Solusi Rantai Motor Kendor dan Apa Sebabnya?

Pemakaian motor untuk kegiatan sehari-hari memang nggak bisa dipungkiri membuat performa motor kian menurun jika tidak rutin merawatnya. Penurunan komponen-komponen motor yang tidak seoptimal pada saat pertama kali beli mengakibatkan motor jadi nggak nyaman. Setuju nggak? Maka dari itu, bro bikers perlu melakukan servis motor secara berkala pada motor bro!

Lalu, apa penyebab rantai motor kendor? Pertanyaan ini datang di FORUM MOLADIN yang berasal dari bro bikers bernama Tesar Deni Renaldi, seorang pengurus di Yamaha R15 Cibuci. Bro Tesar bertanya:

“Kenapa rantai motor sering kendor?”

Yamaha YZF-R15

*DP mulai dari

Untuk menjawab pertanyaan dari bro Tesar, Jinny kasih penjelasannya lebih lanjut tentang masalah rantai motor dan solusi untuk mengatasinya. Gassss….!

Penyebab Rantai Motor Kendor

solusi rantai motor kendor

Rantai motor yang kendor bisa jadi disebabkan oleh beberapa faktor. Maka itu bro bikers perlu tahu beberapa penyebabnya agar bisa menghindari seminimal mungkin sumber penyebab rantai kendor.

  • Kapasitas yang berlebihan

Kelebihan muatan pada motor bisa jadi penyebab utama masalah rantai motor cepat kendor. Motor yang kelebihan muatan membuat rantai terpaksa menarik lebih kuat dan membuat antara rantai dan jarak arm jadi semakin panjang. Beban motor yang melebihi takaran yang seharusnya membuat beban kerja rantai jadi bertambah.

  • Medan Jalan yang Tidak Mulus

Medan jalan yang bergelombang alias nggak mulus juga bisa jadi membuat rantai motor sering kendor. Medan berat yang harus dilalui membuat lengan ayun sering bergerak dan membuat rantai motor sering tersentak-sentak. Jika terus tersentak-sentak, rantai pun akan cepat mengalami kendor.

  • Perubahan Suhu dan Kotoran yang Nempel di Rantai

Semprotan dari genangan air hujan bercampur lumpur yang menggenang di jalan raya pada rantai membuat kotoran pada rantai kian menumpuk, hal ini menyebabkan grease di rantai berkurang bahkan hilang. Grease berfungsi untuk menjaga suhu rantai tetap dingin dan sebagai pelumas. Jika grease tidak ada, rantai jadi cepat panas dan mengendur saat dingin.

  • Sering Menarik Gas dengan Kasar

Ini nih, yang juga sering menjadi penyebab rantai motor sering cepat kendor. Kebiasaan menarik tuas gas motor secara mendadak bikin rantai cepat kendor. Selain itu, jika sering melakukan kebiasaan berkendara stop and go, alias maju dan berhenti secara mendadak menyebabkan hentakan demi hentakan pada rantai terus terjadi alhasil rantai motor yang berfungsi menarik roda bekerja ekstra sangat keras.

  • Rantai yang Terlalu Kencang

Pemasangan rantai yang terlalu kencang juga jadi penyebab rantai malah jadi cepat kendor. Mungkin tujuan bro bikers memasang rantai kencang-kencang adalah agar tidak cepat longgar, tapi tindakan ini justru salah bro!

Solusi Rantai Motor Kendor yang Mudah Dilakukan Bro di Rumah

solusi rantai motor kendor

Lalu apa solusi untuk mengatasi rantai motor yang kendor? Ada beberapa cara nih bro1 Jinny dengan baik hati merangkumkannya untuk bro bikers yang udah setia baca tulisan Jinny 😀

Yamaha YZF-R25

*DP mulai dari

  • Mengganti Gearset

Solusi rantai motor kendor pertama dan menurut Jinny paling ampuh yaitu dengan mengganti gear set hapalagi jika jalan yang sering dilalui berkelok-kelok seperti di area pegunungan. Ukuran gearset umumnya 14-39 (14 mata gear bagian depan + 38 mata gear bagian belakang) dengan ketebalan rantai 428H. Jika menggunakan settingan ini, kegiatan turing di daerah dengan belokan tajam jadi lebih josssss….!

  • Rutin Membersihkan Kotoran Menumpuk Pada Rantai

Tindakan yang mudah tapi nggak kalah penting untuk mencegah rantai motor yang sering kendor adalah rajin membersihkan kotoran dan lumpur/tanah yang menumpuk di rantai bro! Agar kinerjanya tidak tersendat-sendat dan motor pun bisa berjalan dengan lancar. Gasss…!

  • Pasang Tension Chain

Memasang tensioner rantai bisa jadi solusi rantai motor kendor yang paling simpel untuk dilakukan bro bikers.Cukup pergi ke bengkel biasa atau modifikasi dan bilang minta dipasang tensioner rantai. Tensioner rantai ini berfungsi untuk menjaga kekencangan rantai sentrik bro agar nggak gampang (kendor-kencang) saat lagi digunakan.

  • Jangan Terlalu Kencang Saat Memasang Rantai

Rantai jadi cepat kendor atau bahkan sampai putus dikarenakan pemasangan rantai yang terlalu kencang. Kenapa? Ini disebabkan tingkat ketegangan atau kekencangan rantai yang tinggi, terjadinya gesekan dengan gigi gir juga semakin besar. Maka dari itu, pasanglah rantai dengan kekencangan yang pas.

  • Rajin Melumasi Rantai Agar Tidak Cepat Aus

Solusi rantai motor kendor lainnya bisa dengan cara rutin melumasi bagian rantai dengan pelumas. Cara ini berfungsi agar ratai motor bro bikers di rumah tidak cepat aus.

Banyak bro bikers di Moladin yang menjawab pertanyaan dari bro Tesar ini dan memberikan solusi untuk mengatasi rantai yang kendor, ini nih 4 orang diantaranya!

“Solusi rantai motor kendor, ganti pake rante forklite sama ukuran 520 VH rantai spoketnya dan mata sprokernya jangan yang gede. Biar nggak mengehntak rasionya 2.8,”- Hadi Agus Salam

“Dari cara dia bawa motor dan perawatan rante sering hentak2 bawa motornya kalo rante jarang dikasih pelumas bikin aus rante jadinya,” -Agung Wahyudi

“Karena jarang diminyakin atau juga karena baut di roda sedikit kendor. Banyak faktor om. Intinya sering2 dicek rantenya om,” -Peank Jayabaya

“Itu karena sering gas menyentak bro terus kena matahari kan besi jadi memuai jadi lebih panjang,” -Gunawan Tampubolon

Gimana, jadi dapat pencerahan kan untuk mengatasi masalah rantai motor bro di rumah setelah membaca ulasan Jinny tentang solusi rantai motor kendor?

Yamaha Xmax 250

*DP mulai dari

Mungkin bro bikers di rumah punya pertanyaan seputar masalah motor atau lagi cari perbandingan harga suku cadang/aksesoris motor? Yuk gabung bersama Moladin sekarang!

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *