengan Lexi. Motor ini dilengkapi bagasi seluas 25 liter yang sanggup untuk menampung helm full face dan perlengkapan berkendara lain, seperti sarung tangan dan jas hujan. Sistem pencahayaan lampu depan juga  sudah menggunakan LED.

Skutik gemuk yang satu ini dilengkapi dengan sistem Keyles dan Electric Power Socket untuk mengisi baterai gadget.  Selanjutnya, terdapat fitur Immobilizer dan juga Answer Back System, dan terakhir sistem pengeremannya sudah menggunakan teknologi ABS (Anti-Lock Braking System).

Baca juga;

 

Mesin

Sama menggendong mesin 125cc

Meski sama-sama menggendong mesin 125cc, soal performa Yamaha Lexi lebih powerful dari Yamaha Freego. Yamaha Lexi mampu hasilkan daya maksimal 11.73 Hp/8.000 rpm sementara torsi puncaknya 11.3Nm/7.000 rpm.

Sementara Yamaha Freego menggunakan mesin 125cc, Air cooled 4-stroke, SOHC. hasilkan daya maksimal 9.38Hp/8.000 rpm sementara untuk torsinya lebih rendah di angka 9.5Nm/5.500 rpm. Nah, ini yang jadi pembeda kenapa power dan torsi Yamaha Lexi lebih powerful, berkat adanya Diasil Cylinder yang membuatnya cepat melepas panas ditambah dengan teknologi VVA menjaga tenaga dan torsi maksimum di setiap putaran mesin.

 

Harga dan Kesimpulan

Setelah kita bahas mengenai spesifikasinya, skutik Rp 20 jutaan ini memiliki perbedaan yang tidak terlalu jauh dari Freego. Yamaha Lexi punya posisi tempat duduk yang lebih tinggi dibandingkan dengan Freego, yaitu jaraknya 785mm sehingga buat orang yeng memiliki tinggi 160cm posisinya akan sedikit jinjit.

Soal harganya, Lexi lebih mahal karena memberikan fitur dan performa lebih dibanding Freego. Skutik yang satu ini dibanderol Rp 20 jutaan untuk tipe standarnya. Sementara untuk tipe termahalnya dibanderol Rp 26 jutaan.

Sementara Freego yang punya desain bodi gemuk, mempunyai kapasitas bagasi sampai dengan 25 liter, motor ini pas buat kalian yang suka bawa banyak barang. Ukuran pelek 12 inci dengan ban tapak lebar, tampaknya nyaman melahap kondisi jalan yang bergelombang, banyak lubang dan tidak rata. Harganya sendiri dibanderol Rp 18 jutaan untuk tipe standarnya, sementara tipe termahalnya dibanderol Rp 22 jutaan.

Nah, kalao Moladiners sendiri pilih yang mana? Pastinya kedu skutik Rp 20 jutaan ini layak dipilih untuk jadi teman berkendara kalian, tinggal sesuaikan dengan butuhan Moladiners semua ya. Pastikan harganya pas juga di kantong.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *