Senin, Maret 4, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Spesifikasi BYD Seal, Lebih Garang dari Ioniq 6!

by Tigor Sihombing
BYD siap penuhi pasar mobil listrik di Indonesia

BYD Indonesia masih memiliki jagoan lain yakni BYS Seal yang dipersiapkan turun di segmen Big Sedan Listrik dan juga akan menjadi peluru jualan mereka di tahun 2024 ini. Penantang terdekatnya sudah menunggu yakni ksatria asal Korea Hyundai Ioniq 6. 

BYD Seal menandai kehadirannya di pasar Indonesia dengan berbagai bekal kompetitif. Paling menarik tentu soal estimasi harga yang dibanderol di bawah Rp 1 miliar, menjadikannya opsi menarik untuk pasar Indonesia.

Dengan perkiraan harga sekitar Rp 700 jutaan, BYD Seal memiliki daya saing yang tinggi, terutama jika dibandingkan dengan Hyundai Ioniq 6 yang dijual sekitar Rp 1,22 miliar di Indonesia.

Spesifikasi BYD Seal mencakup sejumlah fitur unggulan, menempatkannya di posisi yang menarik dalam dunia kendaraan listrik. Dengan tiga varian yang tersedia, BYD Seal memenuhi kebutuhan beragam konsumen.

Daya jalajah lebih jauh dari Ioniq 6

BYD Seal terbagi 3 varian yakni Standar, Premium dan Performance

BYD Seal terbagi 3 varian yakni Standar, Premium dan Performance

Adapun ketiga varian BYD Seal ialah varian Dynamic, Premium dan varian Performance.

BYD Seal Dynamic menawarkan jarak tempuh sekitar 510 km, sementara varian Premium memiliki jangkauan hingga 650 km. Varian Performance, yang menampilkan sistem all-wheel-drive, memberikan jarak tempuh sekitar 580 km.

Baca juga  First Drive BYD Seal di Sirkuit Sentul, Ioniq 6 Mesti Waspada!

Keunggulan performa ditemukan dalam tenaga maksimal yang mencapai 150 kW untuk varian Dynamic, 230 kW untuk varian Premium, dan impresif 390 kW untuk varian Performance.

Dengan akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam diklaim hanya dicapai dalam waktu 3,8 detik pada varian Performance.

Sama dengan produk lainnya, teknologi baterai BYD Seal juga menggunakan Blade Battery. Kapasitas baterai varian Standard mencapai 61,44 kWh, sementara varian Premium dan Performance menggunakan baterai berkapasitas 82,56 kWh.

harga hyundai ioniq 6 2023 - tampak belakang

Ioniq 6 tampak belakang

Bicara kompetitornya, Ioniq 6 memiliki performa yang disokong kapasitas baterai 77,4 kWh yang dikawinkan dengan 2 motor listrik atau penggerak all wheel drive (AWD).

Alhasil menghasilkan daya sebesar 239 kW dan torsi sebesar 605 Nm. Soal akselerasi 0–100 km/jam, hanya dalam waktu 5,1 detik.

Soal jarak tempuhnya, berdasarkan hasil uji coba dari Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLPT), Ioniq 6 bisa melaju hingga 519 km dalam kondisi baterai penuh.

Dari angka ini kita lihat, dari tenaga, torsi, kecepatan maksimal, dan daya jelajah Hyundai Ioniq 6 masih kalah dengan BYD Seal. Padahal dari rumor yang beredar, BYD Seal akan dipasarkan jauh di bawah Rp 1 M.

Baca juga  20 Mobil Listrik Terlaris di Indonesia Tahun 2023, Neta V Keok di Tangan BingouEV

Desain

BYD Seal

Lampu mengusung teknologi BYD Tech.

Desain BYD Seal memiliki daya tarik visual yang kuat, mengadopsi konsep desain X yang dinamis dengan garis pinggang yang memukau.

Lampu depan dan belakangnya menciptakan kesan keseimbangan dan ketajaman, sementara interior BYD Seal didesain luas dengan sentuhan kemewahan dan elemen sporty.

Konsol tengah dilengkapi dengan layar sentuh multimedia 15,6 inci yang dapat diputar secara vertikal atau horizontal, menambahkan tingkat kenyamanan dan kemudahan penggunaan. Fitur-fitur canggih seperti BYD intelligence cockpit system dan Windshield Head-Up Display (W-HUD) meningkatkan pengalaman berkendara.

Fitur dan Baterai

BYD Seal

Interior modern khas sedan BYD Seal.

Spesifikasi BYD Seal berikutnya yang mendukung faktor keselamatan. Ketika berbicara tentang keselamatan, BYD Seal menghadirkan solusi komprehensif.

Dilengkapi dengan sistem keamanan baterai dari Blade Battery, airbag, ADAS, dan kamera 360, BYD Seal berhasil meraih peringkat bintang 5 dari Program Penilaian Mobil Baru Eropa (Euro NCAP). Tingkat keselamatan yang tinggi menjadi nilai tambah yang signifikan.

Keunggulan BYD Seal tidak hanya terbatas pada performa dan desain, tetapi juga mencakup aspek pengisian dan teknologi. Sistem pengisian dengan kabel charger portabel, charger AC Type 2 7 kW, dan port charger DC tipe CCS 2 memberikan fleksibilitas bagi pengguna dalam mengisi daya kendaraan.

Baca juga  Harga Mobil Listrik BYD Dolphin Rp300 Jutaan, Kapan Masuk Indonesia?

Kemampuan pengisian cepat hingga 150 kW pada varian Premium dan Performance menjadikan proses pengisian lebih efisien dan cepat.

Spesifikasi BYD SealBYD Seal juga membawa fitur inovatif Vehicle-to-Load (V2L), yang memungkinkan mobil berfungsi sebagai sumber daya eksternal dengan daya hingga 3.600 watt.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengisi daya perangkat listrik apa pun, dari sepeda listrik hingga peralatan berkemah, menggunakan mobil sebagai sumber daya. Fitur ini melengkapi fitur-fitur modern BYD Seal, menunjukkan komitmen BYD terhadap inovasi teknologi..

Sebagai kesimpulan, BYD Seal muncul sebagai pilihan menarik dalam pasar sedan listrik segmen D. Dengan kombinasi harga yang kompetitif, performa unggul, teknologi canggih, dan desain yang mengagumkan, BYD Seal menjanjikan pengalaman berkendara yang memuaskan bagi konsumen yang mencari mobil listrik yang berkualitas tinggi dan ekonomis.

Dalam persaingan dengan Hyundai Ioniq 6, BYD Seal membuktikan dirinya sebagai pesaing yang tangguh, memperkaya opsi bagi konsumen yang semakin tertarik pada mobilitas ramah lingkungan. Seberapa hebat BYD Seal, waktu akan membuktikannya.

Demikian uklasan terkait spesifikasi BYD Seal. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika