Smart SIM, Bisa Buat Belanja dan Bayar Tol!

Moladin – Belum lama ini Polri resmi memperkenalkan SIM baru nih, yang gak biasa dan bisa buat belanja juga. Smart SIM namanya, kabarnya SIM ini akan menggantikan SIM yang lama dan sudah diperkenalkan di Bekasi, Jawa Barat pada Kamis (22/8) lalu.

SIM model baru juga nantinya bakal berfungsi sebagai e-money, yang akan mempermudah pembayaran berbagai transaksi non-tunai. Desain Smart SIM lebih simpel dari SIM lawas, pada bagian depan atasnya terdapat kombinasi merah-putih yang terlihat seperti bendera Indonesia.

Pada bagian depannya juga terdapat data diri pemegang SIM yang ditulis lebih sederhana tapi tetap informatif. Polri lebih lanjut menjelaskan bahwa jenis huruf dan angkanya tidak bisa ditiru. Satu hal yang menarik nih dari Smart SIM, terdapat dua buah foto pemegang SIM, berwarna dan berukuran besar di sebelah kiri dan yang kecil di pojok kanan bawah.

SIM terbaru juga canggih karena terkoneksi dengan Dinas Kependudukan juga Pencatatan Sipil, jadi data kependudukan dengan pemegang SIM bisa disinkronkan. Nantinya, berguna buat kepolisian untuk identifikasi juga forensik nih Moladiners.

Hebatnya lagi nih,  akan memberikan informasi terkait pelanggaran ringan atau berat dan juga pernah mengalami kecelakaan lalu lintas atau tidak. Kepolisian nantinya bisa mengevaluasi riwayat pemegang SIM sekaligus kasih penghargaan buat semua pemilik SIM yang taat terhadap peraturan lalu lintas.

Rencananya bakal diluncurkan secara resmi ke Masyarakat pada 22 September, bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-64 Hari Lalu Lintas Nasional di Senayan, Jakarta. Nantinya setelah resmi diluncurkan pembuatan atau perpanjangan SIM memakai model Smart SIM.

“Otomatis demikian, masyarakat yang akan perpanjangan atau baru akan membuat SIM, langsung menggunakan model Smart SIM ini, tidak dengan model yang lawas,” ungkap Kasubdit SIM Ditregident Korlantas Polri Kombes Pol Hery Sutrisman dikutip dari laman kompas.com.

 

Bisa di Top Up Sampai Rp 2 Juta

Memiliki banyak fungsi dan bisa di top up sampai dengan Rp 2 juta

Sebagai alat yang bisa digunakan untuk belanja, Smart SIM bisa di isi saldo maksimal hingga Rp 2 juta, dan sistem ini sudah disetujui oleh Bank Indonesia. Sistem ini dikabarkan sudah mengajak tiga bank Nasional, yaitu BNI, BRI, dan Mandiri.

Bukan hanya untuk belanja, Smart SIM juga bisa digunakan untuk melakukan pembayaran denda, jalan tol juga tiket kereta api. Nantinya, fitur ini boleh diaktifkan atau tidak, dikembalikan lagi terhadap kebutuhan Masyarakat.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *